Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL TEKNIK VIBRASI DALAM OLAH VOKAL


MENGENAL TEKNIK VIBRASI DALAM OLAH VOKAL
Mengenal Teknik Vibrasi Dalam Bernyanyi

Secara singkat vibrasi dapat didefinisikan getaran. Getaran yang dimaksud adalah getaran gelombang suara. Jadi, teknik vibrasi yaitu teknik menciptakan atau mengeluarkan getaran gelombang suara. Bagi seorang penyanyi, hal ini menjadi modal penting yang harus dimiliki, selain kualitas suara.

            Memunculkan vibra (teknik vibrasi) kebanyakan secara natural. Namun di luar itu, kita bisa berlatih untuk menguasainya. Sebenarnya mengeluarkan vibra ini gampang-gampang susah. Tinggal bagaimana cara kita melatihnya. 

 Tujuan Melatih Vibra Dalam Bernyanyi

         Sebenarnya, tujuan utama dalam melatih vibra adalah untuk menunjukkan ekspresi diri saat menyanyikan sebuah lagu. Penjiwaan akan semakin terasa ketika vibra dapat dikeluarkan dengan baik. 

        Selain itu, mengeluarkan vibra juga bertujuan untuk memudahkan dalam menjangkau nada-nada yang tinggi. Secara teknikal, vibra berperan  sebagai “jembatan” bagi seorang penyanyi ketika akan memasuki nada tinggi.

        Vibrasi juga memungkinkan seorang penyanyi buat mengontrol intonasi, volume, dan kejernihan suara. Itulah mengapa sebabnya vibrasi penting untuk dilatih.

Cara Melatih Vibra 

            Ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk melatih vibrasi dalam olah vokal. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, tempatkan tangan di bawah dada (bagian ulu hati)

Kedua, nyanyikan sebuah nada dengan huruf A yang tak terlalu tinggi

Ketiga, sewaktu bernyanyi  ulu hati ditekan lepas sebanyak tiga sampai empat kali

Keempat, rasakan suara yang keluar bergetar

           Agar dapat mengeluarkan vibrasi saat bernyanyi, kita harus dalam keadaan rileks. Jangan takut dan minder karena hanya akan merusak vokal. 

           Oleh karena itu, lakukan pemanasan sebelum naik panggung. Hal ini bertujuan untuk membuat kita merasa rileks dan tidak tegang ketika naik di atas panggung. 

    Namun perlu diingat, saat bernyanyi dengan teknik vibrasi, kita harus mengontrolnya dengan baik. Jaga intensitas penggunaannya. 

    Karena vibrasi yang tidak terkendali atau berlebihan malah bisa mengganggu kualitas vokal dan menghasilkan suara yang tidak diinginkan.Sesuaikan juga dengan genre musik dan karakteristik vokal kita masing-masing.

 Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "MENGENAL TEKNIK VIBRASI DALAM OLAH VOKAL"