Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIOGRAFI, BIODATA DAN PERJALANAN HIDUP ALDI TAHER

BIOGRAFI, BIODATA DAN PERJALANAN HIDUP ALDI TAHER
Aldi Taher: Biografi, Biodata, dan Perjalanan Karier

Siapa yang tak kenal dengan sosok Aldi Taher? 

Artis sekaligus musisi hebat dengan salah satu lagu andalannya "Jangan Remas Bijiku Sayang", kembali mengguncang media dengan aksi briliannya menyanyikan lagu "Yellow" dari Coldplay. 

Sauaranya yang khas dan gayanya yang unik membuat aksi panggungnya itu banyak disukai warganet.

Ditambah perangainya yang lucu itu membuat namanya melejit naik di sepanjang tahun 2023 ini. Imbasnya, Aldi Taher kini banyak diundang di banyak acara, baik off air maupun on air

Berikut ini adalah biodata dan biografi lengkap dari Aldi Galagher, eh, Aldi Taher dari mulai awal kariernya, sempat meredup, hingga kembali naik seperti saat ini. 

Biodata Aldi Taher 

  • Nama: Aldiansyah Taher (Aldi Taher)
  • Kewarganegaraan: Indonesia 
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jayapura, 25 Oktober 1983
  • Umur: 39 tahun 
  • Agama: Islam 
  • Profesi: Aktor, Penyanyi, Pelawak, Politisi, Presenter
  • Nama Ayah: Ramlis Saputra Sidi Rusli Taher 
  • Nama Ibu: Ir.Rosita Bagindo Oedin
  • Nama Istri: Dewi Persik (Penyanyi, Menikah Siri 4 Juli 2008 - 2009), Georgia Aisyah Putri (Dokter Gigi, 25 Oktober 2014 - 8 Jan 2018), Salsabilih (Sejak 24 Oktober 2020 - sekarang). 
  • Nama Anak: Geraldine Nur Ardiansyah (Perempuan, 18 November 2015), Geraldi Muhammad Aldiansyah (Laki-Laki, 26 April 2018), Alusha Sheyza Bryna Taher (Perempuan, 15 Agustus 2021)

Biografi & Perjalanan Hidup Aldi Taher 

Aldi Taher lahir di Jayapura, 25 Oktober 1983. Ia memulai debut kariernya setelah mengikuti ajang pencarian bakat model di salah satu majalah remaja, yaitu Aneka Yess! pada tahun 2001.

Selain menjadi seorang model majalah, Aldi juga mulai berperan dalam berbagai video klip grup band yang sedang populer di Indonesia. 

Dia tampil dalam video klip album Manusia Bodoh milik Ada Band, dan juga dalam video klip Yon Koeswoyo, Koes Plus.

Wajah Aldi semakin sering muncul di televisi ketika ia membintangi berbagai iklan, seperti operator telepon seluler XL, sikat gigi formula, gel rambut Gatsby Wax, iklan rokok LA Lights, serta iklan makanan seperti KFC dan Astor.

Setelah empat tahun berkecimpung di dunia model dan iklan, Aldi memasuki tahap baru dengan menjadi finalis VJ MTV pada tahun 2005. 

Dia kemudian menjadi pembawa acara dalam beberapa program televisi, termasuk Go Show TPI, Pimp My Ride Indonesia di MTV, My Special Date ANTV, Mak Comblang SCTV, Gatsby Date and Style MTV, dan VJ MTV Bujang.

Lewat penampilannya yang banyak disukai oleh anak muda, Aldi Taher mulai menarik perhatian pemirsa. Dari sinilah tawaran untuk bermain film dan sinetron mulai mengalir.

Film layar lebar pertamanya berjudul Terowongan Casablanca, sebuah film horor yang dirilis pada tahun 2007 oleh Indika Entertainment. 

Film ini disutradarai oleh Nanang Istiabudi dan Aldi berperan bersama Asya Shara, Ardina Rasti, Jupiter Fourtissimo, Five Vi, Ray Sahetapy, dan Titi Qadarsih.

Film horor pertamanya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Pada tahun yang sama, Aldi kembali membintangi film horor dengan kekasihnya saat itu, Nadia Vega, dalam film yang berjudul Leak

Film ini mengambil latar kehidupan mistik di Bali dan disutradarai oleh Achiel N Nasrun. 

Film Leak juga dibintangi oleh Meriam Bellina, Ferry Irawan, Piet Pagau, dan Umar Syarif. 

Dalam film ini, Aldi dan Nadia juga berkolaborasi dalam duet lagu tema yang memiliki judul yang sama.

Setelah berkarier di layar lebar, Aldi Taher juga berperan dalam sinetron televisi. Dia membintangi beberapa sinetron, antara lain:  Anak Terminal MetropolitanKu Tlah Jatuh Cinta, Kisah 5 Matahari, Hingga Akhir Waktu, dan Joe Bebek Emas

Aldi juga memiliki keinginan untuk menjelajahi dunia musik. Dia pernah membentuk sebuah band bernama Radio bersama dengan Raffi Ahmad, Irwansyah, Naga Lyla, Mende Oris, dan Oki Oris. Sayangnya band tersebut harus berakhir bubar. 

Tidak berhenti di situ, Aldi mencoba membentuk sebuah duo dengan rekannya yang bernama Bachan. 

Duo ini diberi nama Duo Kingkong dan merilis single berjudul "Cari Wanita" pada tanggal 8 Desember 2008. Namun, seperti band sebelumnya, duo ini tidak mendapatkan popularitas dan akhirnya menghilang.

Pada tahun 2008, Aldi juga membintangi dua film horor terkenal, yaitu Tiren: Mati Kemaren dan Pocong vs Kuntilanak.

Dalam film Tiren: Mati Kemaren, yang disutradarai oleh Adrianto Sinaga, Aldi beradu akting dengan penyanyi dangdut kontroversial, Dewi Perssik. 

Cerita film ini mengisahkan tentang Ranti (Dewi Perssik) yang baru saja meninggal dan berhantu. 

Dia dapat berubah menjadi wanita cantik dan menggoda Reno (Aldi Taher), suami sahabatnya, Maya (Deriell Jacqueline). Di sinilah Aldi dan Dewi mulai saling mengenal.

Pada tahun yang sama, Aldi membintangi sebuah film horor dengan latar belakang cerita cinta zaman penjajahan Belanda. 

Dia beradu peran dengan Ahmad Zaki, Allya Rossa, Ikhsan Samiaji, Diana Puspita, dan Amanda Faried.

Pada tahun 2013, sebelum ia menghilang cukup lama dari dunia pertelevisian tanah air, Aldi Taher juga sempat membentuk boyband yang kini telah bubar bernama Trio Ubur-Ubur, dengan salah satu lagunya yang cukup hits pada masanya, Munaroh. 

Kehidupan Asmara Aldi Taher

Dalam kehidupan asmara, Aldi pernah menjalin hubungan dengan Nadia Vega, seorang pemain sinetron remaja. 

Hubungan mereka berlangsung selama dua tahun namun akhirnya berakhir pada pertengahan Mei 2008. 

Setelah berpisah dengan Nadia Vega, Aldi terlihat dekat dengan penyanyi dangdut Dewi Perssik yang awalnya terjadi karena kedekatan mereka dalam film Tiren: Mati Kemarin.

Aldi dan Dewi pada awalnya membantah adanya hubungan khusus di antara mereka dan menyatakan bahwa hubungannya hanya sebatas pekerjaan. 

Namun, setelah Dewi Perssik putus dari kekasihnya, Farid Yusuf Mansyur atau Ferry, keduanya mengakui bahwa mereka sedang berpacaran.

Kedekatan Aldi dan Dewi ini menimbulkan berbagai spekulasi dan pertanyaan. Hubungan mereka menimbulkan banyak gosip selama berbulan-bulan. 

Kabar mengenai pernikahan Aldi dan Dewi sempat beredar, tetapi ditepis oleh keduanya. Pasangan ini bahkan dikabarkan telah tinggal bersama.

Pada awal tahun 2009, status hubungan mereka akhirnya terungkap. Aldi dan Dewi mengakui bahwa mereka telah menjalani pernikahan siri pada tanggal 4 Juli 2008. 

Pernikahan siri ini dilakukan agar menghindari perbuatan zina dan dihadiri oleh kedua orangtua mereka. 

Pernikahan mereka kemudian sah secara hukum pada bulan Maret 2009 di Jember, Jawa Timur. Pasangan ini kemudian mengadopsi seorang anak balita yang diberi nama Velis Gabriel.

Pernikahan Aldi dan Dewi berlangsung selama enam bulan, namun terjadi masalah dalam hubungan mereka. 

Puncaknya, Aldi mengajukan gugatan cerai terhadap Dewi Perssik di Pengadilan Agama Jakarta Barat. 

Meskipun berada di ujung pernikahan mereka, Aldi masih membela Dewi yang sedang menghadapi masalah.

Ada sebuah gambar yang menyebar luas di internet yang menampilkan sosok yang mirip Dewi Persik tengah bercumbu dengan seorang wanita. 

Baik Aldi maupun mantan suami Dewi yang lain, Saipul Jamil, membantah tuduhan bahwa Dewi adalah seorang biseksual. 

Setelah melalui beberapa kali persidangan, Aldi dan Dewi resmi bercerai pada tanggal 11 November 2009.

Pada Oktober tahun 2014, Aldi menikah dengan Georgia Aisyah. Dari hasil pernikahan itu, Aldi dikaruniai dua orang anak bernama Geraldine Nur Ardiansyah dan Geraldi Muhammad Aldiansyah. 

Pada bulan Oktober 2016, Aldi didiagnosis mengidap kanker kelenjar getah bening. 

Awalnya, dia merasakan sakit di leher kanannya dan setelah diperiksa, ditemukan sebuah benjolan. 

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, Aldi dinyatakan positif mengidap kanker kelenjar getah bening dan harus menjalani enam kali sesi kemoterapi. 

Setelah enam bulan, dia berhasil sembuh dari kanker tersebut.

Namun, di tengah kondisi tersebut, Aldi dihadapkan pada gugatan cerai dari istrinya, Georgia Aisyah, pada tanggal 20 Oktober 2017 di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. 

Menurut Georgia, tidak ada lagi kecocokan dalam pernikahan mereka. Aldi berharap ada jalan keluar terbaik dari masalah yang sedang dihadapinya.

Seolah tak tahan menduda lagi, akhirnya Aldi Taher menikah lagi dengan istri ketiganya, Salsabilih pada Oktober tahun 2022.

Dari isti ketiganya, Aldi punya seorang anak perempuan bernama Alusha Sheyza Bryna Taher yang lahir pada 15 Agustus 2021. 

Kontroversi Aldi Taher di Entertaiment

Setelah sekian lama menghilang dari dunia entertaiment tanah air, Aldi Taher akhirnya bounce back meski dengan serangkaian kontroversinya. 

Mulai dari konfilknya dengan Dedy Corbuzier dan Dinar Candy hingga dia diundang di podcast Close The Door. 

Lepas dari podcast itu, namanya kian melejit dan banyak diundang di berbagai media. 

Bahkan lagu-lagu "nyeleneh" yang dia ciptakan seperti "Lesti Sayang Billar", Nissa Sabyan I love You So Much, Jangan Remas Bijiku Sayang, dan lain sebagainya berhasil viral dan mengangkat namanya. 

Terbaru, Aldi Taher makin menghebohkan publik dengan mengajukan diri sebagai bakal calon anggota DPR RI. 

Yang menjadi kontroversi adalah namanya sempat tercatat dalam dua partai politik, yaitu Partai Bulan Bintang dan terakhir mengaku bergabung dengan Partai Perindo. 

Meski dikenal dengan comeback-nya yang banyak senggol sana-sini, artis yang terkenal dengan slogannya mengajak baca Al Qur'an ini belakangan juga dikagumi karena aksinya meng-cover lagu Yellow dari Coldplay. 

Bahkan jukukan Aldi Galagher menggema lewat aksinya yang menyayikan lagu tersebut dengan gaya khas vokalis Oasis, Liam Gallagher. 

Aksi Aldi Taher menyanyikan Lagu Yellow dari band Coldplay...


Baca Juga: Lirik dan Terjeamahan Lagu Yellow By Coldplay 


Posting Komentar untuk "BIOGRAFI, BIODATA DAN PERJALANAN HIDUP ALDI TAHER"