Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT GITAR DARI KARDUS

gitar kardus, cara membuat gitar kardus
Cara Membuat Gitar Kardus


Cara Membuat Gitar Dari Kardus - Salah satu alat musik yang paling enak untuk dimainkan adalah gitar. Tak pelak banyak yang tertarik belajar gitar. Namun demikian, sebelumnya apakah sobat tahu cara membuat gitar itu sebenarnya bagaimana? 

Nah, pada artikel kali ini saya kan men-share cara membuat gitar dari kardus. Ya, hal ini mungkin  terdengar lucuya. Barngkali akan timbul pertanyan-pertanyaan seperti ini:

Mana bisa gitar dari kardus dimainkan?

Yups, memang benar, tujuan membuat gitar dari kardus ini bukan untuk dimainkan dalam artian yang sebenarnya ya sob, melainkan hanya untuk replika atau miniatur belaka. 

Lalu gunanya untuk apa, Mas?

Untuk kegunaanya sendiri tergantung kebutuhan, bisa untuk sekedar hiasan, atau untuk mainan anak-anak. Ya, anggap saja ini adalah tahapan awal untuk mengenalkan gitar kepada anak sebelum diajarkan cara memainkannya. 

Tertarik ingin bisa membuat kerajinan gitar dari kardus yang unik bin menarik ini? Simak tutorial yang saya bagikan kali ini. 


Cara Membuat Gitar Dari Kardus


Berikut ini adalah persiapan dan bahan yang harus sobat sediakan untuk membuat gitar dari kardus. Sebagai catatan, cara membuat gitar dari kardus ini dikhususkan untuk pembuatan gitar mini, gitar kecil, atau sebut saja ukulele ataupun kentrung. 

Sebenarnya bisa saja membuat gitar dari kardus yang hasilnya gitar ukuran standar atau besar. Tapi akan sedikit lebih susah dan lama pengerjaannya. Selain itu, sobat juga harus menyiapkan kardus yang besar agar mudah membentuknya. Seperti kardus almari, mesin cuci, dan lain sebagainya. 


Okee, langsung saja simak cara membuat gitar dari kardus bekas. 


Bahan-Bahan Untuk Membuat Gitar Dari Kardus


Berikut adalah bahan-bahan membuat gitar dari kardus yang harus disiapkan:


Kardus bekas

Gunakan kardus bekas, bisa bekas kardus apa saja. Dapat berupa kardus bekas produk-produk elektronik ataupun perabot rumah tangga yang lainnya. Sesuaikan dengan ukuran gitar yang akan kita buat. 

Gunting Kertas

Siapkan gunting kertas yang tajam. Kalau perlu beli gunting kertas yang baru agar bisa maksimal kita gunakan untuk memotong bahan-bahan membuat gitar dari kardus bekasnya nanti. 

Benang/Senar

Siapkan pula benang karet atau senar yang ukurannya pas untuk membuat senar gitarnya nanti. Atau kalau mau bisa pakai senar gitar yang sungguhan, seperti senar nilon agar miniatur gitar dari kardus ini nanti akan benar-benar tampak seperti real, aslinya gitar. 

Bor


Siapkan juga bor yang nantinya akan kita gunakan untuk melubangi kardusnya. Kalau tidak ada bor, bisa menggunakan benda tajam lainnya seperti pisau kecil, cutter/pemes, dan lain sebagainya. Namun kita harus kerja ekstra dan lebih sabar karena harus mnyesuaikan ukuran berkali-kali. Lebih praktis menggunakan bor saja karena lebih cepat dan efisien. 

Lem Perekat


Siapkan pula lem perekat. Bisa menggunakan lem super glue atau dengan lem castil, lem fox, dan lain sebagainya sesuai selera dan kebutuhan. 

Langkah-Langkah Membuat Gitar Dari Kardus


1. Membuat Pola Gitar

pola gitar, gitar kardus
Membuat Pola Gitar Kardus


Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat pola gitarnya. Bisa diukur sesuai selera dengan mengarsir dulu kardusnya menggunakan pensil, pulpen, ataupun spidol untuk menandai nanti polanya yang akan dipotong. 

Pola di sini maksudnya adalah pola dasar bodi gitarnya, dari mulai pangkal bodi gitar sampai ujungnya pada bagian headstock atau kepala gitar. Buat beberapa lapis, tiga sampai lima lapis agar tebal dan nampak seperti gitar sungguhan. 

Untuk desainnya sendiri terserah mau dibuat model yang bagaimana. Sesuaikan dengan selera sobat masing-masing. Mau dibuat seperti model gitar listrik dengan cuteway-nya yang tajam atau model gitar klasik yang tanpa cuteway dan berbagai macam desain gitar yang lain. 


2. Menyatukan Pola Gitar Kardus

menyatukan pola, gitar kardus
Menyatukan Pola Gitar Kardus


Langkah selanjutnya adalah menyatukan pola bodi gitar yang sudah kita buat sebelumnya. Jadikan satu beberapa lapis yang sudah kita buat sebelumnya (banyaknya lapisan tergantung pada ketebalan kardus yang kita gunakan). Kemudian beri lem untuk menjadikannya satu kesatuan yang cantik. Pastikan lurus dan merekat dengan baik. 


3. Bor Kardus

Selanjutnya, kita bisa mengebor kardusnya untuk membuat bridge dan nut sekaligus pin senar gitarnya. Kemudian buatlah bridge dan nut-nya masukkan ke lubang yang sudah kita bor tadi. Tempelkan dan beri lem perekat. 


4. Masukkan benang atau senar

Masukkan senarnya di jalan lintasan dari bridge sampai nut yang sudah kita buat. Tambahkan beberapa lubang lagi di headstock / kepala gitar untuk membuat serupa tuning peg gitar. Gitar pun  selesai dibuat dan siap dimainkan. Eh, ini lan hanya miniatur. gitar ya. Okee, kalau begitu gitarnya kita berikan kepada anak-anak untuk mainan atau dibuat hiasan. 

Oh ya, sebenarnya kalau mau tambah bagus lagi gitarnya bisa ditambahkan pewarna, stiker, dan variasi-variasi lainnya yang menarik sesuai dengan selera. Karena pada tutorial ini hanya menjelaskan rancangan dasarnya. Untuk variasi yang lain, bisa sobat sesuaikan sendiri sesuai dengan kreativitas sobat. 


Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT GITAR DARI KARDUS"