Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR GITAR KECIL (GUITALELE) HANYA DALAM SEHARI, DIJAMIN BISA!

CARA BELAJAR GUITALELE
source: flickr.com
Gitar adalah alat msuik yang begitu mengasyikkan untuk dimainkan. Suatu kebanggan tersendiri tentunya apabila kita bisa bermain gitar. Lalu, apakah sobat sudah bisa bermain gitar dengan lancar? Bila sudah lancar, penulis ingin membagikan cara bermain gitar mini alias guitalele buat sobat semua yang masih pemula.

Buat yang sudah pro mending jangan disimak ulasan ini, karena hanya akan membuan-buang waktu mastah. 

Kebanyakan orang belajar bermain gitar dengan gitar regular ukuiran standar dengan jumlah fret kurang lebih 20an, baik gitar akustik maupun klasik. Namun demikian, apakah sobat sudah mengenal yang namanya guitalele?

Baca:  Review Plus Spesifikasi Gitar Klasik Premium; Yamaha NTX700

Guitalele adalah gitar mini yang dilengkapi 6 senar seperti terdapat pada gitar yang biasa kita jumpai. Yang membedakan hanyalah ukuran fisiknya baik tabung/bodinya, ukuran fret, dan juga panjang dan lebarnya secara keseluruhan.

"Lalu, apakah cara mainnya sama dengan gitar  akustik biasa?"

Cara Memainkan Guitalele

Tadi sudah sedikit penulis singgung mengenai pengertian guitalele. Ya, guitalele memang gitar yang sengaja diciptakan dengan ukuran mini supaya memudahkan pemakainya apabila ingin membawanya kemana-mana sesuai keinginan.

Berbeda dengan rivalnya, yaitu ukulele atau kentrung. Bila pada kentrung hanya terdapat 4 buah senar, di guitalele tidak demikian. Pada guitale terpasang lengkap 6 senar. Cara memainkan ukulele dengan guitalele pun juga berbeda.

Baca: Review, Spesifikasi, dan Harga Guitalele Yamaha GL-1

Kembali lagi ke pokok bahasan. Bagaimana cara memainkan guitalele? Pertanyaan ini masih sering penulis dengar dari para gitaris-gitaris pemula yang berupaya keras untuk belajar memainkan gitar mini ini.

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan klasik yang sebenarnya sangat sederhana dan susah untuk dijelaskan. "Ya gimana ya, ya tinggal mainin saja pasti nanti akan tahu sendiri." Dalam batin penulis sih begitu.

Tentunya sobat semua sudah tahu bahwa pada guitalele memiliki 6 buah senar, maka cara memainkannnya pun sama persis dengan gitar biasa. Hanya saja, pada chord-chord atau akor tertentu mungkin sobat akan membutuhkan bentuk yang lainnya yang bisa sobat jadikan sebagai chord alternatif.

“Loh, kok bisa?” Tentu bisa sob. Pada guitalele karena ukurannya yang mini otomatis lebar fretboardnya juga terbatas, jari-jari tangan kita pun tak akan seleluasa seperti saat kita bermain gitar biasa.

Oleh karena itu, bila sobat masih kesulitan dalam menempatkan jari-jari sobat, khususnya bagi sobat yang berjari cukup besar, sobat bisa memangkas chordnya ataupun mencari bentuk lain dari chord yang sobat gunakan.

Ingat rumus pembentukan chord atau akor bukan? Disitu kan sobat sudah tahu sendiri bahwa chord itu terbentuk dari nada apa-apa saja, jadi misalkan nantinya sobat memainkan sebuah bentuk chord yang tak seperti biasanya ya jangan cemas, asalkan sesuai dengan rumus nada pembentuk chord sudah pasti chord yang sobat mainkan itu benar dan tak akan terdengar fals.

Baca: Belajar Rumus Dasar Pembentukan Chord atau Akor 

Oke. Sekarang sobat sudah tahu bukan bahwa cara memainkan guitalele itu sama persis dengan gitar biasa?  Maka dari itu, jangan bingung dan ragu lagi untuk segera mempelajarinya Bila sobat sudah bisa bermain gitar biasa, penulis yakin sobat tidak akan kesulitan lagi memainkan guitalele.

Sementara itu, di lain sisi, cara penyeteman guitalele itu sedikit berbeda dengan steman standar pada gitar regular. Dimana telah kita ketahui bahwa pada gitar biasa standar nada stemannya yaitu E-B-G-D-A-E.

Nah, pada guitalele sobat cukup menaikkannya sekitar dua setengah atau tiga setengah atau pun empat nada sesuai selera. Kalau penulis sendiri lebih memilih menaikkannya 3,5 nada, dan nada stemannya pun menjadi B-F#-D-A-E-B.

Baca: Cara Termudah Stem Gitar

Overall, cara memainkan guitalele sama persis dengan gitar biasa ukuran standar. Jadi jangan cemas untuk membeli si kecil yang sangat menghibur ini. Apalagi bila sobat memang dasarnya sudah bisa bermain gitar, bermain guitalele pun sobat tak kan kesulitan. Dan penulis berani jamin, bahwa hanya dalam satu hari sobat langsung bisa bermain guitalele dengan lancar.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Belajar Solo Akustik Gitar (Fingerstyle)

23 komentar untuk "CARA BELAJAR GITAR KECIL (GUITALELE) HANYA DALAM SEHARI, DIJAMIN BISA!"

  1. Terimakasih untuk penjelasannya. Bermanfaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini ya:)

      Hapus
  2. Terimakasih info yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Apak kunci standardnya samabsepertibgitar misal kalau digitar normalnkunvibabi uitalele jg a...

    BalasHapus
  4. jika saya baru ingin belajar gitar, rekomendasinya apa boleh langsung guitalele atau harus belajar gitar dulu??

    BalasHapus
  5. Tpi beberapa chord guita lele kaya kunci krash "#" dan Abm, A# dll kok ga ada ya?

    BalasHapus
  6. Coba buat video tentang kunci kunci gitarlele senar 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mungkin next time kalau sudah main youtube juga, hehe.

      Hapus
  7. Mu tanya,
    Untuk ukuran pembuatan sendiri bagaimana (berapa) ?

    BalasHapus
  8. Apakah kalau mau memainkan lagu cord nya sama dengan gitar biasa

    BalasHapus
  9. kunci kunci ny sama seperti gitar biasa apa beda yaa kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama persis. Yang membedakan, kalau pas nada tinggi kita cukup mainkan chord dasarnya saja bila tidak memungkinkan karena fretboard yang mungil.

      Hapus
  10. Apakah nada asli stem sama dengan gitar biasanya

    BalasHapus