Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 BAGIAN GITAR YANG HARUS KAMU TAHU


 

10 BAGIAN GITAR YANG HARUS KAMU TAHU
Bagian-Bagian Gitar

Bermain gitar memang sangat mengasyikkan, namun apakah kamu sudah mengenal nama-nama bagian gitar? Seperti kata pepatah,” tak kenal maka tak sayang,” maka dari itu ada baiknnya kita mengenalinya. Berikut ini akan admin bahas nama-nama bagian gitar beserta fungsinya.

Bagian-Bagian Gitar

1. Headstock

Kita mulai dari bagian gitar paling atas. Ini adalah bagian gitar paling ujung, istilah gamblangnya kepala gitar. Bagian ini berfungsi sebagai tempat meletakkan tuning machine atau tuning keys. 

2. Tuning Machine/Tuning Keys

Letaknya berada di headstock, biasanya terbuat dari plastik. Tetapi ada juga yang menggunakan bahan besi, baja dan stainless stell. Tak hanya itu, ada juga yang menggunakan emas maupun perhiasaan lain guna mempercantik keindahan gitar. Bagian ini berfungsi untuk menyetem senar gitar.  

3. Nut

Berada di ujung neck/ leher gitar. Bentuknya berupa penyangga yang diletakkan tepat di ujung neck, umumnya berwarna putih. Bagian ini berfungsi untuk menjaga ketinggian senar/ jarak senar terhadap papan (fingerboard). 

4. Fret

Bentuknya berupa garis-garis yang diletakkan di atas fingerboard. Umumnya terbuat dari besi stainless ataupun baja. Bagian ini berfungsi untuk memisahkan nada-nada dari satu kolom ke kolom lain. 

5. Neck

Yaitu leher gitar. Biasanya gitar yang baik memiliki besi penyangga di dalamnya, guna menjaga neck agar tidak mudah bengkok. Neck yang bengkok akan menyebabkan suara gitar mengalami gangguan. 

6. Fingerboard/ Fretboard

Yaitu papan yang berfungsi untuk meletakkan fret-fret sebgai pemisah nada, terletak di atas neck. 
 

7. Lubang resonansi (sound hole)

Lubang tempat mengeluarkan suara gitar. Umumnya berbentuk lingkaran dan terdapat di tengah bodi gitar. Penempatan ini tentunya dimaksudkan agar suara gitar terdengar sepenuhnya. 

8. Bridge/ Tremolo

Yaitu jembatan senar yang menghubungkan dari pangkal ke ujung senar. Terbuat dari kayu dan diletakkan di atas bodi gitar, tak jauh dari lubang resonansi. Berfungsi untuk menghasilkan nada dan mengubah tegangan senar. Bridge yang bagus dipasang dengan cara ditanam, bukan dilem. Hal tersebut akan mempengerahi keawatannya. 

9. Saddle

Bagian ini hampir sama dengan nut, berfungsi untuk mengatur ketinggian senar. Diletakkan tepat di atas bridge dengan cara ditanam. 

10. Bodi

Yaitu tubuh atau tabung gitar.
  
Semoga bermanfaat.



































Posting Komentar untuk "10 BAGIAN GITAR YANG HARUS KAMU TAHU"