Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 CARA MELETAKKAN GITAR YANG BENAR AGAR GITAR AWET

cara meletakkan gitar, tips menaruh gitar
Cara Meletakkan Gitar yang Benar Agar Gitar Awet


Cara Meletakkan Gitar yang Benar Agar Gitar Awet - Salah satu hal yang kedengarannya sepele, namun sering diabaikan oleh para gitaris pemula adalah teknik meletakkan gitar yang benar ketika sedang tidak dipakai. Cara meletakkan gitar ini sangat penting untuk diperhatikan. 

Sama halnya seperti manusia, gitar pun perlu istirahat. Nah, untuk memaksimalkan atau memberi "peristirahatan" gitar kesayangan kita, sobat perlu tahu juga bagaimana teknik yang baik dan benar dalam meletakkan gitar ketika sedang tidak dipakai. 

Cara Meletakkan Gitar yang Benar

1. Tempat Peletakan Gitar

Yang pertama, yang harus sobat perhatikan betul adalah posisi peletakan gitar. Pastikan diletakkan di tempat yang aman. Jangan sekali-kali meletakkan gitar asal saja, seperti di atas meja, kursi, atau di tempat yang tinggi. 

Sebab ini akan sangat beresiko jika semisal gitar terjatuh yang akan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Selain itu, pastikan juga gitar jauh dari jangkauan anak-anak yang bisa saja sewaktu-waktu "iseng" memainkannya yang juga berpotensi merusak gitar. Lebih-lebih bila gitar kesayangan sobat itu berharga cukup mahal. Cukup sayang, bukan? 

Meletakkan gitar di tempat yang tinggi, di atas meja, dipan, di atas lemari, ini adalah beberapa kesalahan yang sering penulis temui. Hal itu tentu sangat beresiko, bagaimana tidak, cara meletakkan yang asal tanpa tempat khusus saja sebenarnya sudah keliru, apalagi meletakkan gitar di ketinggian yang tak tahu juntrungnya. 

Biasanya, jika sampai gitar tersenggol atau karena keteledoran kita sendiri biasanya, bila gitar benar terjatuh, bodi gitarnya bisa boncel atau bahkan pecah, neck bengkok, atau yang paling ringan dan sering adalah senar putus. Tentu kita tak ingin bukan hal seperti ini terjadi? Makanya pastikan letakkan gitar sobat di tempat yang benar-benar aman. 

Selain itu gitar juga tidak boleh ditaruh di lantai, digeletakkan begitu saja di lantai. Hal ini berguna untuk menjaga bodi gitar dari lecet ataupun kerusakan serta tuning peg atau dryer gitar tidak mudah tersenggol yang bisa mengakibatkan steman gitar mudah berubah. 

2. Posisi Peletakan Gitar 

Yang kedua, Berdirikan gitar dengan posisi neck tidak menjadi tungkuan. Nah, kesalahan yang sering dilakukan gitaris-gitaris pemula, atau orang-orang yang baru belajar gitar adalah "sembarangan" dalam memosisikan gitarnya. 

Tak jarang ada yang asal saja membaringkannya di atas meja dan lemari, seperti kasus yang pertama tadi, yang sangat bahaya. Ada juga yang asal membaringkannya di atas kasur atrau bahkan digeletakkan digeletakkan begitu saja di atas lantai. 

Sebenarnya banyak perdebatan soal peletakkan gitar atau posisi peletakkan gitar yang bagus. Ada yang bilang sebaiknya gitar dibaringkan tapi dibalik punggungnya yang tampak. Seperti orang tengkurap. Ada yang bilang harus diberdirikan, disandarkan. Tapi sebenarnya semua itu kurang tepat. 

Pernahkah sobat bermain-main atau mengunjungi toko-toko alat musik yang menjual gitar? Coba perhatikan bagaimana cara mereka meletakkan gitarnya. Sekarnag sudah bisa membayangkan bukan? Sebenarnya cara peletakkan gitar seperti itulah yang benar. 
Perlu diketahui, di toko-toko musik atau olahraga yang khususnya menjual gitar, meletakkan gitar seperti pada posisi itu ada tujuannya, bukan asal disusun untuk estetika atau ajang dipamerkan saja, tetapi juga bertujuan untuk menjaga keawetan gitarnya sendiri. 

Jadi, cara meletakkan gitar atau memosisikan gitar yang benar ketika tidak dipakai adalah dengan menyangga neck-nya. Hal ini bisa menggunakan alat bantu seperti stand gitar. Stand gitar sendiri ada yang model gantung dan ada juga yang model duduk. Ingat, menyangga neck, bukan neck-nya yang dijadikan penyangga ya, sobat. Hehehe. 

Pada umumnya, pososi menyangga neck seperti itu adalah gitar dalam posisi berdiri. Nah, inilah yang sering disalahartikan kalangan awam sehingga timbul anggapan "Kalau meletakkan gitar ya harus dalam posisi berdiri." Akan tetapi, sebenarnya konsep utamanya meletakkan gitar berdiri itu bukan seperti itu. Selalu ada tujuan di balik sebuah cara bukan? 

Okee, sekarang sudah paham bukan posisi peletakkan gitar yang benar? Yang pasti jangan sampai membiarkan neck-nya menjadi penyangga. Karena neck gitar bisa dibilang salah satu bagian gitar yang rawan dan rapuh. 

Oleh sebab itu juga, biasanya gitar yang bagus itu diberi trussroad di dalam neck-nya untuk memperkuat. Jangan sampai neck gitar sobat bengkok. Dengan peletakkan gitar yang asal-asalan akan memperbesar resiko itu. 

Neck gitar yang sudah bengkok akan menjadi sumber dari bermacam "penyakit" pada gitar yang sangat menjengkelkan. Kesimpulannya, posisikan gitar dengan neck jangan dijadikan penyangga. Letakkan pada stand gitar. Penulis pribadi lebih menyarankan menggunakan stand gitar duduk saja, jangan yang gantung. 

Selain lebih mudah dalam pemasangannya, meletakkan gitarnya pun juga lebih praktis. Kita tak usah repot-repot naik turun kursi atau bahkan tangga hanya untuk meletakkan gitar. Kecuali memang sobat sangat perlu. 

Seperti misalnya karena ruangan tempat menyimpan gitar sobat yang sudah penuh atau sempit. Atau bahkan sobat bermotivasi untuk mengoleksi gitar dan ingin membuat koleksi itu sekaligus menjadikannya sebagai hiasan dinding. Hehehe. 

3. Simpan Gitar Bila Lama Tidak Digunakan

Nah, cara atau tips yang terbaik terakhir adalah simpan saja gitar sobat jika sekiranya lama mau tidak dimainkan. Masukkan ke dalam tas gitar, entah itu softcase atau kalau bisa hardcase malah lebih bagus dan aman. Tapi sebelumnya kendorkan dulu semua senarnya. 

Mungkin sobat bertanya-tanya: 
"Lama itu kan relatif, lamanya seberapa lama?"
Okee, jadi kalau sekiranya mau ditinggal pergi gitarnya. Atau karena suatu kesibukan sobat, sehingga diprediksi akan tidak memainkannya dalam waktu seminggu saja, lebih baik "kantongi" gitar, kendorkan senarnya. Ini akan membuat gitar yang sobat miliki menjadi lebih awet. 
Nah, itu dia tiga cara, tips dan trik meletakkan gitar yang baik dan benar agar gitar menjadi awet dan tidak mudah rusak. Setelah ini, saya harap tidak ada lagi yang bertanya kepada saya bagaimana cara meletakkan gitar yang benar. 

Semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Juga Suka: Cara Terbaik Membersihkan Bodi Gitar

Posting Komentar untuk "3 CARA MELETAKKAN GITAR YANG BENAR AGAR GITAR AWET"