Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING EFEKTIF MELETAKKAN BIOLA DI BAHU

CARA MELETAKKAN BIOLA DI BAHU TERBAIK TEREFEKTIF
source: pixabay.com (ask9215)
Kembali membahas soal biola, kali ini penulis ingin berbagi ilmu mengenai cara meletakkan biola di bahu dan cara menggunakan bow yang benar. Hal tersebut akan sangat membantu kemudahn kita dalam belajar biola, termasuk menunjang kemudahan kita saat menekan senar maupun menggesek senar dengan menggunakan bow.
Cara meletakkan biola yang salah akan menyebabkan ketidaknyamanan sobat, dan akan menimbulkan rasa sakit berlebih di bahu. 

Baca: 13 Nama Bagian Biola yang Wajib Kamu Tahu

Oleh karena itu, penempatan biola di bahu yang tepat harus benar-benar diperhatikan. Karena dengan begitu, kita akan merasa lebih nyaman saat bermain biola. Pastinya hal tersebut akan menunjang kemajuan kita dalam menguasai berbagai teknik pada biola bukan?

Nah, di bawah ini akan penulis jelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar dapat menempatkan biola di bahu dengan benar, nyaman, efektif, serta efisien. Langsung saja kita simak ulasannya. Lets cekidot.

1. Posisi Tubuh

Hal pertama yang paling penting, yakni pengaturan posisi tubuh. Posisi tubuh terbaik saat bermain biola adalah berdiri tegak, bukan duduk atau malah tiduran, kecuali kalau sobat memang sudah master, hehe. 

Perhatikan pula posisi hidung, ujung sampai pangkal badan biola, serta posisi siku yang harus tepat berada di bagian tengah bawah biola. Selain itu, perhatikan pula posisi kaki kiri tepatnya, pastikan harus berada satu garis lurus.

2. Peletakan Dagu

Peletakan dagu yang terbaik, yakni pada bagian biola yang kita sebut dengan chin rest. Pada beberapa kasus, ada biola yang tidak dilengkapi dengan part ini. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah biola yang komplit dengan chin restnya. Namun demikian, bagi sebagian orang, khususnya yang bertubuh gemuk/pipinya tebal, penggunaan part tersebut malah membuat mereka tidak nyaman.

Baca: 6 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Membeli Biola agar Tak Kecewa

Bila sobat bertubuh kurus atau standard, yakni tidak gemuk maupun tidak kurus, penulis sarankan untuk memilih atau memasang chin rest pada biola kesayangan sobat karena akan sangat membantu fleksibilitas serta kenyamanan sobat saat bermain biola.

3. Saat memegang bow, gerakan secara perlahan pergelangan tangan sobat. Pastikan untuk tetap rileks, jangan "kikuk" atau kaku dan tegang. Karena jika demikian, kelenturan tangan sobat akan berkurang sehingga sulit untuk bermain dengan cepat dan lincah serta membuat tangan dan tubuh cepat lelah.

Baca: Nama-Nama Bagian Bow (Busur) Biola Lengkap dengan Trik Memegangnya

4. Ada hal penting yang wajib kita hindari, yakni pergelangan tangan kiri kita tidak boleh menempel pada neck atau leher biola. Karena jika demikian, akan menyulitkan pergelangan jari tangan kiri kita saat kita gunakan untuk mencari nada dengan menekan senar-senar di seluruh fingerboard biola.

5. Poin penting berikutnya, yakni ibu jari harus berlawanan arah dengan jari lainnya dan harus berada dalam posisi terbuka (open space). Dengan demikian, kecepatan dan ketepatan pergerakan jari kita akan tersokong dengan baik dan maksimal.

Baca: Teknik Rahasia Melenturkan Jari ketika Bermain Biola

6. Terakhir, selain keenam hal di atas. Yang tak kalah pentingnya, pastikan bahwa tangan kiri sobat bukan menjadi penopang biola karena tugas tersebut telah dibebankan kepada dagu yang menjepit chin rest. Dengan demikian, tangan kiri kita dapat lebih leluasa dalam memainkan not-not lagu.

Nah, itulah hal-hal penting yang mesti sobat perhatikan betul-betul dan harus sobat praktekan agar sobat tak mengalami lagi masalah-masalah yang berarti dalam belajar biola.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 5 Violinis Terhebat Sepanjang Sejarah

Posting Komentar untuk "CARA PALING EFEKTIF MELETAKKAN BIOLA DI BAHU "