Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN FRETBOARD GITAR

CARA MEMBERSIHKAN FRETBOARD GITAR
Cara Terbaik Membersihkan Fretboard Gitar 

Cara Terbaik Membersihkan Fretboard Gitar - Fretboard atau yang bila dibahasa Indonesiakan adalah papan jari pada gitar merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Pada fretboard, fret dan senar menjadi bagian yang paling mendapat pengaruh. Ya, letak mereka memang berada tepat di atas fretboard. Yang satu menempel / menancap (fret), dan yang satu sedikit di atasnya dan hanya menempel ketika ditekan (senar).

Oleh karena itu, fretboard sangat berperan terhadap performa fret, senar, dan tentunya performa gitar secara keseluruhan. Dan hal itulah yang melatarbelakangi artikel ini penulis buat mengingat pengaruh yang cukup besar dari fretboard untuk menjaga performa gitar agar tetap maksimal.

Di samping itu tentunya membersihkan fretboard pasti juga harus bersamaan dengan pembersihan fret serta pembersihan senar gitar yang dapat Kamu baca di sini

Alat dan Perlengkapan Untuk Membersihkan Fretboard Gitar

  • Kain / lap halus

Penggunaan kain/lap halus ini sangat diperlukan. Tentunya secara luas untuk membersihkan benda apa pun itu membutuhkannya bukan? Entah itu membersihakan motor, mobil, maupun mengepel sekalipun juga menggunakan kain/lap.

Pada pembersihan gitar, kain/lap halus juga harus dinomor satukan. Pemilihan lap yang halus harus benar-benar kalian pertimbangkan untuk menjaga fretboard tetap halus dan tidak tergores.

Jika kalian bertanya-tanya mengenai kain/lap apa yang paling tepat digunakan untuk membersihkan fretboard, penulis dengan yakin menjawab gunakanlah lap yang kesat, halus, namun lembut. Sebagai contoh yaitu lap kanebo yang kerap digunakan untuk mencuci motor atau mobil.

  • Sikat

Untuk bisa membersihkan fretboard dari debu dan kotoran secara menyeluruh tentu tidak bisa hanya dengan sekadar mengelapnya begitu saja, melainkan harus disikat agar debu dan kotoran yang menempel pada fretboard benar-benar bisa terangkat dan hilang seutuhnya.

Tak perlu merogoh kocek untuk membeli sikat khusus untuk membersihkan fretboard gitar, Kalian bisa memanfaatkan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Tetapi setidaknya gunakanlah sikat gigi bekas yang masih agak bagus yang masih “ada” (cukup tegak) bulu-bulu sikatnya agar bisa dengan mudah membersihkan fretboard.

Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi Fret Buzz Pada Gitar

  • Amplas halus

Selanjutnya kalian juga memerlukan amplas halus untuk membantu membersihkan debu dan kotoran yang membandel yang khususnya terdapat pada fret gitar. Ingat, gunakan amplas yang paling halus karena di sini yang akan kalian lakukan yaitu sekadar membersihkan, bukan merapikan atau meratakan fret.

  • Cairan pembersih

Sebagai perlengkapan terakhir sekaligus terpenting yang harus kalian siapkan yaitu cairan pembersih fret gitar. Sekarang ini di zaman yang serba maju dan modern ini apa sih yang tak bisa kita dapatkan. Banyak sekali cairan pembersih fret yang telah beredar di pasaran.

Salah satunya yang paling mencuri perhatian penulis yaitu produk pembersih fretboard keluaran terbaru merk Rocksman. Kalian bisa mencarinya di internet dan membelinya secara online. Produk tersebut sangatlah bagus karena selain harganya yang murah dia juga merupakan produk multifungsi. 

Selain untuk membersihkan fretboard, Rocksman juga bisa kalian manfaatkan untuk membersihkan senar gitar. Ya, semua kegiatan perawatan gitar bisa kalian atasi hanya dengan satu buah produk ini. Luar biasa bukan?  

Kalian bisa segera mendapatkannya dengan membelinya di toko-toko musik terdekat maupun secara online. Berikut penampakannya:

Cara Membuat Gitar dari Kardus


Pembersih Senar dan Fretboard Gitar Rocksman

5 Gitar Terbaik Untuk Fingerstyle

Nah, kini semua alat dan perlengkapan yang kalian butuhkan telah siap. Sekarang saatnya berlanjut ke tahap pembersihan fretboard gitar yang akan penulis jelaskan secara jelas step-by-step. Eits, sabar dulu kawan, sebelum kita berlanjut ada hal penting yang ingin penulis sampaikan.

Menurut kalian perlengkapan apa yang biasanya ada dan diperlukan untuk membersihkan part-part gitar yang lain namun kali ini tidak ada? Yups benar sekali, “air”. Umumnya ketika membersihkan apa pun itu air sangat diperlukan. Tetapi dalam kasus ini penulis tak menganjurkan penggunaan air tersebut.

Penggunaan air untuk membersihkan fretboard sudah harus diganti dengan cairan pembersih. Alasannya adalah, selain penggunaan air yang kurang maksimal untuk bisa membersihkan fretboard secara kesuluruhan, penggunaan air terkadang malah menimbulkan karat pada fret dan merusak tekstur dari kayu pada fretboard.

 Maka dari itu, sekarang sudah jelas bahwa penggunaan air sangat tidak dianjurkan!
Oke, langsung saja kita berlanjut ke step-by-step membersihkan fretboard.

Baca Juga: Cara Meletakkan Gitar yang Benar Agar Awet

Langkah-Langkah Membersihkan Fretboard Gitar

  1. Lepas semua senar gitar agar maksimal dalam membersihkannya
  2. Ambil lap kanebo yang telah kalian siapkan dan basahi dengan cairan pembersih secukupnya. Kalian juga bisa menuangkan cairan pembersih itu langsung ke fretboard nantinya apabila terdapat noda membandel yang sukar dibersihkan.
  3. Gosok perlahan bagian fretboard dan semua fret pada gitar satu per satu. Lakukan dengan lembut dan penuh perasaan. 
  4. Langkah terakhir, bersihkan kembali dengan lap kering baru yang bersih dan bukan yang bekas digunakan pertama kali tadi. Dan ingat, jangan tambahkan suatu apa pun pada lap kering baru tadi. Cukup dengan lap itu dan bersihkan secara keseluruhan untuk “membilasnya”.






Posting Komentar untuk "CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN FRETBOARD GITAR"