Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN BODI GITAR

CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN BODI GITAR
Cara Membersihkan Bodi Gitar



Setelah beberapa hari yang lalu penulis membuat artikel mengenai cara membersihkan string (senar) gitar, kali ini penulis akan memberikan suatu tips dan trik, atau bisa disebut sebagai suatu cara lah ya. 

Ya, membersihkan bodi / tabung gitar juga merupakan rutinitas penting yang tak boleh Kamu lewatkan untuk menjaga gitar supaya tetap awet dan tahan lama. 


Untuk membersihkan bodi gitar tak ada cara terbaik selain rutin membersihkan dan menjaganya dari debu dan kotoran. Maka dari itu, Kamu juga perlu tahu cara terbaik menyimpan gitar.

Namun demikian, untuk membersihkan bodi gitar itu sebenarnya sangat simpel dan semua orang awam sekalipun pasi sudah tahu. Bisa dengan cara mengelapnya dengan menambahkan sedikit air misalnya.

Kamu bisa menggunakan lap atau kain halus untuk mengelap bodi gitar. Pelan-pelan saja ketika membersihkan bodi gitar, jangan sampai niatan baik Kamu untuk membersihkannya malah menjadi membuatnya lecet / tegores. 




Ketika membersihkannya secara keseluruhan ada baiknya Kamu juga melepas senar gitar. Dalam kasus ini membersihkan secara total yang dilakukan secara berkala. Bisa sebulan, dua bulan, atau pun enam bulan.

Membersihkan secara total berbeda dengan membersihkan yang merupakan rutinitas jangka pendek, seperti mengelap bodi gitar contohnya. Mengelap bodi gitar merupakan rutinitas harian yang musti Kamu lakukan. 




Sementara untuk pembersihan berkala yaitu pembersihan bodi gitar secara menyeluruh ataupun bisa diikuti dengan pembersihan part-part gitar yang lain seperti senar, headstock, neck, fingerboard, dll.

Nah, kalau Kamu berniatan melakukan pembersihan total secara berkala, Kamu bisa memanfaatkan bantuan cairan pembersih gitar yang banyak dijual di pasaran seperti salah satunya yang terkenal yaitu BKS Guitar Polish.


Semoga bermanfaat.


2 komentar untuk "CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN BODI GITAR"