Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERBAIK MENYIMPAN GITAR

CARA TERBAIK MENYIMPAN GITAR

Gitar adalah alat musik yang sangat populer di dunia ini. Alat musik berdawai ini memang menjadi salah satu primadona atau ikonnya musik. Karena kepopuleritasannya, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hingga ratusan juta rupiah hanya untuk mendapatkan sebuah gitar yang berkualitas.

Oleh karena itu, perawatan maksimal juga patut kita lakukan. Untuk menjaga gitar agar tetap awet serta menghindari penurunan kualitas, banayak faktor yang benar-benar harus kita perhatikan. Salah satunya yang dapat mewakili semuanya adalah cara penyimpanan gitar.

Cara Terbaik Menyimpan Gitar

Kali ini, kita akan membahasnya secara tuntas dan mendalam mengenai cara terbaik dalam menyimpan gitar. Dalam menyimpan gitar, kita juga harus mengetahui beberapa faktor seperti yang paling utama yaitu lokasi / tempat menyimpan gitar.

Memahami Lokasi / Tempat Terbaik Menyimpan  Gitar

Lokasi disini berarti tempat kita menyimpan gitar. Tempat yang dimaksud dalam cakupan area yang lebih luas, artinya dimana kita menyimpan gitar bersama wadahnya (jika ada).

Umumnya sobat pasti menyimpan gitar di kamar sobat, atau bila yang lebih “beruang” dan punya minat musik tinggi, pastilah memiliki ruang musik sendiri. Dan sobat memilih meletakkannya di ruangan musik itu.

Sebenarnya tak masalah juga dimana kita menyimpan gitar di ruangan mana, yang terpenting sobat merasa bahwa tempat itu sudah benar-benar aman.

Artinya jauh dari resiko kerusakan seperti pada tempat ketinggian, atau resiko rusak akibat sentuhan anak-anak, bila sobat sudah menikah dan mempunyai anak kecil di rumah.


Media Penyimpanan Gitar

Mengetahui media atau tempat yang akan kita gunakan untuk menyimpan gitar kesayangan juga merupakan suatu hal penting yang tak boleh kita lewatkan. Secara garis besar, media penyimpanan itu tersendiri dapat kita kelompokkan ke dalam dua jenis.

Yang pertama adalah media penyimpanan praktis, yang artinya media penyimpanan gitar yang lebih mudah dan praktis digunakan utamanya ketika kita sering membawa gitar berpergian.

Mungkin saja salah satu dari sobat pembaca artikel ini adalah seorang anak band, atau bahkan seorang musisi papan atas yang kerap konser ke luar kota, atau malah ke luar negeri, hehe.

Sedangkan media kedua yang penulis maksud yaitu media penyimpanan gitar di dalam rumah. Artinya bila gitar tidak sering kita bawa pegi kemana-mana. Misalanya saja sobat hanya senang memainkan gitar “gonjrang-gonjreng” saja di kamar.

Oke, mari kita bahas lebih lanjut satu per satu mengenai kedua media penyimpanan gitar tersebut.


Media praktis

Media pertama yang akan kita bahas adalah media praktis. Ini merupakan tempat / wadah penyimpanan gitar yang paling mudah, praktis, dan simpel. Media yang penulis maksud adalah tas / case gitar. Case gitar sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu softcase dan hardcase.

Media ini mencakup aspek portability (mudah dibawa kemana-mana). Tak heran bila bentuk medianya haruslah lebih sederhana / simpel.

Softcase yaitu tas gitar yang hanya terbuat dari kain biasa seperti tas pada umumnya. Bila yang berkualitas lebih baik biasanya di dalamnya juga terdapat busa yang berfungsi agar gitar bisa lebih aman dan terjaga dari resiko debu dan kotoran maupun kerusakan. 

Sementara itu untuk yang satunya lagi yaitu hardcase. Bahannya terbuat dari kayu / triplek. Di dalamnya juga terdapat busa / spon untuk melindungi gitar. 

Dengan menggunakan hardcase gitar akan lebih aman. Akan tetapi media hardcase ini lebih cocok digunakan oleh seseorang yang benar-benar berprofesi di bidangnya, seperti seorang musisi misalnya.  

Hal ini dikarenakan bentuk medianya yang lebih berat dan tebal, sehingga agak kurang praktis bila kita hanya membawa gitar kesana-kemari dalam jarak yang tak terlalu jauh. 

Untuk seorang musisi yang sering konser ke luar kota misalnya, hardcase gitar adalah pilihan yang snagat tepat karena akan memeberikan perlindungan lebih terhadap gitar. Jadi kita bisa merasa lebih tenang untuk menentang-nenteng gitar kemanapun kita mau.

Media Penyimpanan di Rumah

Sejatinya media ini juga bisa dikatakan sebagai media praktis. Akan tetapi, penulis bermaksud membedakannya untuk memudahkan jangkauan pemahaman sobat terhadap berbagai macam jenis media penyimpanan gitar.

Oke, langsung ke intinya saja. Media penyimpanan gitar di rumah ini merupaakan alat bantu dalam meletakkan gitar. Ketika gitar kita geletakkan begitu saja di runah, tanpa ada media yang kita gunakan untuk membantu gitar "beristirahat" tentu hal yang sedemikian itu tak bisa dikatakan baik. 

Ketika gitar digeletakkan begitu saja tanpa ada perlindungan dan peawatan khusus, tentu akan mempengaruhi tingkat keawetan dan kualitas dari gitar itu sendiri. 

Maka dari itu, ketika mennyimpan / meletakkan gitar di rumah, ada baiknya kita memanfaatkan media penyimpanan yang ada dan khusus disediakan untuk penyimpanan gitar di dalam ruangan, seperti di rumah, toko, dll.

Media penyimpanan di rumah yang penulis maksud adalah stand gitar. Yups, stand gitar. Stand gitar berfungsi sebagai media simpel dalam menyimpan / meletakan gitar dalam ruangan atau di rumah. 

Dengan memanfaatkan stand gitar, hal utama yang dapat kita petik manfaatnya adalah menghindarkan gitar dari resiko terjatuh. Penggunaan stand gitar akan membuat "posisi peristirahatan" gitar lebih aman, nyaman, dan tepat. 

Stand gitar itu sendiri tebagi menjadi dua macam jenis. Yaitu stand gantung, dan stand berdiri. Stand gantung atau yang kerap disebut juga sebagai hanger gitar adalah media yang digunakan untuk meletakkan gitar dalam posisi menggantung di atas. 

Kebanyakan stand gantung digunakan oleh toko-toko atau retail penjual instrumen gitar untuk memamerkan barang dagangannya kepada calon pembeli. Gitar biasanya akan dibiarkan menggantung di atas, menempel di dinding sama seperti halnya menggantung pakaian menggunakan hanger / gantungan baju. 

Tentu hal tersebut akan membuat pengunjung lebih tertarik karena bisa dengan leluasa mengamati gitar yang berpotensi untuk dimiliki calon pembeli.

Diluar itu tak menutup kemungkinan bila stand gantung juga dipakai di rumah. Akan tetapi, stand gitar yang kerap dimanfaatkan untuk meletakkan gitar di rumah semisal di kamar adalah stand tegak / berdiri. Sesuai namanya, stand gitar ini bermanfaat untuk menyangga gitar supaya tetap berdiri tegak.

Kesimpulan

Dengan yakin dan mantap kita bisa katakan bahwa cara terbaik menyimpan gitar adalah dengan memanfaatkan media bantu. Tentunya hal tersebut juga menyesuaikan situasi dan kondisi yang kita alami atau kita inginkan.

Mulai sekarang sobat bisa memilih dan menyesuaikan sendiri mana media yang menurut sobat paling cocok untuk menyimpan gitar kesayangan sobat.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Bodi Gitar
















Posting Komentar untuk "CARA TERBAIK MENYIMPAN GITAR"