Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT MUSIKALISASI PUISI YANG BERKUALITAS (STEP-BY-STEP)


MUSIKALISASI PUISI BERKUALITAS
source: lintasgayo.com
Musikalisasi puisi adalah salah satu wujud karya seni musik yang sudah sangat umum diciptakan oleh orang-orang pada zaman sekarang ini. Bahkan tak sedikit pula sekolahan-sekolahan yang telah membebankan sebuah tugas untuk membuat musikalisasi puisi kepada para siswanya. 

Berangkat dari hal tersebut, penulis pun coba membuat artikel ini untuk menjawab tantangan tersebut.

Dalam membuat musikalisasi puisi yang berkualitas, kita wajib memperhatikan langkah-langkah pembuatannya yang baik dan benar. Dari mulai pemilihan atau penciptaan puisi hingga menentukan iringan nada beserta tempo yang paling tepat.

Nah, makin penasaran apa-apa saja yang harus dilakukan agar bisa menciptakan musikalisasi puisi yang berkualitas? Simak saja ulasan di bawah ini. Lets cekidot. 

Baca: 7 Hal yang Harus Dilakukan dalam Membuat Video Klip Berkualitas Tinggi

Langkah-Langkah Membuat Musikalisasi Puisi Berkualitas

1. Meyiapkan pusinya

Yups. Ini adalah modal awal yang harus sobat miliki. Siapkan sebuah puisi sebagai bahan untuk dimusikalisasi. Puisinya boleh mengambil dari karya-karya yang sudah ada yang menurut sobat bagus (tetap sertakan identitas pengarangnya ya). 

Tapi, ada baiknya sobat menciptakannya sendiri agar lebih kreatif dan mudah menyatu dengan perasaan yang ada di dalam puisinya yang nantinya juga akan lebih memudahkan sobat sendiri dalam menciptakan nada iringannya.

2. Memahami Isi atau Makna Pusisinya

Nah, poin kedua ini juga sangat penting dalam membuat musikalisasi puisi yang berkualitas. Pemahaman serta penjiwaan yang baik terhadap puisi yang akan dimusilkalisasi adalah mutlak agar berkualitas musikalisasi yang akan kita buat nantinya.

Secara garis besar, beberapa hal yang harus sobat pahami di dalam sebuah puisi yakni sebagai berikut:

- Tema puisi

- Suasana pusi

- Pokok pikiran pengarang berupa tujuan puisi itu dibuat

- Bunyi vokal atau akhir konsonan yang mendominasi puisi (bila ada)

- Kata-kata atau kalimat sulit di dalam puisi bisa berupa pemaknaan majas-majasnya

3. Menetukan Alat Musik untuk Iringannya

Langkah selanjutnya sudah pasti sobat harus menyiapkan sekaligus menentukan alat musik apa yang akan dijadikan sebagai alat pengiring dalam membuat musikalisasi puisinya. 

Pastikan pula sobat atau salah satu teman dari sobat (bila berkelompok) bisa memainkan setidaknya sebuah alat musik yang akan dijadikan untuk pengiring nantinya. Semakin mahir memainkan alat musiknya maka akan semakin bagus pula hasil aransemennya.

Sebagai referensi tambahan, biasanya alat-alat musik yang cocok untuk membuat musikalisasi puisi adalah alat musik yang bernada lembut dan merdu seperti gitar, biola, piano, harmonika, dll. Jangan yang terkesan keras atau kasar seperti drum, kendang, gitar listrik (rock, metal), dan lain-lain.

Baca: Cara Belajar Gitar Seperti Nathan Fingerstyle

4. Mulai Menciptakan Nada Iringannya

Setelah sobat sudah memutuskan alat musik apa yang akan sobat jadikan sebagai media musikalisasi puisinya. Saatnya sobat mualai merambah menciptakan nada-nada yang tepat untuk musikalisasinya. 

Untuk itu, sobat harus sudah paham betul bagaimana karakteristik puisi yang akan sobat musikalissasi. Apakah puisi dengan nada sedih, gembira, semangat, ataupun yang lainnya.

Nah, untuk menemukan nada-nadanya sobat bisa mencarinya terlebih dahulu dengan menetukan not-notnya terlebih dahulu. Dimulai di nada dasar apa, tempo dan pola ketukannya bagaimana, sobat juga sudah harus bisa segera untuk menmukannya. 

Untuk gitar misalnya, sobat bisa mencari nadanya dengan teknik seperti mencari chord lagu terlebih dahulu, atau mencari nada bassnya, maupun melodinya berdasarkan urutan tangga nada yang sederhana namun benar. 

Sebagai alternatifnya, sobat bisa memainkan petikan-petikan gitar dari beberapa bentuk chord mungkin akan sangat membantu bagi sobat yang belum begitu mengenal tangga nada.

Tantangan tersulit dalam menciptakan musikalisasi puisi umumnya ada pada tahap ini. Dimana untuk meracik nada musikalisasi puisi yang bagus terkadang tak semudah mencari atau menemukan nada iringan lagu karena karakteristik pembacaan puisi yang berbeda dengan pembawaan lagu baik dari segi pengucappannya maupun gaya atau cengkok nadanya.

Memang tak dapat dipungkiri, pembawaan atau pembacaan puisi yang terkesan nadanya "datar-datar" saja akan sedikit menyulitkan kita dalam menentukan nada beserta tempo iringan yang paling cocok. Menarik memang, di sinilah feeling kita akan benar-benar terasah.

5. Menampilakan Hasil Karya Musikalisasi Puisi

Nah, langkah terakhir tentunya menampilkan hasil musikalisasi puisi yang telah sobat buat. Bagus atau tidaknya biarlah audience yang menilai, jangan takut atau minder untuk menampilakan hasil karya sobat, terutama bila soabat harus menampilakannya secara solo.

Baca: Cara Paling Mujarab Atasi Demam Panggung

Tunjukkan yang terbaik yang bisa sobat lakukan. Dengan segala persiapan matang yang telah sobat jalankan, insyaallah hasilnya juga akan maksimal. Terlebih lagi bila sobat memainkannya dengan penuh penghayatan.

Demikianlah langkah-langkah yang mesti sobat lakukan agar bisa membuat musikalisasi puisi yang berkualitas. Semoga apa yang telah penulis kemukakan dapat menjadi bahan referensi yang cukup untuk sobat yang memang berencana untuk membuat sebuah karya musikalisasi puisi.







2 komentar untuk "CARA MEMBUAT MUSIKALISASI PUISI YANG BERKUALITAS (STEP-BY-STEP)"