Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN SENAR GITAR

CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN SENAR GITAR
Cara Terbaik Membersihkan Senar Gitar 

Membersihkan senar kelihatannya memang hal yang sangat sepele. Akan tetapi, sebenarnya kebiasaan tersebut sangatlah bermanfaat. Dengan rajin membersihkan senar, otomatis keawetan dari senar juga tetap terjaga, khusunya dari debu-debu dan kotoran.

Pro dan Kontra

Penulis percaya sampai detik ini pun banyak yang masih malas untuk membersihkan senar gitar. Kebanyakan dari kita sering meremehkan manfaat dari membersihkan senar gitar sehingga mengesampingkan kebiasaan positif tersebut.

Penulis sering mendengar orang-orang (pemain gitar) yang bilang seperti ini,” Buat apa sih membersihkan senar ? Toh kalau tanpa dibersihkan sekalipun masih kuat beberapa bulan. Kalau pun harus beli lagi yang baru kan juga tak masalah, paling harganya berapa sih?”

Kata-kata seperti itu kerap terlontar dari (maaf) mulut para gitaris yang kurang paham atau istilahnya kurang berpengalaman lah. Seorang gitaris yang sudah berpengalaman dan telah lama berkecimpung di dunia pergitaran sudah pasti paham betul tentang manfaat membersihkan senar gitar.

Kapan senar harus dibersihkan?

Masih bingungkah Kamu kapan senar harus dibersihkan? Tenang saja artikel ini masih berlanjut.

Sebenarnya tak ada batasan atau patokan yang pasti kapan senar harus dibersihkan. Ya, selama senar itu terlihat kotor, apa salahnya sih kita bersihkan. Akan tetapi, ada baiknya setiap selesai memainkan gitar, Kamu harus membersihkannya.

Atau kalau Kamu sendiri jarang memainkannya, setidaknya Kamu bisa membersihkannya setiap seminggu sekali. Tetapi penulis lebih menyarankan agar Kamu rajin membersihkannya setiap hari. Ya, tak perlu setiap selesai memainkannya.

Mengapa demikian?

Penulis rasa membersihkan senar setiap hari itu sudah cukup. Toh, kalau kita sering memainkannya (sehari beberapa kali), kita akan kerepotan bila selalu membersihkannya seusai kita gunakan untuk berlatih.

Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

Dan ini dia yang pasti Kamu tunggu-tunggu. Ya, cara membersihkan senar gitar. 

Sebenarnya membersihkan senar cukup mudah. Hanya dengan mengelap senar menggunakan tisu atau kain halus secara lembut dan perlahan. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan air untuk membersihkan senar, hal tersebut malah bisa membuat senar cepat berkarat dan rusak.

Disamping itu, Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan produk string cleaner yang banyak dijual di pasaran. Nah, sebagai rekomendasi terbaik dari penulis yang terakhir, gunakanlah GHS Fast Fret string cleaner. Kamu bisa membelinya di toko-toko musik terdekat, atau Kamu bisa membelinya secara online di penjual atau situs-situs jual beli online yang sudah terpercaya.



Posting Komentar untuk "CARA TERBAIK MEMBERSIHKAN SENAR GITAR"