Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INI DIA BEDANYA SENAR GITAR STRING DAN NILON YANG HARUS KAMU TAHU

source: pixabay.com/andresruiz

Senar gitar adalah suatu kebutuhan utama yang sangat penting dan sangat diperlukan bagi kita semua para gitaris. Dengan banyaknya produk-produk gitar baru yang muncul di pasaran, maka hal itu sebanding lurus dengan banyaknya produsen-produsen senar baru maupun lama yang merilis produk-produk senar tipe barunya di pasaran. 

Nyatanya, mereka semua saling berlomba-lomba dalam menciptakan senar gitar yang berkualitas. Harga-harga yang ditawarkan pun juga sangat variatif, demi menarik minat pembeli.

Baca: Senar Gitar Listrik untuk Gitar Akustik? Mengapa Tidak

Nah, secara umum tentu kita tahu bukan bahwa senar gitar itu ada dua tipe, yakni nilon dan string biasa. Dimana kita ketahui bahwa senar string untuk gitar akustik-string dan senar nilon untuk gitar klasik. Keduanya tentu memiliki perbedaan suara yang sangat mencolok ketika dibunyikan.

Bagi kalangan gitaris newbie, penggunaan senar nilon untuk gitar akustik dan sebaliknya, senar string baja untuk gitar klasik tentu mungkin saja pernah dilakukan entah karena penasaran, ingin coba-coba, ataupun atas dasar alasan yang lainnya. 

Bahkan, jujur penulis dulu juga pernah mencoba memasangkan senar nilon ke gitar akustik biasa dan hasilnya sungguh mencengangkan, jauh di luar ekpetasi penulis pribadi. Alhasil gitar pun tak berbunyi, hehe.

"Mengapa hal tersebut bisa terjadi?" 

Setelah penulis gali lebih dalam, ternyata perbedaan tensi kedua senar tersebut yang menjadi alasan. Untuk gitar akustik memang didesain untuk dipasangkan string steel baja karena memiliki daya ketegangan yang lebih tinggi. Sedangkan pada senar nilon memiliki daya ketegangan yang lebih rendah yang coccok untuk dipasangkan pada gitar klasik.

Baca: Perbandingan dan Review Gitar Akustik Vs Gitar Klasik

Nah, mungkin sobat bertanya-tanya.sebetulnya apa yang terjadi bila gitar klasik dipasangkan senar steel baja dan gitar akustik dipasangkan senar nilon? Hasilnya memang tidak akan pernah bisa maksimal. Bila senar nilon dipasangkan di gitar akustik, maka senar tersebut tidak akan bisa berbunyi ataupun berbunyi sangat rendah dan pelan.

Sementara itu, bila senar string steel baja kita pasangkan pada gitar klasik bisa dibilang hasilnya sedikit agak lebih baik jika dibandingkan dengan senar nilon yang dipasangkan pada gitar akustik. Dimana yang terjadi adalah gitar masih bisa berbunyi walau memang suara yang dihasilkan memang tidak stack sama sekali dan tidak bisa maksimal. 

Selain itu, penggunaan senar string pada gitar klasik akan membuaat neck dari gitar tersebut semakin cepat bengkok karena gitar akan dipaksa untuk menstabilkan suara dari senar dengan tensi yang begitu tinggi untuk ukuran gitar klasik yang harusnya dipasangkan senar nilon

Baca: Mengenal Neck Bengkok dan Cara Mengatasinya

Nah, kesimpulannya, jangan pernah mencoba-coba eksperimen yang bisa dibilang cukup "bodoh" tersebut karena hanya akan menyia-nyiakan uang, tenaga, dan waktu sobat semua di rumah..

Posting Komentar untuk "INI DIA BEDANYA SENAR GITAR STRING DAN NILON YANG HARUS KAMU TAHU"