Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW, SPESIFIKASI, DAN HARGA GITARLELE YAMAHA GL-1

HARGA DAN SPESIFIKASI GITAR YAMAHA GL-1

Salah satu produk gitar Yamaha yang sangat menarik untuk diulas adalah gitar Yamaha GL-1. Gitar GL-1 tampil unik dengan tubuh yang mungil dilengkapi senar nilon sebagai pasangannya.

Yamaha GL1 adalah perpaduan dari gitar dan ukulele, dimana kita biasa menyebutnya sebagai guitalele atau gitarlele. Gitar dengan ukuran mini seukuran ukulele baritone (skala 17) ini menyimpan banyak pesona yang menarik untuk kita bahas.

Review Guitalele Yamaha GL-1

Hadir dengan desain sederhana namun elegan, Yamaha GL-1 benar-benar enak dipandang juga menarik perhatian. Dilengkapai enam buah senar nilon sama halnya dengan gitar regular pada umumnya, Yamaha GL-1 pun tak terdapat perbedaan dalam cara memainkannya.

Meski cara memainkannya sama persis dengan gitar yang biasa kita jumpai, akan tetapi cara penyetemannya sedikit berbeda, yaitu dengan menaikkan nada stemannya.

Tentunya sobat sudah tahu bahwa steman standar dari alat musik gitar yaitu E-B-G-D-A-E, tetapi pada guitalele ini idealnya kita akan menaikkan nadanya sejauh 4 nada, yaitu nada B di senar pertamanya. Sementara untuk steman kelima senar yang lainnya juga menyesuaikan.

Untuk itu, steman gitarnya berubah menjadi B-F#-D-A-E-B. Sekali lagi penulis garis bawahi, bahwa meski steman gitarnya berbeda dengan gitar  yang biasa kita jumpai, cara memainkannya tetaplah sama.

Sebenarnya patokan steman guitalele di aatas bukanlah sebuah aturan pasti atau mengikat. Bisa saja sobat menyetemnya sesuai keinginan sobat sendiri dengan sedikit menurunkan nadanya, atau bahkan menaikkan nada stemannya.

Sobat bisa merubahnya menjadi ke nada A di senar pertamanya, atau bahkan senar pertamanya diubah ke nada  C. Tetapi logikanya, hanya naik atau turun satu nada saja untuk dapat menghasilkan nada steman yang pas.

Kalau terlalu tinggi nadanya juga akan membuatnya tak enak untuk didengar, selain itu senar yang kencang juga membuat gitar semakin sakit untuk dimainkan dikarenakan senar yang semakin keras saat ditekan. Terlebih lagi bagi pemula yang  baru belajar gitar.

Sebaliknya, bila terlalu kendor pun juga kurang pas, mengingat jukuran gitar ini adalah mini otomatis jarak rambatan nadanya juga tak terlalu panjang. Oleh karenanya, dengan menyetemnya ke nada yang cukup tinggi akan banyak membantu.

Gitar Yamaha GL-1  telah dipasarkan dengan berbagai macam varian warna namun dengan model yang sama sekali tak berbeda. Sobat bisa menjumpai warna-warna seperti natural/coklat, hitam, merah/coklat tua, dan juga coklat sunburst.

Dengan banyaknya varian warna yang tersedia, tentu akan lebih menarik para customer serta dapat mengeksplor lagi berbagai macam selera pribadi dari masing-masing orang.

Sebuah nilai plus dari gitar mini ini tentunya adalah karena bodinya yang kecil shingga praktis dibawa kemana-mana. Bisa kita bawa ketika tengah berlibur, berkunjung ke rumah keluarga/kerabat, maupun sekedar dibawa hang out bersama teman-teman atau kerabat terdekat.

Dengan leluasa kita bisa memainkannya kapanpun dan dimanapun tanpa menurunkan minat kita untuk terus memainkan musik dimanapun kita berada.

Pikirkan lagi, daripada kita harus repot-repot membawa gitar ukuran standar yang relatif besar tentunya kurang praktis karena akan memakan ruang yang lebih banyak serta tenaga yang lebih ekstra dalam membawa/atau sekedar menentengnya kesana kemari untuk diaminkan sambil bersantai.

Bila kita tengah berlibur di pantai misalnya, bisa dibayangkan betapa mengasyikannya bahwa kita masih bisa mengeksplor selera bermusik kita dengan tetap memainkan sebuah gitar sambil bernyanyi-nyanyi ria bersama orang-orang terdekat.

Oh ya. Bila sobat membeli baru produk Yamaha GL-1 otomatis sobat juga akan mendapatkan sebuah softcase gitar. Ya, sebuah softcase yang memang sengaja dirancang untuk gitar mini akan mutlak sobat dapatkan. Tentunya adanya softcase tersebut ajan sangat mengunguntungkan. Selain itu sebuah manual book juga tak luput disertakan dalam paket penjualannya.

Sebagai tambahan, Yamaha GL-1 juga sudah memberikan jaminan garansi resmi selama 1 tahun penuh bila kita membelinya di toko-toko resmi penjual produk Yamaha. Bila sobat membelinya secara online, umumnya sobat juga bisa mendapatkan garansi supplier selam satu tahun.

Memang tak ada perbedaan yang cukup berarti sebetulnya, karena sesunggiuhnya adanya fitur garansi istilahnya dapat dikatakan sebagai pemanis dan bukti kualitas dari setiap produsen untuk menjamin kelayakan jual setiap produknya.  

Secara gamblangnya, bila suatu produk terkesan ecek-ecek tentu tidak akan berani memberi kan garansi produknya. Terlebih lagi pihak Yamaha sendiri menjamin garansi selama 12 bulan. Tentunya hal tersebut mengindikasikan bahwa produk ini adalah produk yang dapat kita percaya.

Spesifikasi Gitar Yamaha GL-1

Body Hasil Akhir Matte
String Skala String 433 mm (17")
Kedalaman Body 70-70 mm (2 13/16"-2 13/16")
Lebar Papan Jari (Nut/Body) 48 mm (1 7/8")
Atas Spruce
Belakang Meranti
Sisi Samping Meranti
Leher Nato
Papan Jari Sonokeling
Pegangan Sonokeling

Harga Gitar Yamaha GL-1

Harga gitar ini bervariasi antara 600 ribuan sampai 700 ribuan di toko-toko fisik maupun di situs-situs online. Dengan harga yang dapat kita kategorikan menengah, kita akan mendapatkan sebuah gitar mungil dengan kualitas yang tak diragukan.

Semoga bermanfaat.











Posting Komentar untuk "REVIEW, SPESIFIKASI, DAN HARGA GITARLELE YAMAHA GL-1 "