Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR GITAR SEPERTI NATHAN FINGERSTYLE

source: youtube.com

Kali ini penulis memberikan artikel terbaru yang pastinya fresh buat sobat semua pembaca setia ZAB. Apakah topik menarik yang akan kita bahas kali ini? Tentunya tak melenceng jauh-jauh dari instrumen gitar.

Topik kita kali sangatlah menarik karena penulis akan membahas mengenai gitaris fingerstyle top Indonesia, yakni Nathan fingerstyle. Siapa sih yang belum mengenal gitaris yang satu ini? Namanya sudah begitu akrab di telinga.

Kemmpuan dan kapabilitasnya dalam bermain gitar memang sudah tak dapat diragukan lagi. Berbagai skill permainan gitar tingkat tinggi mampu ia pertontonkan dengan sangat apik.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa bermain gitar seperti Nathan fingerstyle? Untuk itu, kita akan membahasnya secara cermat. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara belajar gitar seperti Nathan, kita mesti tahu terlebih dahulu bagaimana caranya dia bermain gitar? Dan apa saja teknik-teknik yang sering diterapkannya.

Menarik memang. Yang pasti, teknik yang paling utama ialah teknik memainkan sebuah aransemen fingerstyle tentu mutlak haruslah kita kuasai bila kita ingin bisa bermain gitar seperti Nathan. Akan lebih bagus lagi kalau sobat juga sudah bisa membuat aransemen fingerstyle sendiri, walau masih sederhana sekalipun.

Untuk itu, kita akan menganalisisnya lebih lanjut ke dalam sebuah pokok bahasan cara belajar solo akustik fingerstyle.

Sobat bisa membacnya di link tersebut. Selain itu, artikel sebelumnya yang berjudul urutan langkah-langkah membuat aransemen solo akustik gitar (fingerstyle) juga harus sobat baca dan pahami dulu bila ingin belajar lebih lanjut bagaimana cara bermain gitar seperti nathan fingerstyle.

Analisanya sangat sederhana, permainan fingerstyle adalah penggabungan dari akor/chord, melodi, bass, dan berbagai macam teknik aransemen lain yang dapat dijadikan sebagai bumbu pemanis aransemen. Oke, mari kita tinggalkan sejenak soal cara membuat aransemen fingerstylenya.

Salah satu bumbu pemanis aransemen yang sering ditambahkan oleh Nathan yakni teknik perkusi. Bumbu-bumbu perkusi ini meamang sangat menarik bila kita perhatikan, namun untuk memainkannya juga tak semudah seperti kelihatannya.

Butuh ketelitian yang benar-benar baik dalam membuat aransemen dengan bumbu-bumbu perkusi. Karena walau bagaimanapun, menempatkan efek perkusi tersebut harus betul-betul memperhatikan tempo dari lagu yang ingin kita aransemen.

Nah, pokok bahasan kita kali ini ialah bagaimana caranya agar kita bisa memnambahkan efek perkusi yang baik dan benar dengan cara yang mirip atau bahkan sama persis dengan Nathan fingerstyle, yakni dengan cara menabuh/memukul bodi gitar untuk mendapatkan efek perkusi yang bagus sehingga membuat aransemen yang kita mainkan menjadi lebih berwarna.

Cara Memainkan Teknik Perkusi pada Gitar

Sebetulnya apa sih perkusi itu? Menurut penulis sendiri, perkusi dalam dunia pergitaran khususnya fingerstyle adalah suatu teknik untuk mendapatkan efek bunyi drum atau kendang pada gitar dengan lebih real serta dengan memanfaatkan ketepatan ayunan tangan kita, baik telapak tangan maupun jari-jari kita untuk dapat memukul atau menabuh bodi maupun senar gitar.

Tak ada aturan pasti dalam memainkan teknik ini, sama seperti bermain kendang pada gamelan jawa ataupun musik-musik dangdut. Intinya, ini adalah permainan ritmis yang murni mengandalkan ketepatan serta ketelitian kita pribadi untuk dapat meracik maupun mengomposisikan nada dengan harmoni yang indah. 

Baca: 5 Macam Variasi Teknik Harmonik pada Gitar

Sebenarnya ada beragam variasi teknik perkusi pada gitar, baik dengan menambahkan efek tersebut pada senar maupun bodi gitar. Berikut ini variasinya:

1. Variasi pertama adalah memetik senar dengan agresif ke luar sehingga memberikan efek bunyi keras dan tajam.

2. Cara berikutnya yaitu dengan menekan/menampar senar gitar dengan cukup kuat dan keras sampai menyentuh fret atau fretboard.

3. Selanjutnya adalah mengetukkan jari kelingking yang tak ikut digunakan untuk memetik senar pada bodi gitar bersamaan dengan jari-jari lainnya yang sedang memetik senar.

4. Hampir serupa dengan variasi ketiga. Ketukkan jari-jari tangan sobat, terserah jari yang mana saja. Tapi saran penulis, kalau menggunakan satu atau dua jari gunakanlah jari terkuat agar dapat menghasilkan bunyi yang lebih maksimal. Bisa juga dengan keseluruhan jari. Tapi ingat, masukkan efek ini di ruang-ruang kosong yang sedang tak terisi petikan-petikan gitar, baik bass, melodi, maupun chordnya.

5. Berikutnya juga bisa dengan teknik slap untuk mendapatkan efek perkusi yang baik. Tamparlah senar bass gitar dengan cukup keras sesaat setelah senar dibunyikan, baik dipetik maupun digenjreng.

6. Nah, kalau variasi yang satu ini sering dijumpai pada musik-musik aliran reggae. Caranya adalah dengan menutup atau menghentikan senar seusai dipetik atau digenjreng dengan cepat dan kuat. Efek ini akan memberikan kesan "padat" dan agak kasar pada aransemen.

7. Yang terakhir pastinya adalah teknik perkusi yang paling menonjol dan paling sering digunakan oleh Nathan Fingerstyle, yakni dengan memukul, menekan, atau menabuh bodi gitar dengan menggunakan telapak tangan yang disesuaikan dengan tempo lagu secara umum.

Untuk memaksimalkan teknik ini, ada baiknya sobat memanfaatkan pola ketukan birama yang sesuai. Mulailah berlatih dengan tempo yang lambat baru berangsur-angsur belajar pada tempo aslinya ataupun tempo yang lebih cepat.

Kesimpulannya, cara bermain teknik perkusi adalah bagaimana pandai-pandainya kita menambahkan efek tersebut di ruang-ruang yang terasa agak kosong dan memungkinkan untuk ditambahkan efek perkusi ini. Perkusi bisa ditambahkan pada lagu-lagu bertempokan lambat maupun cepat sesuai keinginan asalkan tetap masuk nadanya.

Baca: Cara Belajar Major Scale Fingerstyle

Sekedar saran dari penulis, jangan terlalu berlebihan dalam menambahkan efek perkusi karena justru akan membuat permainan kita terdengar kurang bersih dan rapi. Gunakan secukupnya. Misalnya saja ketika lagu memasuki reff maupun temponya yang sudah semakin naik.

Khusus untuk variasi teknik perkusi dengan menabuh bodi gitar pastikan sobat bisa memainkannya sambil memetik keseluruhan senar gitar secara beriringan maupun bebarengan. Maka dari itu, latihlah dengan tempo yang pelan terlebih dahulu.

Bisa dengan petikan satu jari dibarengi hentakan telapak tangan pada bodi gitar, kemudian berlanjut beberapa jari sekaligus dan tambahkan ketukan perkusi menjadi lebih banyak dan dalam tempo yang lebih cepat.

Sobat bisa membuat skema birama atau ketukannya yang paling pas terhadap lagu yang akan sobat mainkan. Biasanya teknik perkusi dengan menabuh/menghentakkan telapak tangan langsung pada bodi gitar ini yang sering membuat para gitaris pemula yang ingin belajar teknik ini merasa nyaris prustasi.

Kuncinya ada pada ketepatan atau keserasian petikan jari terhadap senar serta hentakan telapak tangan pada bodi gitar. Untuk itu, sobat harus sering-sering berlatih untuk mendapatkan kecocokan tersebut. Lama kelamaan, jari-jari tangan maupun telapak tangan sobat akan mendapatkan kepekaan tersendiri sehingga ketika berniat menggunakan teknik ini bisa mengalir begitu saja.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR GITAR SEPERTI NATHAN FINGERSTYLE"