Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BERNYANYI




hal yang wajib diperhatikan saat bernyanyi
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bernyanyi


Dalam bernyanyi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa bernyanyi dengan baik. Bernyanyi tidak semata-mata melantunkan syair. Seorang penyanyi yang baik juga harus bisa menjaga sikap di atas panggung. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika sedang bernyanyi.
1. Sikap badan

Selalu perhatikan sikap badan ketika sedang bernyanyi. Dalam posisi berdiri maupun posisi duduk, kita harus bisa menjaga sikap badan. Dengan sikap badan yang baik, kita akan mendapat kemudahan pada proses pernafasan. Dengan begitu, suara yang kita keluarkan akan terdengar baik.

2. Pernafasan

Pernafasan juga menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan saat bernyanyi. Pernafasan saat bernyanyi sangat berbeda dengan pernafasan saat berbicara sehari-hari. Kita harus bisa mengontrol pernafasan saat bernyanyi, agar tak kesulitan menyanyikan sebuah lagu dari awal sampai akhir.

  • Pernafasan dada, pernafasan dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian atas. Pernafasan ini cenderung pendek dan kurang tepat digunakan untuk bernyanyi, apalagi saat menyanyikan lagu-lagu bernada tinggi.
  • Pernafasan perut, pernafasan dengan cara membuat perut berongga sehingga udara luar dapat masuk. Pernafasan ini juga kurang tepat untuk bernyanyi, karena akan membuat kita cepat lelah.
  • Pernafasan diafragma, pernafasan ketika diafragma mengencang atau menegang (lurus), maka rongga dada dan rongga perut menjadi longgar, sehingga volume bertambah. Pernafasan inilah yang paling cocok digunakan saat bernyanyi.

Pembentukan suara dalam bernyanyi juga harus kita perhatikan. Proses pembentukan suara erat kaitanmnya dengan teknik pernafasan dalam bernyanyi. Yaitu pernafasan perut, dada, dan diafragma. Kita harus bisa menentukan pernafasan mana yang tepat, sehingga proses pembentukan suara berlangsung baik dan benar. Dengan pembentukan suara yang tepat, maka suara yang dihasilkan saat bernyanyi akan terdengar maksimal.

4. Pengucapan (Artikulasi)

Dalam bernyanyi pengucapan harus jelas, agar syair yang dinyanyikan terdengar baik dan dapat dimengerti semua orang. Mulut harus terbuka lebar ketika bernyanyi. Terkadang kita malas membuka mulut saat bernyanyi, sehingga suara yang keluar tidak jelas. Oleh karena itu, artikulasi saat bernyanyi harus dilatih secara rutin.

5. Resonansi

Resonansi yaitu pengerasan suara dari suatu sumber. Dalam bernyanyi yang dimaksud resonansi adalah penguatan atau pengerasan getaran suara dari pita suara. Resonan sendiri dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah resonan atas (semua rongga di atas mulut dan tenggorokan), wilayah resonan tengah (mulut dan bagian belakang mulut), dan wilayah resonan bawah (dada).

6. Vibrato/ Vibrasi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah keluarnya vibra dalam suara. Teknik vibrasi digunakan untuk menunjukkan penjiwaan dari sebuah lagu yang kita nyanyikan. Selain itu juga untuk memudahkan kita dalam menjangkau nada-nada tinggi dalam sebuah lagu. Oleh karena itu, vibrasi wajib kita latih.

Nah, itulah ke-enam hal yang harus diperhatikan ketika bernyanyi. Semoga dengan mengetahui hal ini, Kamu dapat bernyannyi dengan lebih baik lagi dan kelak bisa menjadi seorang penyanyi yang professional.

Semoga bermanfaat. 


                   2. Belajar Teknik Vibrasi dalam Olah Vokal 






2 komentar untuk "6 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BERNYANYI"