Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CIRI-CIRI SENAR GITAR YANG BAGUS

senar gitar, ciri senar gitar yang bagus
Ciri Senar Gitar yang Bagus


Ciri-Ciri Senar Gitar yang Bagus - Gitar adalah alat musik yang sangat fun untuk dimainkan. Demi menunjang performanya, dibutuhkan juga senar yang berkualitas untuk memaksimalkan potensi dari gitar yang kita miliki. 

Nah, sebelum sobat membeli senar gitar, ada baiknya sobat mennyimak artikel pembahasan saya kali ini tentang ciri-ciri senar gitar yang bagus. Sebab ini akan bisa menjadi panduan yang bermanfaat untuk sobat agar tidak salah dalam memilih senar gitar yang tepat untuk gitar kalian. 


Ciri-Ciri Senar Gitar yang Bagus dan Berkualitas


1. Memiliki Lapisan Coated


Ciri pertama yang bisa ditemukan pada senar gitar yang bagus adalah memiliki lapisan coated. Coated alah istilah untuk lapisan terluar dari jalinan senar gitar yang melindunginya dari karat. 

Coba sobat perhatikan pada kemasan senar-senar gitar yang banyak beredar di pasaran. Biasanya bila senarnya menggunakan teknologi coated, pada cover senarnya akan tertulis "with coated", ataupun menyertakan keterangan yang intinya menunjukkan kalau string itu ada coated-nya. 

Namun, kadang kala saya juga mendapatkan satu pertanyaan yang agak lucu dari teman-teman maupun sobat pembaca blog ini:

Kalau senar gitar ada lapisan coatednya, berarti tidak bisa berkarat ya, Mas?

 

Tentu saja jawabannya tidak. Mana ada senar yang tidak bisa berkarat. Lambat laun kalau sering kita mainkan, pasti sekalipun itu senar gitar yang bagus dan mahal, mau punya lapisan coated setebal apa pun, lama kelamaan pasti juga akan berkarat dan kehilangan peforma terbaiknya. 

Jadi yang benar adalah, dengan adanya lapisan coated pada senar gitar, akan menjadikannya lebih awet dan tahan karat daripada senar gitar biasa yang tak menggunakan teknologi coated

Lalu, ada juga yang bertanya seperti ini


Lah, kalau begitu biasanya senarnya bisa kuat tahan berapa lama, Mas?


Pada dasarnya, senar gitar dari merek apa pun itu, mau sebagus apa pun, tetap saya lebih menyarankan untuk sering diganti kalau ingin senar enak dan maksimal ketika kita mainkan, entah untuk teknik petikan maupun strumming

Saya menyarankan kalau gitar sering dipakai, dua atau tiga bulan saja sudah harus diganti senar yang baru. Jangan pernah menunggu putus satu atau dua baru ganti ya sob. Dan ingat, kalau mau mengganti senar gitar ya harus satu set, jangan campur-campur, bongkar pasang satu dua senar saja, karena itu sangat tidak bagus. 


Baca: Review Senar Gitar Akustik Merk Pyramid


2. Senar Gitar yang Empuk


Ciri yang berikutnya kalau senar gitar bagus itu ya kalau ditekan, kita gunakan untuk main terasa empuk dan tidak membuat jari kita sakit. Akan tetapi, hal ini juga bergantung pada settingan action dari  gitar kita. Seberapa tinggi dan rendahnya jarak senar ke fretboard

Tension gitar juga tergantung dari material apa yang dipakai pada senar gitar. Selain itu juga ukuran ketebalan senar berperan penting dalam menentukan seberapa "empuk' sebuah senar ketika ditekan. Pada senar gitar akustik steel, umumnya semakin tebal ukuran diameternya maka akan semakin keras,. dan semakin kecil diameternya akan terasa lebih empuk. 

Namun demikian, hal ini tak bisa menjadi satu-satunya faktor yang menntukan senar gitar itu empuk atau tidak. Kembali lagi tergantung pada bahan dan proses serta teknik pembuatannya. Coba perhatikan nylon string pada classical guitar, ukurannya kan cenderung tebal-tebal, bukan? Namun nyatanya tetap empuk saat digunakan, jauh lebih empuk dari accoustic steel string biasa. 



3. Jenis Bahan Senar


Jenis bahan yang digunakan pada senar gitar menjadi salah satu hal paling krusial yang menetukan ciri senar gitar yang bagus atau tidak. Inilah juga yang mempengaruhi faktor dari seberapa empuk atau tidaknya senar gitar seperti pada poin dua sebelumnya. 

Kalau begitu, apa saja bahan-bahan senar gitar, Mas?


Berikut ini adalah jenis-jenis bahan yang umum digunakan pada steel guitar strings

80/20 Bronze: 

Bahan senar gitar ini adalah yang paling umum dan yang paling banyak digunakan oleh gitaris-gitaris di seluruh dunia, baik yang level pro maupun newbie sekalipun. Karakter suaranya cenderung bright. Sangat cocok bila dipakai untuk bermain lagu-lagu yang banyak menggunakan teknik strumming dan punya suasana yang cenderung ceria.

Phosphor Bronze

Senar gitar yang menggunakan bahan ini adalah senar gitar "sakti" untuk bermain akustik solo gitar, a.k.a fingerstyle guitar. Karakter suaranya begitu brilliance. Sangat cocok untuk bermain lagu-lagu yang banyak mengaplikasikan teknik petikan dan sangat bagus untuk menunjang permainan aransemen fingerstyle guitar dengan ciri khas tone-nya yang sangat balance.

Silk Steel 

Gitar yang menggunakan bahan silk steel memiliki ciri khas tone-nya yang cenderung mellow. Sangat bagus untuk menunjang permainan gitar yang memainkan lagu-lagu berirama santai, lembut, dan bernuansa sedih. Sangat tepat juga untuk bermain musik-musik jazz dengan banyaknya chord "miring" nya.

Flat Tops

Senar gitar dengan bahan flat tops juga memiliki karakter yang mellow, namun agak lebih bright bila dibandingkan dengan senar gitar berbahan phospor bronze, silk steel, maupun 80/20 bronze. 

Senar gitar ini sangat enak dan nyaman dipakai untuk pemula sekalipun karena sangat "empuk". Karakternya hampir mirip senar nilon, low tension, tapi tetap senar ini aadalah steel strings. Sebuah perpaduan yang sangat menarik. Senar ini sangat cocok untuk digunakan dalam bermain musik-musik jazz dengan nuansa yang romantis. 


Selengkapnya bisa sobat baca di sini 


4. Ukuran Diameter Senar Gitar


Ciri-ciri senar gitar yang bagus selanjutnya dapat dilihat dari ukuran senar. Ini juga hal penting yang harus sobat perhatikan sebelum membeli senar gitar. Sebab, salah memilih ukuran senar dapat berakibat fatal pada gitar sobat. 

Jangan bilang masih ada yang bertanya dengan lucu semacam ini:

Kalau gitar klasik dipasangin senar gitar steel gimana, Mas, atau sebaliknya?

 

Sangat lucu memang. Pada dasarnya, produsen senar gitar itu sudah membuat senar gitar sedemikian rupa yang  sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Akan dimainkan untuk gitar jenis apa, bahkan lebih spesifik lagi seperti untuk bermain genre musik apa, teknik yang bagaimana, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, jangan "ngaco", mengutak-atik pemakaian senar gitar yang bukan pada tempat dan porsinya. Salah-salah malah bisa membuat gitar sobat rusak. 

Seringkali saya menemui gitar-gitar klasik nilon yang neck-nya bengkok karena dipasangi senar gitar akustik steel. Parahnya lagi, sebagian besar gitar klasik low end sampai medium tidak menggunakan trussroad pada neck-nya, sehingga kalau sudah bengkok akan sangat merepotkan dan susah untuk diperbaiki.

Selain itu, gitar akustik pun juga tidak boleh dipasangi senar gitar dengan asal-asalan. Misalnya saja gitar sobat adalah travel guitar  dengan ukuran mini 3/4, ya jangan dipasangkan senar dengan diameter 0,12, itu kan diameter besar yang pasnya memang untuk gitar-gitar dengan tabung jumbo. Salah-salah seperti kasus pertama, neck gitar bisa bengkok dan bahkan tak menutup kemungkinan lambat laun neck gitar malah bisa patah juga. 

Nah, seperti pada poin tension. Senar gitar yang bagus biasanya meski besar, tapi masih tetap "empuk" dan nayaman dipakai, sebab bahan yang bagus dan tension yang dibuat seminimal mungkin namun dengan kualitas tone yang di-setting semaksimal mungkin. 

Nah, itu dia ciri-ciri senar gitar yang bagus. Semoga bisa menambah referensi sobat dan dapat menjadi panduan bagi sobat semua yang ingin membeli senar gitar baru. 


Baca juga: Review Senar Gitar Merk Fuji


Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "CIRI-CIRI SENAR GITAR YANG BAGUS"