Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Pintar Membeli Gitar Akustik Bekas

tips membeli gitar, tips pintar membeli gitar akustik


Tips Pintar Membeli Gitar Akustik Bekas - Gitar akustik menjadi salah satu jenis gitar yang paling sering dimainkan. Kepraktisan dalam penggunaannya menjadi salah satu alasannya. Tak perlu repot-repot colok ke amplifier dan membeli efek-efek gitar yang mahal sekalipun, gitar sudah bisa dimainkan. 

Bagi sobat yang berniat untuk membeli gitar akustik, entah itu untuk gitar pertama atau gitar tambahan, ada baiknya sobat memperhatikan tips dan trik yang akan penulis bagikan pada artikel ini. Khususnya bagi sobat yang berencana mau membeli gitar akustik bekas.


Tips dan Trik Membeli Gitar Akustik Bekas 


1. Usahakan COD

Tips dan trik yang pertama adalah lakukan COD ketika membeli gitar akustik bekas. Katakan pada penjual bahwa sobat ingin ketemuan langsung, mau cek barangnya. Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan. 

Untuk bisa mendapatkan gitar bekas yang berkualitas, kita harus mengeceknya berulang-ulang, maka darti itu jangan ragu untuk bertemu langsung dengan si penjual dan mengetes gitarnya langsung. Kalau perlu ajak teman yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang gitar. 


2. Cek Keseluruhan Bodi Gitar

Hal berikutnya yang harus sobat perhatikan betul adalah cek dengan seksama keseluruhan bodi gitar. Pastikan tidak ada titik yang boncel, apalagi berlubang. Ini akan sangat mempengaruhi kualitas suara dari gitar. Bodi yang boncel, berlubang, atau dinding-dinding bodi gitar yang terbuka dan tak rapat akan membuat suara yang dikeluarkan dari gitar kurang maskimal.

Bila bodi gitar kotor, berdebu, ataupun lecet, hal itu masih bisa diterima dan sangat wajar,  mengingat barang bekas. Yang pasti, yang harus sobat perhatikan betul, jangan sampai ada "kebocoran" pada bodi gitar. Karena di sanalah sumber resonansi nada itu dihasilkan. Sedikit saja kebocoran, maka suara atau kualitas nada yang dihasilkan akan jauh menurun. 


Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Bodi Gitar


3. Cek Kondisi Tuning Peg

Tuning peg adalah salah satu bagian terpenting pada gitar yang juga harus diperhatikan. Cobalah putar-putar tuning peg pada gitar yang akan sobat beli, sekaligus menyetem gitarnya. Bila masih enak, tidak "alot" dan tidak terlalu kendor, dapat dipastikan kondisinya masih bagus. 

Tuning peg yang keras, dan macet akan berpotensi membuat senar putus ketika kita memutarnya dengan bertenaga. Sedangkan kalau terlalu kendor juga tidak bagus. Hal tersebut akan membuat kita saat menyetem gitar menjadi cukup susah mendapatkan nada yang pas. 

Ingat, pastikan juga pada tuning peg tidak terdapat banyak karat yang membuat korosi pada baut-baut dan besinya. Mungkin kalau sedikit-dikit karatan, namun masih enak diputar, ya oke-lah tidak apa-apa. Mengingat gitar yang akan dibeli juga gitar bekas. 


4. Pastikan Neck Lurus

Lihatlah, apakah neck gitar yang akan sobat beli bengkok arau tidak. Neck gitar yang bengkok akan menimbulkan banyak masalah pada gitar. Suara yang cempreng, fretbuzz, nada mati, dan lain-lain akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bila neck gitar megalami kebengkokan. 

Cara mengeceknya sebenarnya sangat sederhana. Coba tekan senar satu sampai enam di fret ke dua belas. Bila dilihat masih lurus dari ujung senar gitar di fret satu sampai di fret kedua belas yang kita tekan, itu artinya neck gitar masih normal. 


Baca juga: Ciri Cara Finishing Gitar yang Bagus


5. Cek Kelistrikan Gitar

Efek kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi saat ini juga berdampak pada berkembangnya inovasi pada alat musik, khususnya gitar. Skarang ini sudah banyak gitar akustik yang bisa doicolok ke amplifier, atau yang sering kita kenal dengan istilah gitar akustik elektrik. 

Pertama cek tuner-nya bila ada. Bila sudah mulai susah "nyantol" atau sering out of tune, ini akan menjadi PR tersendiri. Sebab, pada umumnya gitar akustik elektrik yang sudah mengalami masalah seperti ini akan susah dibetulkan, alias harus mengganti tuner baru. Sedangkan kalau itu tuner original,  tentu harganya lumayan. 

Selain mengecek tuner-nya, cek juga preamp-nya. Coba masukkan kabel jack 3,5 mm. Masukkan ke amplinya, apakah msih berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan tak banyak noise yang menggangu dan suaranya tidak sember. Selain itu, pastikan pula konektor ke kabel jack 3,5 mmnya masih berkondisi baik: rapat dan tidak longgar yang dapat menyebabkan koneksinya sering terputus. 


6. Periksa Keseluruhan Nada Per Fret

Bunyikan semua senar gitar dari senar satu sampai enam di semua fret atau kolom pada gitar. Pastikan tidak ada bunyi-bunui yang mengganggu seperti fret buzz, suara yang sember atau bahkan ada fret mati atau nada yang tak berbunyi. 


7. Perhatikan Bridge

Cek juga bagian bridge. Bagian ini termasuk paling fital karena menjadi jembatan penghubung senar dengan nut dan tuning peg. Bridge yang bagus adalah yang dibuat dengan sistem tanam yang diberi tambahan baut penguat ke dalam bodi gitar. 

Hindari membeli gitar dengan bridge yang sudah tidak menmpel dengan sempurna pada bodi gitar. Kondisi bridge yang sudah terangkat seperti itu akan rawan lepas dan menimbulkan kerusakan pada gitar. 


8. Cek Kondisi Senar

Meski banyak gitar yang tak terurus atau dibiarkan tidak dipasangi senar, hal ini sebenarnya juga bisa menjadi pertimbanganm khusus bagi sobat yang bermiat membeli gitar bekas. 

Apabila gitar masih terpasangi senar yang baik dan lengkap, bukan berarti itu tandanya gitarnya masih cukup teawat, bukan? Sekalipun berdebu dan kotor, namun lebih terawat daripada gitar yang dibiarkan begitu saja beberapa senarnya putus tanpa diganti. 

Akan lebih bagus lagi kalau senar yang dipasang merupakan senar original. Atau paling tidak senar yang dipasangkan itu masih satu set asli, bukan hasil bongkar pasang ganti satu dua senar saja. Gitar yang diganti dengan senar satu set akan menaksimalkan potensi suaranya dan menjaga kewetan gitarnya karena tidak ada perbedaan tensi antarsenar sebab dari tipe dan merk yang sama. 

Sekali lagi penulis tekankan, di sini sebenarnya kita tidak begitu mengharapkan mendapatkan gitar dengan senar yang masih benar-benar prima seperti gitar baru ya sobat, tapi paling tidak itu menjadi salah satu indikator yang baik, kalau gitar yang akan kita beli masih terawat dengan baik sebelumnya.


Baca juga: Perbedaan Senar Gitar String dan Nilon


9. Negosiasi Harga

Setelah semua tips dan trik di atas sobat praktekan, langkah terakhir yang menjadi ujung dan kesimpulan dari semua tips dan trik membeli gitar akustik bekas di atas tentunya adalah negosiasi harga. Dengan kita pandai menyeleksi kekurangan-kekurangan apa saja yang ada pada gitar yang akan kita beli, negosiasi harga pun  tentunya akan lebih mudah. 

Misalnya saja sobat menemukan senar-senarnya sudah putus, sobat bisa meminta diskon. Atau semisal tuning peg-nya sudah seret dan karatan, harus diganti, maka dari itu mintalah diskon untuk perbaikan. 

Nah, maksud poin terakhir ini yaitu sekalipun aklau soabat sudah melakukan COD dan barang yang sobat akan beli tak sesuai dengan ekspekstasi, paling tidak sobat bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang ditawarkan sebelumnya. 

Itu dia kesembilan tips cerdas membeli gitar akustik second agar sobat tidak salah langkah ketika membeli gitar bekas. Ingat: Be a smart buyer! Jadilah pembeli yang pintar!


Baca juga: Cara Meletakkan Gitar yang Benar


Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "9 Tips Pintar Membeli Gitar Akustik Bekas"