Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING MUDAH IMPROVISASI LAGU DENGAN GITAR

improvisasi lagu, improvisasi gitar, improvisasi lagu dengan gitar
Cara Improvisasi Lagu dengan Gitar



Cara Mudah Improvisasi Lagu dengan Gitar - Ketika bermain gitar, sobat tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya chord, bukan. Nah, chord sendiri dapat digunakan untuk mengimprovisasi lagu agar lebih "manis" dan enak didengar. Bagaimanakah caranya? Simak langsung teknik improvisasi lagu dengan gitar yang saya bagikan ini. 


Teknik Paling Mudah Improvisasi Lagu dengan Gitar


Bagi sobat yang merasa sudah cukup lama bermain gitar namun tak kunjung berkembang permainannya, mungkin ada yang salah dengan cara berlatih sobat. Sebab, terkadang kebosanan juga sering melanda ketika permainan kita "itu-itu saja", terasa stuck dan tidak berkembang. 

Tenang, masalah-masalah tersebut tak dialami sobat sendirian kok. Semua yang baru belajar gitar juga pernah melaluu fase-fase seperti itu. Nah, untuk bisa menambah "gairah" sekaligus mempermanis permainan gitar sobat, saya akan meberikan sebuah teori dan tutorial latihan yang bisa sobat praktekan langsung. 

Improvisasi Lagu dengan Gitar: Metode Chord


Ketika sobat bermain gitar, pasti ada lagu yang sobat mainkan, bukan? Entah itu lagu dari band-band favorit sobat, atau malah justru lagu buatan sendiri. Hehehe. 

Nah, ketika sedang mendengarkan lagu yang sobat sukai, pernah terbayang tidak untuk bisa mengubahnya ke dalam aransemen sendiri yang "enak" dengan hanya menggunakan alat musik yang namanya gitar? 

Seringkali ketika gitaris pemula memainkan sebuah lagu, mereka hanya mengandalkan metode searching di internet, chord-chord lagu yang dibagikan gratis di situs-situs musik atau chord gitar. Tapi tahukah sobat, kalau cara seperti itu sebenarnya sangatlah keliru? 

Dengan cara bermain gitar hanya dari hasil browsing chord di Google, lalau memainkannya polos, persis, sama plek dengan yang tertulis, inilah sebenarnya kunci dari sebab permaian gitar tidak berkembang. 

Lantas, bagaiman caranya agar permainan gitar saya berkembang, Mas?


Untuk bisa mengembangkan permainan gitar, kalian harus bisa yang namanya teknik improvisasi chord gitar. Ke depannya, teknik improvisasi gitar ini akan banyak berguna, termasuk agar lagu yang kita mainkan bisa terdengar lebih enak dan bukan terasa standar-standar saja seperti saat sobat memainkan chord-chord gitar yang dibagikan di internet, yang tak jelas dari mana asal usulnya. 


Bagiamana cara improvisasi lagu dengan chord gitar itu, Mas?


Cara untuk improvisasi lagu memakai chord gitar itu sebenarnya simpel sederhana, yaitu dengan menggunakan yang namanya "bridge chord". 


Cara Improvisasi Lagu dengan Gitar: Teknik Bridge Chord 


Bridge chord atau chord jembatan, chord penghubung, kunci sambung atau apa pun itu namanya adalah sebuah chord atau kunci gitar yang diselipkan pada perpindahan suatu chord. Hal ini sangat penting untuk sobat kuasai agar bisa dengan mudah mengimprovisasi sebuah lagu dengan gitar yang sobat miliki. 

Bagaiamana cara menggunakan bridge chord, Mas?


Untuk menggunakan metode bridge chord sebagai sarana improvisasi lagu, sebenarnya cukup mudah. Kita hanya harus menyelipkan satu, dua, atau tiga chord bahkan lebih (jika memungkinkan) dalam progresi chord standarnya. 

Sebagai contoh ketika kita sedang memainkan sebuah lagu dari scale C. Misalnya lagu dari Peterpan yang judulnya "Semua Tentang Kita". Di mana progresi pada bagian verse-nya, pada baris pertama dan keduanya, chord-nya adalah sebagai berikut:


C           Em    Am             Em  

Waktu terasa semakin berlalu 

F                C        Dm       G

Tinggalkan cerita tentang kita 


Coba sobat perhatikan chord-chord gitar tersebut. Ketika memainkannya secara standar, kita akan membunyikan ke-delapan chord tersebut, namun sebenarnya di antara perpindahan chord-chord itu, kita bisa menyelipkan yang namanya bridge chord.  


Gunanya untuk apa, bridge chord itu, Mas?


Ya, seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Brdige chord merupakan metode yang paling ampuh dan sederhana untuk mengimprovisasi lagu menggunakan gitar.Untuk cara pengaplikasiannya sendiri bisa sobat simak seperti di bawah ini. 


Penggunaan Bridge Chord dalam Lagu


Ketika suara vokal sebuah lagu kita dengarkan, coba amati dengan baik-baik, pastii ada jeda-jeda tertentu yang digunakan penyanyi untuk mengambil napas. Hal ini bukan tanpa tujuan, sebenarnya hal tersebut juga bermaksud memberikan efek "relaksasi" kepada pendengar. Dalam artian pendengar juga diberi kesempatan untuk meresapi liriknya dna mendapatkan "feel"-nya. 

Nah, pada momen tersebut adalah timing yang pas untuk kita menambahkan bridge chord. Dengan penggunaan bridge chord yang tepat, kita akan menambahkan efek "dramatis" dari lagu yang kita mainkan sekaligus membuatnya menjadi sesuatu yang baru, yang menjadikannya lebih manis dan lebih enak didengar. 

Untuk tahap awal, aplikasikan bridge chord di penghujung baris lagu. Jika pada contoh lagu "Semua Tentang Kita" dari Peterpan (sekarang NOAH) itu berarti sobat hanya perlu menambahkan bridge chord di sela-sela antara ujung satu kalimat lirik lagunya. 

Bila kita rangkaikan, sebenarnya dua baris lirik lagunya, pada bagian verse pertamanya, itu kan menjadi satu kalimat yang utuh. Nah, sebelum masuk pada baris berikutnya (Akan tiada lagi kini tawamu, tuk hapuskan, bla-bla, bla,...) terasa sekali ada jeda yang lumayan panjang, bukan?  Saat itulah kita selipkan bridge chord

Setelahnya, kalau sudah mulai menguasai teknik ini dan mengaplikasikannya dengan tempo yang benar, kita bisa menyelipkan lebih banyak lagi bridge chord untuk menambah variasi nadanya, seperti pada jeda antara baris pertama dan kedua, atau bahkan dalam satu baris. Contoh, masukkan bridge chord di antara sela-sela progresi chord C ke Em, Em ke Am, Am ke Em, dan seterusnya. 

Bagaimana bentuk bridge chord itu?

 

Bentuk-Bentuk Bridge Chord Pada Gitar


Sebenarnya bentuk-bentuk dari bridge chord itu sangat banyak dan beragam. Biisa sampai ribuan variasinya. Namun, untuk mengimprovisasi lagu dengan mudah, maka akan saya berikan bentuk yang paling sederhana saja untuk sobat aplikasikan. Supaya nanti bagi sobat yang masih baru belajar gitar tak begitu kesulitan dalam pengaplikasiannya. 


Baca: Rumus Dasar Pembentukan Chord


Passing Chord Sederhana

Pola progresi chord pada suatu family chord akan menjadi dasar dari penggunaan bridge chord ini. Untuk sobat yang belum paham soal family chord, bisa dibaca pada postingan saya yang sebelumnya. 

Nah, untuk pengaplikasiannya sendiri  seperti ini:

Dalam lagu "Semua Tentang Kita", di ujung chord terakhirnya, yaitu chord G, sebelum kembali lagi ke chord C, kita bisa selipkan chord 7, atau dominant 7. Jadi progresinya akan menjadi seperti ini:

C Em Am Em, F C Dm G G7, baru masuk C lagi. 

Perhatikan dengan seksama, chord G ditambahkan chord G7 sebelum kembali masuk ke chord C. Ini adalah bridge chord dengan bentuk paling sederhana yang bisa sobat gunakan untuk improvisasi lagu dengan gitar. 

Selain bisa menggunakan bridge chord dominant 7 seperti cara di atas, sebenarnya masih banyak lagi chord lain yang bisa dipakai, seperti chord 9, 11, 13, dan lain-lain. Ada juga metode improvisasi lagu dengan gitar yang lainnnya seperti passing note, melodi chording, dan lain sebagainya yang nantinya akan saya bahas tersendiri pada materi lain yang khusus mengupas tuntas terkait bridge chord.


Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "CARA PALING MUDAH IMPROVISASI LAGU DENGAN GITAR "