Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW SENAR GITAR AKUSTIK MERK PYRAMID


REVIEW SENAR GITAR AKUSTIK MERK PYRAMID

Pada postingan sebelumnya penulis sempat meriview senar gitar akustik-nilon merk d’addario. Kali ini penulis akan mereview senar gitar akustik-string merk pyramid.

Oke. Siapa sih yang nggak kenal dengan senar pyramid ini? Penulis yakin, 90% dari kalian sudah tahu lah dengan merk senar ini.

Pada umumnya, senar pyramid dipakai sebagai senar (pasangan) sewaktu membeli gitar baru, khususnya pada gitar low end.

Mengapa demikian?

Yang pasti alasan utamanya tak bisa lepas dari faktor harga. Sama seperti falsafah Jawa “Ana rega, ana rupa”. Maksudnya adalah, ada harga ada kualitas. Benar bukan?

Pada gitar low end tentunya didukung dengan kelengkapan (spare part) yang tak terlalu mumpuni juga. Salah satunya termasuk kelengkapan senar. Sampai saat ini kita masih bisa dengan mudah menjumpai senar pyramid pada gitar-gitar baru yang banyak beredar di pasaran.

Daripada terlalu lama bertele-tele dan makin membuat Kamu penasaran, lebih baik langsung penulis review soal kelebihan dan kekurangan dari senar ini. Walau bagaimanapun penulis yakin, bahwa inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pembaca dan penikmat review di dunia ini:v.

Keunggulan senar pyramid:
  • Harga sangat terjangkau
Ini adalah faktor utama yang memnjadi nilai plus dari senar ini. Bagaimana tidak? Hanya dengan merogoh kocek belasan ribu kita sudah bisa mendapatkan satu set senar gitar. Maka dari itu, jangan pernah Kamu merasa terbebani dengan pengeluaran-pengeluaran Kamu untuk merawat gitar.
  • Senar kuat
Nah, kelebihan berikutnya yaitu karaktersistik senar yang sangat kuat. Dengan begitu, senar tak akan mudah putus. Tapi jangan salah, meski nampak kuat dan keras sebenarnya senar pyramid juga memiliki resiko putus yang sangat tinggi.

Semakin Kamu menaikkan tegangan senarnya (mengencangkan) lambat laun senar itu akan cepat rusak / menurun kualitasnya. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu selalu mengendorkan senar setelah selesai memainkan gitar.

Hati-hati juga ketika sedang menyetemnya, jangan terburu-buru untuk langsung memutar tuning peg dengan cepat. Cobalah untuk sabar dan lembut ketika memutar tuning peg untuk menjauhkan resiko senar putus saat menyetem maupun ketika memasang senar baru.

  •  “Awet dan tahan lama”
Keunggulan berikutnya yang perlu Kamu tahu yaitu tingkat keawetan senar. Untuk senar dengan harga ekonomis penulis rasa senar ini sudah cukup untuk memuaskan ekspetasi dari pemaakainya mengenai kualitas kewaetannya.

Ya. Di atas sendiri sudah penulis beri tanda kutip. Awet dan tahan lama tentunya untuk ukuran senar dengan harga yang sekelasnya. Dengan kata lain, (maaf) apa sih yang dapat benar-benar kita harapkan dari senar dengan harga belasan ribu ini?

  • Suara jelas
Karakteristik senar yang kuat keras dan tebal membuatnya memiliki performa yang cukup baik. Ya, suara yang dihasilkannya cukup terang dan jelas, meski terasa standar sekali.

Kekurangan senar pyramid:

  • Mudah karatan
Kelemahan utama yang cukup mencolok yaitu senar yang mudah terkena karat akibat serangan debu, keringat, dan kotoran. Warna senar akan cepat berubah, dan lapisan lilitan luarnya akan mudah terkelupas, apalagi bila kita tak memberikan perawatan yang cukup baik terhadap senar.

  • Sakit di jari
Senar pyramid memiliki tensi yang cukup tinggi dan diameter yang cukup besar juga, maka dari itu jangan heran apabila ketika memakai senar gitar ini tangan Kamu akan merasa sedikit kesakitan, terutama bagi yang masih pemula.

Di luar karakteristik senar string yang memang terkenal lebih keras, senar ini memang benar-benar terasa keras. Mungkin komposisi bahan yang teralau natural (dari string baja) membuatnya terasa keras dan “ menyakitkan di jari.”

  • Suara terdapat noise 
Dan kekurangan terakhir yang cukup menyita perhatian yaitu dari hasil suaranya yang kerap menimbulakn noise, terlebih lagi bila senar tersebut sudah “berumur’. Apa itu noise? Noise adalah suara “bayangan” yang keluar bersamaan dengan nada atau bunyi awal. Artinya, suara itu menimbulkan kebisingan dan cukup mengganggu pendengaran pastinya.

Kesimpulannya:

Senar pyramid layak untuk dimiliki, khususnya bagi Kamu yang mempunyai budget yang tak terlalu bagus. Dengan senar ini, Kamu bisa memuaskan ekspetasimu terhadap senar gitar yang tak menipiskan isi kantong.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Rahasia Chord Fingerstyle






5 komentar untuk "REVIEW SENAR GITAR AKUSTIK MERK PYRAMID"

  1. when i was junior high scholl, i really like music espectially playing guitar. i bought a guitar alergo and i learned with my friend. and sang dewa 19 " dua sejoli", in 2003 that song was very popular.

    mediablog4you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, I hope you will learned again so you can be the best guitar player in the word:D

      Hapus
    2. yeah. especially in ms word :D

      Hapus
  2. Pyramid mudah Putus gan ... Mending fuji / melody yg dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gak bisa dipungkiri, ada harga ada kualitas sob. Tapi untuk harga semurah itu masih worth it lah rasanya.

      Hapus