Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING EFEKTIF BELAJAR KETIPUNG, DIJAMIN BISA!

CARA BELAJAR KETIPUNG PALING EFEKTIF
source: ketipungbagus.wordpress.com
Halo sobat. Pada postingan kali ini, penulis ingin menshare mengenai cara belajar bermain ketipung yang paling efektif. Bagaimana caranya belajar ketipung hanya dalam satu hari dan langsung bisa. Nah, menarik memang untuk kita bahas.

Oke, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Supaya bisa bermain ketipung, hal yang pertama yang harus sobat pelajari yaitu mengenal karakteristik suara dari ketipung itu sendiri. Ketipung atau kendang sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni kendang yang berukuran kecil dan kendang yang berukuran lebih besar.

Keduanya memiliki karakteristik suara yang sangat berbeda apabila dimainkan. Kendang yang berukuran kecil mempunyai suara TAK, sedangkan yang besar suaranya DUT. Kita sebut saja kendang tak dan kendang dut.

Nah, sekarang kita belajar cara memukulnya. Untuk kendang DUT yang notabene adalah sebagai bassnya, sebaiknya dipukul dengan menggunakan jari tengah beserta tangan atau pangkal telapak tangan untuk menekannya. Namun demikian, untuk yang baru belajar sebaiknya mainkan ketukan yang dasar terlebih dahulu, tak perlu untuk ngebass yang indah dulu,

Sementara itu, untuk kendang TAK bisa dipukul cukup dengan satu jari saja, yakni jari telunjuk. Selain jempol dan jari telunjuk bisa dimanfaatkan untuk menahan bunyinya, gunakan dua jari untuk melakukannya.

Nah, untuk bisa mulai mengiringi lagu dengan memainkan ketipung, sobat juga harus tahu berbagai macam genre musik, khususnya musik dangdut. Karena beda genrenya beda pula tempo dan pola ketukannya. Dan yang harus sobat perhatikan betul-betul yakni power dan temponya harus bisa seimbang. 

Untuk melatih power kalian, kalian bisa mengasahnya dengan memukul ketipung setiap hari, lama-kelamaan kalian akan terbiasa bermain dengan "power" sehingga dengan mudah bisa menghasilkan suara yang keras, bulat, dan merdu.

Nah, kembali membahas soal genre musik dangdut tadi, seacara garis besar ada dua di antaranya yang paling kita kenal dan sering dimainkan oleh banyak orang, yakni dangdut koplo dan dangdut original.  

Sebenarnya satu-satunya perbedaan yang paling mencolok dari keduanya hanya terdapat pada karakter nada yang dimainkan, dimana dangdut koplo lebih banyak beriringkan bunyi DUT-nya, dan sebaliknya dangdut asli/original lebih banyak bunyi TAK-nya.

Selain itu, beberapa genre dangdut lain yang juga bisa sobat pelajari antara lain: dangdut 3/4, dangdut 4/4, dangdut-dangdut soneta, dangdut India, dll. Sobat bisa langsung mencari referensi tambahan di youtube biar lebih jelas dan paham betul cara mainnya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA PALING EFEKTIF BELAJAR KETIPUNG, DIJAMIN BISA!"