Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 TIPS LOLOS AUDISI INDONESIAN IDOL DAN KOMPETISI NYANYI LAINNYA

6 TIPS LOLOS AUDISI INDONESIAN IDOL DAN KOMPETISI NYANYI LAINNYA
Tips Lolos Audisi Nyanyi di Indonesian Idol

Tips lolos audisi kompetisi nyanyi di televisi, seperti: Indonesian idol, X Factor, The Voice, The Voice Kids, Indonesia Mencari Bakat, Idola Cilik, dan lain sebagainya. 

Ada satu hal penting yang menjadi penentu lolos atau tidaknya seorang peserta dalam audisi kompetisi bernyanyi di televisi, baik Indonesian Idol maupun yang lainnya. 

Hal terpenting itu adalah first impression, alias kesan pertama. Bagi seorang peserta, mereka hanya punya waktu beberapa detik saja untuk memberikan first impression yang baik dan memorable

Perlu juga diketahui, audisi biasanya dilakukan secara bertahap. Jadi tidak langsung bertemu dengan juri utama, melainkan juri lokal terlebih dahulu. Namun, semua tips ini berlaku untuk setiap tahapan audisi. 

Tips dan Trik Lolos Audisi Indonesian Idol

1. Pilihan Lagu

Untuk pilihan lagu, kalau bisa jangan memilih lagu yang terlalu pasaran. Karena juri kan sudah menjuri sekian ratus peserta. Oleh sebab itu, pasti juri sudah mendengarkan lagu yang sama berulang kali. 

Misalkan kamu membawakan lagu yang sedang hit sekali, kemungkinan besar lagu itu sudah dibawakan juga oleh banyak kontestan yang lain. Hal tersebut dapat membuat juri menjadi bosan. 

Hingga akhirnya juri bisa kehilangan ketertarikan denganmu. Jadi, kalau bisa pilihlah lagu yang bagus dan enak, tapi jangan juga yang terlalu pasaran.

2. Pilih Lagu yang Kamu Merasa Nyaman Menyayikannya

Misalnya kamu fasih sekali bernyanyi lagu dangdut, rock, atau R&B, maka nyanyikan saja lagu dengan genre tersebut, dengan kemampuan dan karakter kamu tanpa ragu. 

Dengan begitu kamu akan bisa menyanyikan lagu dengan penuh percaya diri. Hal ini penting sekali. 

3. Jangan Suka Pamer Teknik

Dalam menyanyikan lagu, kamu tidak perlu pamer teknik atau memberikan improvisasi yang macam-macam. Karena yang terpenting adalah lagunya enak dan nyaman untuk didengar. 

Tentu ada beberapa lagu yang bisa kamu gunakan untuk pamer teknik vokal, tapi yang pasti jangan sampai lebay

Kamu tidak pernah tahu permintaan juri. Kadang mereka bisa minta kamu untuk menyanyikan lagu yang nge-beat, atau bahkan slow

Jadi, sebaiknya kamu siapkan saja beberapa lagu yang sudah paling nyaman dan menjadi andalan. Bisa lagu bahasa Inggris, lagu bahasa Indonesia, lagu dengan tempo cepat, dan lagu berirama lambat. 

Beberapa jenis teknik bernyanyi yang sering dipakai di atas panggung bisa kamu baca di sini

4. Penampilan

Masalah penampilan ini juga penting sekali. Walau bagaimanapun juri kan  manusia juga. Mereka akan melihat first impression melalui penampilanmu secara visual. 

Kalau kamu berpenampilan bagus, tidak harus dengan dandanan yang mewah dan wah, paling tidak terlihat bersih, rapi, keren, dan punya karakter. Juri akan punya interest denganmu karena mereka akan merasa lebih dihargai. 

Dengan berpenampilan yang baik, juga menunjukkan kalau kamu bisa menghargai diri sendiri. 

Bayangkan kalau misalnya kamu datang ke temapat audisi dengan wajah kusut, pakaian lusuh, pakai sandal jepit, bau badan pula. Itu akan memberi kesan kalau kamu tidak niat ikut audisi.  Juri jadi makin malas menjurinya. 

Selain itu, penampilan yang baik juga akan menambah rasa percaya diri. Kamu sangat perlu rasa percaya diri untuk menaklukan pessure dalam ruang audisi. 

Jadi, begitu kamu masuk ke ruang audisi, kamu sudah harus penuh rasa percaya diri. Demi menunjukkan bahwa kamu layak untuk diperhitungkan. 

5. Karakter

Saat kamu bernyanyi, bayangkan dari sepuluh orang peserta, misalnya menyanyikan lagu yang sama semua. Teknik vokal yang sama, improvisasi yang sama, tentu kamu akan terlihat biasa saja dan tidak menarik. 

Tapi kalau kamu muncul dengan karakter yang berbeda. Misalnya kamu membawakan lagu yang cukup jarang dibawakan orang lain, dengan khas karakter vokal dan gayamu, tentu itu akan lebih menarik untuk para juri sehingga mereka akan memilihmu.

6. Menjaga Kesehatan Menjelang Hari Audisi

Ingat, walaupun kamu sudah mempersiapkan segalanya. Lagunya sudah hafal, pilihan lagu sudah oke, baju sudah disiapkan, eh, enggak tahunuya pas hari H audisi, kamu malah sakit, suara habis, tenggorokan serak. Amit-amit deh, ya? 

Oleh sebab itu, jaga kesehatan badanmu. Jaga suaramu juga dengan cara tidak begadang, menghindari polusi, dan jangan minum air dingin. 

Oh ya, beberapa saat sebelum audisi, hindari juga produk-produk dari keju, susu, dan juga gorengan. Karena itu bisa membuat produksi lendir berlebih, yang mengakibatkan kamu jadi pengin berdaham terus. Semua itu kurang baik buat suaramu.

Baca: 9 Makanan yang Wajib Dihindari Penyanyi

Ingat, jangan begadang sebelum audisi, karena kamu kan pasti pengin tetap fokus. Supaya hafal lagunya dan tetap percaya diri. 

Kita senua sama-sama tahu, menunggu giliran dipanggil di tempat audisi itu bisa lama sekali, dan kamu tentu pengin tetap fresh

Jadi, agar saat kamu masuk ke ruang audisi tetap dalam kondisi yang fresh, istirahatlah yang cukup. Berhenti begadang. 

Nah, itu dia keenam tips agar kamu lolos audisi Indonesian Idol dan berbagai macam kompetisi bernyanyi lainnya. Utamanya yang diselenggarakan oleh pihak televisi. 

Semoga kamu yang sedang membaca tulisan ini bisa lolos audisi, dan menjadi penyanyi profesoional yang dikenal oleh khalayak, seperti yang kamu impi-impikan selama ini. 

Kalau kamu ingin mencari pengalaman berkarier di dunia tarik suara yang lain, kamu bisa baca artikel tentang Cara Melamar Kerja Jadi Penyanyi Kafe. Barangkali itu bisa menjadi alternatif karier bermusikmu.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bernyanyi

Posting Komentar untuk "6 TIPS LOLOS AUDISI INDONESIAN IDOL DAN KOMPETISI NYANYI LAINNYA"