Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN, PENYEBAB, DAN CARA MENGATASAI FRET BUZZ ATAU NGEPREK PADA GITAR


Jika Kamu hobi bermain gitar, Kamu pasti tak asing lagi dengan salah satu penyakit gitar ini. Tetapi mungkin masih banyak juga yang belum mengenalnya, atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali. Oleh karena itu, mari kita kupas tuntas mengenai fret buzz.

Fret buzz ini terbilang penyakit gitar yang paling sering terjadi dan sangat menjengkelkan. Kasusnya biasanya seperti ini. Suara salah satu atau beberapa senar gitar pada fret-fret tertentu ada yang terdengar fals. Suaranya terdengar ngeprek gak karuan, matilah, falslah.

Di samping itu, ada juga yang mengeluh senar tidak bisa bergetar secara maksimal. Sebenarnya semua intinya sama, ya inilah yang dinamakan fret buzz.

Kasus fret buzz ini hampir mirip dengan neck bengkok, dan kedua penyakit gitar tersebut kebanyakan terjadi dalam satu paket. Keduanya menyebabkan suara yang keluar dari senar tak terdengar maksimal, karena adanya benturan / gesekan dengan fret.

Jika terus dibiarkan, lama kelamaan minat Kamu dalam bermain gitar akan semakin berkurang, karena suara gitar yang tak enak didengar. Yang lebih parah lagi, fret buzz ini terjadi tidak hanya di beberapa senar pada fret tertentu, tetapi hampir di semua senar di banyak fret mengalami gangguan tersebut.

Sekarang kita tengok ke penyebabnya. Biasanya, jika fret buzz terjadi pada fret-fret awal (1-3), disebabkan karena nut yang terlalu rendah. Atau bisa juga posisi slotnya dan posisi fretnya yang kurang rendah. Intinya ketinggian fret tidak sama.

Kalau terjadi di fret-fret selanjutnya (sampai di nada tinggi), hal ini dikarenakan ketinggian fret yang tidak sama. Tinggi fret yang tidak sama juga diakibatkan beberapa hal, seperti: stelan bridge yang kurang pas (kurang tinggi / kurang rendah), pengerjaan fret yang tidak rapi atau tidak rata, fret yang sudah terkikis karena usia. Itulah beberapa penyebanya.

Untuk cara mengatasinya, Kamu bisa mengikir bagian fret yang menyebabkan bunyi buzz ini. Patokannya seperti ini, coba Kamu tekan senar di fret manapun yang bunyinya buzz / ngeprek. Kita ambil contoh di fret 5. Jika fret buzz terjadi di fret 5 berarti fret depannya yang harus Kamu kikir, alias di fret 6 (besi fret yang menempel tepat di sebelah kanan fret 6). Jika sudah, jangan lupa Kamu amplas agar fret kembali halus.

Selain itu, Kamu juga bisa memukul / menggetok fret menggunakan palu kecil bila Kamu melihat pemasangan fret yang kurang rapat (fret terbuka / terangkat). Tapi awas! pelan-pelan saja. Biasanya pemasangan fret yang kurang rapat dan tidak menancap baik pada fretboard menyebabkan senar sering tak sengaja tersangkut di fret, terutama di senar satu karena ukurannya yang lebih kecil.

Namun demikian jika tak tahu menahu dan kurang berpengalaman, ada baiknya Kamu bawa saja ke tukang servis gitar atau orang-orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Jangan menerka-nerka dan memberi kesimpulan sendiri. Bila Kamu kurang berpengalaman akan riskan terjadi kesalahan, dan justru akan membuat kondisi gitar semakin parah.

Semoga bermanfaat.

51 komentar untuk "PENGERTIAN, PENYEBAB, DAN CARA MENGATASAI FRET BUZZ ATAU NGEPREK PADA GITAR"

  1. kebetulan.. sy mau tanya tentang gitar nie,, gitar saya nggeber suaranya knp y,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin bisa disebabkan karena masalah di atas, atau bisa juga karena necknya yang bengkok. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Oh gitu ya um,jadi refrensi buat belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  3. wah nambah ilmu nih gan :D thanks :D

    BalasHapus
  4. Gitar ane juga gini gan pas di bending bunyi kresek". Dicoba dlu deh mksh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas dibending berarti ya fret yang dikikir ya yang pas dibending itu mas. Silahkan mencoba, pesan saya hati-hati.

      Hapus
  5. kebetulan nih soalnya akhir tahun harus ada pentas di sekolah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gitarnya juga bermasalah ya? Keren juga tuh mau pentas di sekolahan. Semoga berhasil.

      Hapus
  6. Klo suara gitar mnjadi cempreng knp ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu biasanya karena faktor usia gitarnya. Kalau gitar sayur biasanya memang semakin lama semakin cempreng karena kualitas kayunya yg buruk lama kelamaan semakin menurun dan tak mampu menangkap getaran bunyi dengan maksimal lagi. Bisa juga karena senarnya yang tak cocok dengan gitarnya.

      Yang perlu sobat lakukan, pastikan tidak ada kebocoran tabung gitar atau kerusakan part yang cukup fatal. Coba berikan minyak kayu putih di dalam tabung gitar, insya Allah akan ada sedikit perubahan.

      Hapus
    2. Berarti gitarnya masuk angin dong wkwk

      Hapus
  7. Kalau senarnya yg getarannya berlebihan gmn cara ngatasinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu tidak ada cara lain selain mengganti senarnya sob. Hal itu sangat wajar terjadi pada senar gitar yang sudah berumur dan sudah dipenuhi karat-karat ataupun debu.

      Hapus
  8. Gan kalo yg buzzy senar 4,5,6 di fret 2 itu gmn ya , cmn disitu doang yg gitu .. Senar 1,2,3 gk buzz di fret 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat dulu senarnya gan. Kalau udah jelek ganti saja. Bisa jadi itu karena fret yang sudah terkikis sehingga menjadi tidak rata.

      Hapus
  9. Tlong gan sy bru bli gitar buz pd freet 12 13 14 sudh sy amplas tp ttp buz .. freet udh agk tipis gmna cranya biar ga buz mlu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba trussroadnya di puter agar tinggian jarak senar dna fretnya. Bisa jadi itu karena terlalu ceper.

      Hapus
  10. Gitar ane di senar 5 hampir semua freet ngebuz. Khusus di senar 5 aja. Itu kenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti senar dengan yang lebih kecil. Putar trussroadnya agak tinggi. Jangan terlalu ceper senar sama fretboard jaraknya.

      Hapus
  11. kalo senar yang suaranya ngiing itu karena apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena senarnya yang sudah jelek atau gak cocok.

      Hapus
  12. Senar gitar saya no.6 (bass) saat dipetik suaranya pecah. Tapi belum saya cek sih freet nya

    BalasHapus
  13. Kak saya mau tanya... Gitar saya sudah benar stemannya tetapi senarnya rasanya kendor banget. itu cara ngatasinnya gimana yak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus disetting ulang itu neck, bodi, bridge, tuning pegnya biar normal lagi. Atau bisa jadi ada kebocoran di bodi gitar atau kualitas kayunya yang sudah kurang bagus. Kalau seperti itu cenderung susah dibetulkan dan waktunya diistirahatkan.

      Hapus
  14. Gan kalo gitar suara sring nya kurang keluar itu penyebab senarkah atau apa ? Soalnya saya baru beli yamaha fs100c. Terimakasibgan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti senar yang ukuran diameternya lebih besar. Cari yang tipe full brigh tone.

      Hapus
  15. assalamu alaikum ..mas tek u gitra merek fujiyama 2008 itu antara jarak dan freddnya tinggi .mas dan suarae glambyar makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus direndahin jarak senar ke fretboardnya. Ambil kunci L gitar, putar ke kanan/searah jarum jam.

      Hapus
  16. Thanks bro, infonya. Bermanfaat, gini bro aku pnya gitar baru gitar standar harga 900an, udah pakek 6 bulan, gara gara gak sngaja aku cabut nut depannya, ko malah cempreng difret ke 4 sama 5, stlah dpsang kembali, udah usah pasang dgn caraku, tapi hasilnya malah tambah parah, gmna ya bro solusinya, mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nut apa fret? Kalau nut harus dilem lagi dan harus pas. Kalau fret ya sama harus dikembalikan semula dilem dengan rekat. Amplas kalau perlu.

      Hapus
  17. Bang Tolong infonya Dong,Senar 4 Gitar saya di semua fret ,Suaranya Fals atau bergetar,Senarnya sudah di ganti,tapi tetap aja seperti itu,Cara Ngatasinya Gimana Ya,Kalo Ngetok Atau Amplas saya takut nanti tambah rusak,mohon infonya ya,terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa aja ke tukang servis gitar Sob. Kalau salah malah bahaya itu. Harusnya kalau sudah pengalaman bisa dengan cara diamplas dikit-dikit fretboardnya. Kalau susah lepas dulu, pasang lagi.

      Hapus
  18. Dari kolom 1 sampai 12 senar ane mati/buzz. Solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keceperan itu senarnya, putar trussroadnya ke bawah agar jarak senar ke fretboard agak tinggian.

      Hapus
  19. Okee terima kasih. Sukses juga untuk Anda.

    BalasHapus
  20. Pertama tali 3 gak bisa distel , udh diputar besinya pakai kunci L ke arah jarum jam ( kanan ) tali 3nya udh bisa , tapi malah tali 6nya yg bergetar berlebihan di kolom 1-4 , tapi di kolom 5 udh normal itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biasanya karena fretnya tidak rata. Amplas fret satu kolom di depan senar yang bergetar.

      Hapus
  21. Kak Saya Punya Gitar Tapi Ngeprek SuaraNya Udh DiPasang Kapo Tetep Aja Bgtu InfoNya Gimna Ya Kak 😊 GrifNya Apa KapoNya Ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Necknya bengkok atau fretnya ada yang kekikis. Harus dirapihin lagi itu.

      Hapus