Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 HAL YANG HARUS DILAKUKAN DALAM MEMBUAT VIDEO CLIP LAGU BERKUALITAS TINGGI


LANGKAH MEMBUAT VIDEO KLIP YANG BERKUALITAS
source: vimeo.com
Siapa sih yang tak mengenal yang namanya video klip? Dalam dunia permusikan, peran video klip sangatlah besar. Video klip banyak dimanfaatkan sebagai sarana promosi dari sebuah lagu yang dirilis ke pasaran.

Dengan hadirnya video klip tentu akan mendongkrak penjualan dari lagu atau album itu sendiri. Peranan video klip terhadap lagu diantaranya yaitu menggambaran isi secara keseluruhan dari sebuah lagu.

Selain itu adanya video klip juga bermaksud untuk menarik perhatian agar lagu yang identik dengan suara saja tak membosankan dengan hadirnya audio visual yang berkualitas baik.

Di era modern ini pembuatan video klip sudah berkembang dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana berbagai macam teknologi teranyar dipadukan untuk mampu mebuat video klip yang betul-betul berkualitas.

Untuk dapat membuat sebiuah video klip yang berkualitas, ada baiknya sobat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi kunci dalam membuat sebuah video klip yang berkualitas. Oleh karenanya, kali ini penulis ingin membagikannya kepada sobat semua pembaca setia artikel ZAB. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah. Lets cekidot.


1. Gunakan Lebih Dari 1 Kamera

Ketika berniat mebuat video klip, sobat harus punya lebih dari 1 kamera jika ingin mendapatkan gambar dan momen yang tepat. Semakin banyak akan semakin bagus. Hal ini bertujuan untuk menemukan angle atau sudut yang pas di segala sisi objek agar mendapatkan kualitas visual yang bagus.

Perlu dicatat pula, bahwa semakin banyak sisi kamera sebuah video klip akan terasa lebih hidup karena tidak monoton di satu sisi saja.

2. Buatlah Pencahayaan yang Pas

Agar bisa menghasilkan video klip yang berkualitas, faktor pencahayaan juga merupakan hal mutlak yang harus kita koreksi betul-betul. Pencahayaan yang bagus itu tak terlalu terang maupun redup. Gunakan pantulan sinar yang pas.

Sebagai penunjang tambahan, make uper artis/model juga harus berpengalaman dengan bisa memberikan efek make up yang pas sehingga nantinya wajah dari sang artis tidak terlihat gelap maupun terlalu menyala.

3. Gunakan Mic Tambahan Bila Diperlukan

Terkadang penggunaan mic tambhan juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan sebuah video klip, terlebih lagi bagi yang berniat membuat video klip yang menyertakan suara asli secara langsung dari sang artis walaupun hanya berupa kata-kata pendek dan bukan bagian dari syair lagu. 

Tentunya hal tersebut bertujuan agar suara yang dihasikan bisa terdengar lebih jelas dan bersih. Selain itu kesan original juga bisa kita dapatkan.

Sebagai tips tambahan, ketika harus menggunakan mic tambahan sebisa mungkin pergunakan yang tipe condenser agar suaranya mampu menangkap frekuaensi yang lebih jauh.

4. Membuat Naskah yang Berkualitas

Walaupun hanya sedikit saja naskah yang ditambahkan, tetap saja pemilihan naskah yang berkualitas juga patut diunggulkan. Penyusunan naskah di sini juga merangkap penyusunan alur cerita dari video klip kita nantinya. Teknik ini biasa disebut dengan story board.

Seperti apa dan bagaimana eksekusinya di lapangan akan kita persiapkan terlebih dahulu secara matang supaya nantinya eksekusi acting di lapangan akan lebih bagus dan bisa menjiwai. Pilihlah alur cerita yang merasuk ke hati.

5. Software Editing

Semuanya yang telah kita lakukan sebelumnya akan kita permanis dengan teknik editing, yaitu termasuk penggunaan software efek. Penentuan akhir dari kualitas sebuah video klip ada pada teknik editingnya agar audio maupun visualnya menjadi bagus.

6. Efek yang Mumpuni

Dalam pengerjaan sebuah video klip lagu, kita akan dituntut untuk dapat membuat berbagai macam efek yang berkualitas. Dimana untuk bisa menghasilakn visual, back, audio, dll, agar nampak lebih real dan hidup diperluakan teknik efeking yang mumpuni.

7. Pemilihan Crew yang Berkualitas

Semua hal di atas dapat kita terapkan bila kita mempunyai tim/crew yang berkualitas. Sebenarnya titik puncak kesulitan dari pembuatan video klip lagu ada di sini. Dimana untuk mendapatkan crew yang berkualitas dan mau bekerja sepenuh hati sekarang ini makin susah.

Rata-rata sekarang ini mereka mematok tarif yang lumayan untuk mau bekerja dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, bila kita sudah menemukan anggota crew yang sehati, bersemangatlah dan pertahankanlah.

Teruslah berkarya bersama, sekalipun masih dalam tahapan pembelajaran. Yakinlah bahwa kelak kalian akan menajdi orang besar.

Semoga bermanfaat.


3 komentar untuk "7 HAL YANG HARUS DILAKUKAN DALAM MEMBUAT VIDEO CLIP LAGU BERKUALITAS TINGGI"