Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN BIOLA MEREK VIENNA


REVIEW BIOLA VIENNA IMPORT
source: bukalapak.com
Vienna adalah brand biola yang sudah sangat akrab di telinga kita. Produk-produknya dikenal selalu membawa hal-hal yang benar-benar "fresh" di pasaran. Kualitas yang cenderung sebanding lurus dengan harganya adalah salah satu alasan mengapa biola ini selalu laris diburu di pasaran.

Lalu, bagaiamanakah dengan performa dari biola ini? Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya, oke?

Baca: Review Senar Biola Merek Castle

Review Biola Merek Vienna

Biola ini adalah biola akustik-klasik biasa yang juga banyak kita jumpai di pasaran. Produk yang ditawarkan juga cukup beragam, dari mulai ukuran 1/2, 3/4, 4/4, dan lain-lain. Suara yang dihasilkan juga cukup bagus dan jernih, maklum saja biola ini sudah terbuat dari material solid.

Apa itu solid? Maksudnya adalah bahan yang digunakan sudah menggunakan kayu sehingga bisa menyerap atau menghantarkan rambatan nada dengan maksimal. Tak seperti yang belum bermaterial solid, yang produknya cenderung sangat tipis dan bersuara kurang merdu.

Jika sobat adalah pemula yang baru belajar biola, biola ini sangat cocok untuk sobat miliki. Begitupun bagi yang sudah pro sekalipun. Akan tetapi, umumnya yang sudah mahir bermain biola dan memang menekuni di bidangnya akan berpikir 2-3 kali untuk menjatuhkan pilihannya pada biola vienna. Kecuali mungkin hanya untuk iseng-iseng saja.

Baca: Mengenal Rosin pada Biola Lengkap dengan Trik Menggunakannya

"Kenapa bisa begitu?"

Ya, karena untuk bisa menunjang permainan yang baik diperlukan biola yang cukup "wah' juga. Bukan bermaksud menganggap biola vienna ini tidak bagus, akan tetapi masih banyak biola dengan harga dan kualitas yang sebanding lurus dan tentunya masih berada jauh di atas biola ini untuk kelasnya.

Bahkan, untuk bownya saja bisa melebihi harga biola ini apabila yang memiliki biola impor dengan harga yang cukup menguras kantong.

"Lalu, apa sebenarnya kelebihan dari bola merek vienna ini?"

Sebetulnya cukup banyak kelebihan dari biola ini. Singkat saja, selain karena harganya yang sangat terjangkau, material yang digunakan juga sudah sangat baik karena merupakan biola solid.

Dari segi suara juga sudah lumayan memadai untuk bisa memainkan berbagai macam teknik pada biola dengan bunyi yang maksimal. Begitupun pada bagian bownya, cukup nyaman memang untuk digunakan.

Namun demikian, mungkin bagi para penggemar atau pemain biola klasik sejati akan kurang menyukai biola tipe ini, khususnya pada bagian bownya. Dimana kita tahu sendiri untuk mendapatkan servis gesekan dari bow yang berkualitas memang membutuhkan kocek yang lebih.

Dengan harga yang segini, tentu rambut bow (hair bow) yang diusungnya masihlah terbuat dari bahan sintetis yang cukup standar digunakan oleh para produsen biola di seluruh dunia.

Tenang saja, itu juga bukan masalah besar. Apalagi bagi sobat-sobat yang baru belajar biola, jangan sia-siakan uang sobat untuk membeli biola yang mahal terlebih dahulu. Cukup beli biola kelas menengah ke bawah dulu saja dengan harga berkisar 600-1.500.000 saja ya.

Nanti, kalau sobat sudah merasa cukup mahir dalam bermain biola, bolehlah untuk mengupgrade biola yang sudah kalian miliki.

Baca: Perbedaan Fence Tuning dan Tuning Peg pada Biola

Harga Biola Vienna

Untuk bisa mendaptkan biola ini, sobat bisa membelinya langsung di toko-toko fisik, baik di toko musik maupun di toko-toko olahraga yang cukup lengkap. Atau bila sobat tidak ingin repot-repot keluar rumah, sobat bisa membelinya secara online lewat online shop-online shop yang memang terpercaya.

Harganya pun masih berkisar 600-800 ribuan saja kok, baik di toko-toko fisik maupun online semuanya masih sangat bersaing. Sangat terjangkau bukan?

Dengan harga yang bisa lah dikatan murah, sobat sudah bisa mendapatkan biola kualitas impor buatan Tiongkok. Jangan salah, produksi mereka untuk alat-alat musik sangatlah baik, tak kalah dengan biola-biola hasil produksi Eropa.

Spesifikasi Lengkap

Biola vienna memiliki dimensi Ukuran (L x W x H cm) 50 x 17 x 3 cm. Spesifikasi yang tertera adalah sebagai berikut:

- body solid spruce
- neck solid spruce
- dryer top wood
- shoulder rest/chinrest
- bow dari sintetis
- include: bow, rosin, bridge, senar (bonus 1 set), dan hardcase

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai biola yang murah meriah dari brand vienna yang bisa sobat jadikan sebagai bahan pertimbangan. Rasanya, dengan banyaknya kelebihan yang diusungnya, sangat layak lah biola ini utnk dibawa pulang.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Terbaik Menyimpan biola




10 komentar untuk "REVIEW KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN BIOLA MEREK VIENNA"

  1. Terima kasih , artikelnya sangat bermanfaat...
    Blognya bagus...
    Coba dimonetisi, Gan...?

    BalasHapus
  2. kak kasih link pe jualan yg baik dong biar gk ketipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, cari aja di market place-market place banyak kok. Cari yang banyak bintang limanya dan reviewnya bagus.

      Hapus
  3. thanks... tambah referensi mau beli biola yg kek gimana..

    BalasHapus
  4. Intinya ada uang lebih knp ga beli yg mahal sekalian,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, kalau ada budget lebih ya silakan, Sob. Tapi kan, orang beda-beda kemampuan dan kebutuhannya. Hehehe.

      Hapus