Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW SENAR GITAR MERK FUJI

senar gitar, review senar gitar fuji


Berbagai macam merk senar gitar setiap waktu terus mengalami perkembangan. Demi menciptakan string yang berkualitas, banyak produsen senar gitar yang meluncurkan produk-produk barunya ke pasaran.

Walaupun demikian, merk-merk lama tidak bisa dengan begitu saja terhapuskan. Nama-nama besar brand lama yang sudah terlanjur punya ruang tersendiri di hati para pencinta gitar tentunya tak mudah untuk disingkirkan.

Salah satu brand lama string gitar yang paling populer yaitu adalah 'fuji'. Brand senar gitar ini memang sudah lama dikenal dan melekat di hati kaum gitaris. Selain karena harganya yang ramah di kantong, senar ini juga memiliki keawetan yang bisa dibilang sesuatu yang cukup membanggakan.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari senar fuji ini? Simak ulasan di bawah ini. 

Kelebihan:

  • Minim Noise
Sebuah poin penting yang menjadi tolak ukur dari kualitas string yang baik adalah kualitas suara yang dihasilkan. Dimana pada brand fuji ini mampu menampilkan performa suara yang cukup mumpuni. Dimana nada yang dihasilkan bisa nampak terdengar clear dan minim noise. 

Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi kita yang suka bermain gitar lewat ampli. Dimana kita tidak perlu terlalu repot untuk menyiapkan segala macam efek agar membuat suara yang dihasilkan gitar kita mampu terdengar bagus.

  • Awet dan Tahan Lama 
Senar fuji juga memiliki kualitas keawetan yang sangat baik. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, senar ini mampu tetap menghasilkan performa seperti saat masih baru pada usia lebih dari tiga bulanan untuk pemakian wajar setiap hari.

Disamping itu fuji juga merupakan brand yang konsisten dalam menghasilkan senar yang tahan karat. Meski terkadang sudah terlihat banyak debu dan kotoran yang menempel di senarnya, senar ini tetap mampu bertahan dari karat untuk setidaknya waktu yang lebih lama.

Bahkan penulis berani menjajarkan brand ini dengan brand lain yang lebih high class atau premium. Sungguh pengalaman yang cukup memuaskan untuk string yang bisa dibilang low end ini.

Baca: Tips Ampuh Merawat Gitar agar Awet dan Tahan Lama

  • Nyaman di Jari
Memiliki ukuran string yang kecil terutama pada senar kesatu, dua, dan tiganya adalah suatu hal yang snagtlah menguntungkan untuk setiap gitaris. Apagi bagi yang suka bermain melodi, pasti tidak akan kesusahan atau merasa kesakitan di jari ketika harus berlama-lama bermain gitar. 

Pada senar satu, dua, dan tiga brand fuji ini memang tidak menyematkan lapisan ulir atau lilitan sehingga demikian senar ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan lembut.  Untuk ketiga senar bassnya juga memiliki ukuran yang cukup ideal dan pas di jari.

Baca: Cara Paling Ampuh Melenturkan Jari ketika Bermain Gitar

  • Fleksibel
Mengapa penulis katakan bahwa senar ini fleksibel? Ya, senar ini bisa kita gunakan untuk berbagai macam jenis gitar. Untuk berbagai macam tipe gitar akustik maupun gitar listrik, senar ini tetap nyaman-nyaman saja untuk digunakan.

Hal tersebut sudah dikenal begitu umum di kalangan masayarakat pencinta musik khususnya instrumen gitar. Mau gitar dengan tipe yang bagaimanapun senar ini siap melayani dengan sepenuh hati, hehe.

Baca: Belum Mengenal Tipe-Tipe String Gitar? Simak Ulasan Berikut

  • Harga Terjangkau
Dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki string ini rasanya tak lengkap bila kita tak mengulik soal price atau harga dari string ini. Secara personal, untuk masalah harga, fuji memang brand yang terbaik. Dengan harga yang sangat terjangkau kita bisa mendapatkan satu set string yang sangat memuaskan. 

Sekarang ini di toko-toko musik terdekat sobat bisa dengan mudah mendapatkannya dengan harga dua puluh ribuan untuk per setnya. Tentu harga tersebut bisa lebih murah bila sobat membelinya secara partai di pusat penjualannya. 

Namun demikian, dengan harga yang sudah penulis sebutkan tadi sudahlah lebih dari cukup untuk bisa dikatakan 'murah'. 

Kelemahan:

  •  Riskan Putus
Sebelumnya sudah penulis singgung bahwa  senar ini memiliki ukuran yang kecil dan tanpa dilengkapi lapisan ulir atau lilitan. Dengan demikian tak khayal bahwa senar ini memiliki resiko riskan putus. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika memakai senar ini.

Hal yang penting diperhatikan adalah ketika memasang / melilitkan senar. Jangan terburu-buru untuk langsung memutar tuning key / tuning peg gitar untuk mengencangkan senar. Selain itu, jangan terlalu keras / kencang ketika menstrumming / menggenjreng.

  • Suara Kurang Keras
Meski nada yang dihasilkan dari senar ini cukup bagus dan minim noise, akan tetapi bukan berarti tak memiliki kekurangan. Ketika digunakan secara normal / wajar tanpa ampli, maka suara yang dihasilkan tak bisa terdengar cemerlang.

Suara yang dihasilkan akan terdengar pelan dan tentunya kurang 'mantap' apabila digunakan di ruangan terbuka. Apabila digunakan untuk perform di atas panggung pun kurang menunjang penampilan kita. 

Meski sudah dibantu dengan ampli maupun pengeras sekalipun akan membuat nada / suara yang keluar terkesan kurang natural. Apalagi bagi sobat yang mencintaai permainan gitar klasik maupun solo akustik (fingerstyle).

  • Suara Standard
Tak dapat dipungkir bahwa senar ini mampu menghasilkan tone (bunyi) yang cukup bagus. Akan tetapi, bagi sobat yang ingin menunjukkan permainan petikan-petikan cepat baik melalu bass, melodi, atau secara solo akustik akan merasa kurang puas.

Bila dimainkan dengan cara strumming mungkin akan bagus-bagus saja, tetapi bila dengan cara lain yang telah penulis sebut di atas akan nampak terdengar nada yang agak 'lempem' atau terdengar kurang cemerlang, alias sangat standard sekali. 

Penutup: 

Senar fuji adalah senar yang konsisten dalam menghasilkan produk senar gitar yang berkualitas. Dengan harga yang ramah di kantong tentu hal tersebut menjadi kompensasi tersendiri terhadap beberapa kelemahan yang dimilikinya.

Sementara kelebihan-kelebihan yang dimilikinya menjadi nilai jual sekaligus bonus yang sangat berharga bagi semua pembeli dan pengguna senar ini. Dengan demikian, senar fuji adalah brand yang dapat dipercaya serta recomended sekali dari penulis.

Semoga bermanfaat.


9 komentar untuk "REVIEW SENAR GITAR MERK FUJI"

  1. Mau tanya, saya pemula nih jadi belum paham senar gitar puji 123456 nya kok 024, 040, 032, 011, 016, 009. Nah mohon kasih tau dong mana senar satu dan yang lainnya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh kalau itu mudah sob. Yang kecil berarti senar satu yang lebih besar senar dua sampai berikutnya.

      Hapus
  2. Lebih mending fuji atau pyramid ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fuji gan, kalo mau cadangan beli pyramid 1/2 biji

      Hapus
    2. Masih agak bagusan fuji sob. Pyramid cukup keras di jari.

      Hapus