Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL APA ITU NECK BENGKOK LENGKAP DENGAN CARA MENGATASINYA


MENGENAL APA ITU NECK BENGKOK LENGKAP DENGAN CARA MENGATASINYA

Penyakit gitar yang satu ini juga termasuk yang paling banyak dijumpai. Masalah neck atau stang gitar yang tak lurus ini acap kali membuat semua orang jengkel. Bagaimana tidak, suara gitar akan menjadi fals atau bahkan mati. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini akan dibahas secara detail apa itu neck bengkok.

Neck bengkok jenisnya ada 2 macam. Bengkok cekung dan bengkok cembung. Yang bengkok cekung arah lengkungannya ke dalam, sementara yang bengkok cembung melengkung ke luar. Untuk ciri-cirinya sebagai berikut berikut.

· Neck bengkok cekung

Ketika senar 6 ditekan pada fret 1 bebarengan dengan fret 14 terlihat ada jarak antara senar dengan semua atau beberapa fret (tidak rata).

· Neck bengkok cembung

Ketika senar 6 ditekan pada fret 1 bebarengan dengan fret 14 terlihat pada fret 7, 8, 9, 10 menempel. Namun senar yang lainnya masih ada jarak.

Neck yang bengkok biasanya disebabkan karena ukuran senar yang kita kenakan pada gitar terlalu besar, sehingga lama-lama neck gitar tidak kuat untuk menahannya. Bisa juga dikarenakan kebiasaan kita dalam meletakkan gitar yang kurang tepat, seperti menyandarkannya di dinding. Hal ini lambat laun akan membuat neck gitar menjadi bengkok.

Untuk cara mengatasinya Kamu bisa meluruskannya dengan cara memutar truss rod menggunakan kunci L. Kalau bengkok cekung putar searah jarum jam (ke kanan). Kalau yang bengkok cembung tinggal diputar berlawanan arah jarum jam (ke kiri).

Tetapi perlu diingat, sebelumnya senar harus sudah dikendorkan terlebih dahulu. Hati-hati dalam memutar trussrodnya. Pelan-pelan saja saat memutarnya, jangan kencang-kencang. Jika masih takut untuk membetulkannya sendiri, silakan bawa gitarmu ke tempat servis. Biar dikerjakan orang yang sudah berpengalaman.

Semoga bermanfaat.

3 komentar untuk "MENGENAL APA ITU NECK BENGKOK LENGKAP DENGAN CARA MENGATASINYA"