Minggu, 22 Oktober 2017

TERJEMAHAN DAN (TAFSIR) LAGU LIR-ILIR SUNAN KALIJAGA

LIR-ILIR, TEMBANG DOLANAN, LIRIK TEMBANG LIR-ILIR SUNAN KALIJAGA
source: Wikimedia Commons
Salah satu lagu tradisional Jawa warisan leluhur yang paling terkenal adalah lagu yang berjudul Lir-Ilir. Banyak yang percaya bahwa lagu ini adalah lagu asli ciptaan dari salah seorang walisongo, yakni Sunan Kalijaga. 

Ada juga yang percaya bahwa sebenarnya ini lagu ciptaan dari Sunan Ampel. Terlepas dari mana yang  paling benar, yang jelas lagu ini mempunyai makna yang sangat mendalam. Bukan hanya sebatas tembang dolanan anak-anak belaka. 

Ya, liriknya memang terlihat amat sederhana layaknya tembang anak-anak pada umumnya. Namun, apabila kita lebih jeli dengan meresapi baik-baik setiap bait liriknya, kita akan tahu bahwa sebenarnya ada pesan-pesan agama yang sangat kental di dalam lagu tersebut. 

Lagu ini adalah bukti kejeniusan dari para walisongo yang kala itu menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Dengan metode yang sederhana, walisongo mampu menyebarkan ajaran  agama islam lewat hal-hal sederhana seperti lagu lir-ilir ini. 

Sebelum membahas atau menafirkan lagu lir-ilir lebih jauh, berikut adalah lirik lagu lir-ilir secara utuh. Nanti  akan kita tafsirkan per kalimatnya yang sejatinya mengandung makna yang begitu mengesankan pada artikel selanjutnya.  

Lirik lagu Lir-Ilir - Sunan Kalijaga - Walisongoh

Lir-ilir, lir-ilir
Bangun, bangunlah 
Tandure wus sumilir
Pohonnya sudah bersemi
Tak ijo royo-royo
Demikian menghijau

Tak senggo temanten anyar
Bagaikan gairah pengantin baru

Cah angon, cah angon
Bocah penggembala, bocah penggembala

Penekno blimbing kuwi
Panjatlkanlah pohon belimbing itu
Lunyu-lunyu yo penekno
Licin-licin (susah) tetap panjatlah

Kanggo mbasuh dodotiro
Berguna untuk cuci pakaianmu

Dodotiro, dodotiro
Pakaian-pakaian yang buruk (rusak)

Kumitir bedhah ing pinggir
Sisihkan di tepi

Dondomono jlumatono
Jahitlah Benahilah 

Kanggo sebo mengko sore
Untuk menghadap nanti sore

Mumpung padhang rembulane
Mumpung terang rembulannya

Mumpung jembar kalangane
Mumpung banyak waktu luang

Yo surako.. surak hiyo
Mari bersorak-sorak ayo

Semoga bermanfaat. 

Sabtu, 21 Oktober 2017

WAJIB TAHU! 25 LAGU TRADISONAL JAWA PALING POPULER

TEMBANG JAWA, LAGU TRADISIONAL JAWA, LAGU DOLANAN
source: Wikipedia
Lagu tradisional Jawa merupakan lagu warisan budaya nusantara yang wajib dilestarikan oleh kita semua penerus bangsa, utamanya bagi kita para orang Jawa. Terlebih lagi, nilai-nilai atau pesan-pesan yang terkandung di dalamnya masih sangat relevan dengan kehidupan di zaman sekarang. 

Bahkan, lagu-lagu tradisional Jawa yang merupakan warisan tradisi masyarakat pada zaman dahulu yang juga kerap dikenal sebagi tembang dolanan atau tembang anak-anak, dan sebagainya tersebut memiliki pesan moral atau ajaran yang sangat tinggi. 

Tak dapat dipungkiri, lagu-lagu tersebut ada yang merupakan ciptaan tokoh-tokoh besar pada zaman dahulu seperti seorang wali songo atau biasa juga dikenal sunan, sebagai penyebar ajaran agama islam di tanah Jawa ini. 

Nilai-nilai sosial seperti saling menghargai atau menghormati satu sama lain, kebersamaan, berbuat baik adalah bukti nilai-nilai luhur yang coba disampaikan oleh para leluhur kita, agar kita lebih baik lagi dalam mengarungi kehidupan ini. 

Nah, di bawah ini telah penulis rangkum kumpulan lagu tradisonal Jawa, lagu tembang dolanan Jawa, Lagu anak-anak Jawa yang paling populer pada masanya maupun di masa sekarang. Berikut ini adalah daftarnya: 

1. Bang-Bang Tut 
2. Bapak Pocung
3. Cublak-Cublak Suweng 
4. Dayoh 
5. Dhondong Apa Salak 
6. Gajah-Gajah 
7. Gambang suling 
8. Gek Kepriye
9. Gotri Legendri 
10. Gundul-Gundul Pacul
11. Jamuran
12. Jaranan  
13. Kidang Talun 
14. Kodok Ngorek
15. Kupu Kuwi 
16. Lir-Ilir
17. Menthok-Menthok 
18. Padhang Bulan
19. Pitik Tukung  
20. Rek Ayo Rek 
21. Siji Loro Telu 
22. Sluku-Sluku Bathok
23. Suwe Ora Jamu 
24. Tak Lelo-Lelo Ledung   
25. Te Kate Dipanah 

Nah, itu dia daftar lagu tembang dolanan Jawa, lagu tradisonal Jawa yang paling popular sepanjang masa. Unruk syair dan penafsirannya akan segera penulis upload agar kita semua bisa sama-sama belajar dan menghargai warisna budaya leluhur. 

Dengan begitu lagu-lagu tradisonal daerah Jawa tidak semakin hanyut ditenggelamkan masa dan menjadi lestari untuk selama-lamanya agar kelak anak cucu kita tetap bisa mengetahui sekaligus menyanyikan dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam lagu tersebut. 

Semoga bermanfaat. 











Jumat, 20 Oktober 2017

LIRIK DAN CHORD LAGU BELUM ADA JUDUL - IWAN FALS

IWAN FALS, BELUM ADA JUDUL, LIRIK DAN CHORD LAGU
source: flickr.com
Salah satu mahakarya Iwan Fals yang terbaik adalah lagu yang berjudul belum ada judul. Lagu ini adalah lagu yang dirilis dalam albumnya yang berjudul sama, yakni album belum ada judul yang dirilis pada tahun 1992 silam.

Lagu ini menjadi lagu yang paling nge-hits dari lagu-lagu lainnnya dalam album belum ada judul. Khas dari album ini adalah dimana proses rekamannya dilakukan secara live tanpa diedit. Iwan Fals hanya bermain gitar dan harmonika tanpa adanya backing vokal ataupun musik pengiring lain sama sekali.

Namun demikian, karena kejeniusan Iwan Fals dalam menciptakan lirik yang sederhana namun sarat akan makna membuat lagu ini memiliki "ruh" tersendiri sehingga membuatnya menjadi salah satu lagu terbaik di eranya dan disukai oleh banyak kalangan.

Ya, begitulah Iwan Fals. Seorang musisi legendaris tanah air yang selalu menciptakan lagu-lagu dengan kualitas syair yang sangat berbobot. Terbukti pada lagu belum ada judul ini sendiri mampu mengguggah ingatan kita semua terhadap sahabat sejati kita yang sekarang entah kemana seiring bertambahnya usia kita.

Yups, daripada terlalu lama bertele-tele dan arahnya nanti malah menjadi semakin tidak jelas sehingga membuat artikel ini tak kunjung selesai. Berikut adalah lirik lagu belum ada judul ciptaan Iwan Fals dilengkapi chord gitar versi aslinya.

song: Belum Ada Judul
by: Iwan Fals
do=G

intro: 
G D/F# Csus
G D/F# Em
C D/A G

Verse
G                    D/F#               Em

Pernah kita sama-sama susah
C                                                      D/A
Terperangkap di dingin malam
G                D/F#                              Em
Terjerumus dalam lubang jalanan
C                                                               D/A
Digilas kaki sang waktu yang sombong
Em                                    C   D/A    G  
Terjerat mimpi yang indah, lelap. . .

Verse II
G                         D/F#                        Em
Pernah kita sama-sama rasakan
C                                                     D/A
Panasnya mentari hanguskan hati
G                       D/F#                             Em
Sampai saat kita nyaris tak percaya
C                                                           D/A
Bahwa roda nasib memang berputar
Em                               C      D/A      G
Sahabat, masih ingatkah, kau. . .

Chorus: 
Am           C/G             F                 Em
Sementara hari terus berganti
Am           C/G             F             Em
Engkau pergi dengan dendam membara
D/A
Di hati

intro:  
G D/F# Csus
G D/F# Csus
C D/A Em
C D/A G

Verse III
G                          D/F#             Em
Cukup lama aku jalan sendiri
C                                                         D/A
Tanpa teman yang sanggup mengerti
G                                D/F#             Em
Sampai saat kita jumpa hari ini
C                                                    D/A
Tajamnya matamu tilkam jiwaku
Em                               C                D/A        G
Kau tampar, bangkitkan aku, sobat. . .

Chorus: 

Am           C/G        F             Em
Sementara hari terus berganti
Am           C/G       F             Em
Engkau pergi dengan dendam membara
D/A
Di hati

Closing: 
G D/F# Em
C D/A 
G D/F# Em
C D/A 
C G

Semoga bermanfaat.

Minggu, 01 Oktober 2017

LIRIK DAN FAKTA LAGU GARUDA DI DADAKU

Garuda di Dadaku, Lirik Lagu Garuda di Dadaku, Netral Band
source: DAFTAR.CO
Salah satu lagu wajib bola yang sering kita dengarkan dinyanyikan di tribun-tribun ketika timnas Indonesia kita berlaga adalah lagu garuda didaku. Lagu ini sudah begitu akrab di telinga dan menjadi sakral peranannya dalam setiap pertandingan sepak bola Indonesia.

Baik di kalangan suporter maupun kita semua masyarakat Indonesia lagu ini begitu enak untuk dinyanyikan, dan bahkan sudah begitu melekat liriknya di ingatan kita, utamanya pada bagian reff-nya yang berbunyi "garuda di dadaku, garuda kebanggaanku, kuyakin hari ini pasti menang."

Lagu ini mulai melejit ketika tahun 2010 silam dimana lagu ini dijadikan sebagai yel-yel wajib suporter sepak bola tanah air ketika timnas Indonesia berlaga di ajang sepak bola bergengsi Asean Football Federation (AFF) Cup 2010.

Semenjak saat itu, lagu ini pun tak pernah absen dan selalu menjadi lagu inti yang dinyanyikan para suporter Indonesia yang menyemangati langsung di lapangan maupun tak langsung seperti di rumah-rumah atau di tempat-tempat nonton bareng (nobar).

Yang mempopulerkan lagu ini adalah group band Netral. Tentu kita kenal sosok vokalis band mereka yang bernama Bagus. Bagus sendiri merasa sangat bangga setiap mendengarkan lagu itu digemuruhkan para suporter untuk menyemangati timnas Indonesia ketika berlaga.

“Yang pasti bangga, tapi gue enggak nyangka juga lagu ini bisa kayak gitu. Lirik yang buatan gue itu cuma depannya aja. Orang lebih banyak nyanyiin lagu ciptaan Mas Ferry (Ketua the Jak),” kata Bagus Netral. Begitulah pernyataan Bagus selaku "pentolan" Netral.

Lagu garuda di dadaku juga meledak ketika muncul sebuah film berjudul sama "Garuda di Dadaku" yang ditulis oleh Salman Aristo. Melaluli film itu tentu menjadi promotor yang luar biasa untuk lagu aransemen Bagus ini.

Nah, seperti apa lirik lagunya sehingga membuatnya menjadi "lagu wajib bola" Indonesia? Berikut adalah lirik lagu Garuda di Dadaku dari Netral.

Garuda Di dadaku
cipt: Ferry&Bagus Dhanar

Ayo putra bangsa
Harumkan negeri ini
Jadikan kita bangga
Indonesia. . .

Tunjukan dunia
Bahwa ibu pertiwi
Pantas jadi juara
Indonesia. . .

Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya. . .

Chorus:
Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang. . .
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang. . .
Back to chorus

Semoga bermanfaat.


Kamis, 28 September 2017

LIRIK DAN ARTI LAGU BOJO GALAK - VIA VALEN

source: tribunnews
Verse I

Wis nasibe kudu koyo ngene
Sudah nasibnya jadi seperti ini
Nduwe bojo kok ra tau ngepenake
Punya suami kok nggak pernah buat senang
Seneng muring, omongane sengak
Suka marah, omongannya kasar (nyinyir)
Kudu tak trimo, bojoku pancen galak
Harus ku terima, suamiku memang galak

Verse II

Saben dino rasane ora karuan
Setiap hari rasanya nggak karuan
Ngerasake bojoku sing ra tau perhatian
Merasakan istriku yang tidak pernah perhatian
Nanging piye maneh atiku wes kadung tresno
Tapi bagaimana lagi hatiku sudah terlanjur cinta
Senajan batinku ngampet ono njero dada
Walaupun batinku menahan perasaan dalam dada

Chorus:

Yo wes ben nduwe bojo sing galak
Ya sudahlah punya suami yang galak
Yo wes ben sing omongane sengak
Ya sudahlah yang omongannya kasar (nyinyir)
Seneng nggawe aku susah
Suka membuat aku susah
Nanging aku wegah pisah
Tapi aku tidak mau pisah

Tak tompo nganggo tulusing ati
Ku terima dengan tulusnya hati
Tak trimo sliramu tekan saiki
Ku terima dirimu sampai saat ini
Mungkin wes dadi jodone
Mungkin sudah jadi jodohnya
Senajan kahanane koyo ngene
Walapuun keadaannya seperti ini


Verse III

Sungguh keterlaluan bojoku sing saiki
Sungguh keterlaluan suamiku yang sekarang
Kliru sitik wae aku mesti diseneni
Salah sedikit saja ku pasti dimarahi
Ameh dolan ro konco kok ora diolehke
Mau jalan sama teman kok tidak dibolehkan
Senenange nuduh dikira lungo ro liyane
Sukanya nuduh disangka pergi dengan laki lain

Verse IV

Yen wes ngono aku mung bisa meneng
Kalau sudah begitu aku hanya bisa diam
Tak jelasno malah mung nggawe kowe sepaneng
Ku jelaskan malah membuatmu semakin marah
Di matamu aku iki ora tau bener
Di matamu aku ini tidak pernah benar
Kabeh mbok salahno, rumangsa wes paling pinter
Semua kamu salahkan, merasa sudah paling pintar

Chorus:

Yo wes ben nduwe bojo sing galak
Ya sudahlah punya suami yang galak
Yo wes ben sing omongane sengak
Ya sudahlah yang omongannya kasar (nyinyir)
Seneng nggawe aku susah
Suka membuat aku susah
Nanging aku wegah pisah
Tapi aku tidak mau pisah

Tak tompo nganggo tulusing ati
Ku terima dengan tulusnya hati
Tak trimo sliramu tekan saiki
Ku terima dirimu sampai saat ini
Mungkin wes dadi jodone
Mungkin sudah jadi jodohnya
Senajan kahanane koyo ngene
Walapuun keadaannya seperti ini

Ibarate dele sing uwis dadi tempe
Ibaratnya kedelai yang sudah jadi tempe
Kudu tak lakoni yen pancen ngene dalane
Harus ku jalani kalau memang sudah begini jalannya
Abote nduwe bojo sing galak
Beratnya punya istri yang galak
Lek ra keturutan senengane mencak-mencak
Kalau tidak dituruti sukanya marah-marah

Ra usah digetuni aku kudu kuat ati
Tak usah disesali, aku harus kuat hati
Nganti tekan mati sliramu tetep nang ati
Sampai mati dirimu tetap di hati
Distel kendo wae, tak nikmati uripe
Jalani sabar saja, ku nikmati hidup
Senajane galak bojoku pancen sing ngganteng dhewe
Meskipun galak suamiku memang yang paling ganteng

Kuat dilakoni, lek ra kuat ditinggal ngopi
Kuat dijalani, kalau tidak kuat ditinggal ngopi
Tetep cinta senajan bojoku galak
Tetap cinta meski istriku galak

Chorus:

Yo wes ben nduwe bojo sing galak
Ya sudahlah punya suami yang galak
Yo wes ben sing omongane sengak
Ya sudahlah yang omongannya kasar (nyinyir)
Seneng nggawe aku susah
Suka membuat aku susah
Nanging aku wegah pisah
Tapi aku tidak mau pisah

Tak tompo nganggo tulusing ati
Ku terima dengan tulusnya hati
Tak trimo sliramu tekan saiki
Ku terima dirimu sampai saat ini
Mungkin wes dadi jodone
Mungkin sudah jadi jodohnya
Senajan kahanane koyo ngene
Walapuun keadaannya seperti ini

(2 kali repetisi)

Semoga bermanfaat.