Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERBEDAAN FENCE TUNING DAN TUNING PEG PADA BIOLA LENGKAP DENGAN TIPS DAN TRIK MENGGUNAKANNYA


TUNING PEG / PASAK

Pada alat musik biola, ada dua buah alat yang bisa Anda gunakan untuk tuning (menyetem / mengatur) senar biola (nada). Alat itu adalah tuning peg dan fence tuning.

Kedua alat tersebut merupakan bagian dari biola yang bisa Anda manfaatkan untuk menyetem biola. Bagi sebagian orang keduanya merupakan bagian terpenting dari biola. Mengapa saya sebut sebagian orang? Ya alasannya tak lain dan tak bukan adalah terdapat pada fence tuning.

Fence tuning adalah alat penyetem yang berada dekat dengan bridge (jembatan) biola. Bagi sebagian orang ada yang menganggapnya tak terlalu penting sehingga memilih untuk melepas atau tidak menggunakannya.

FENCE TUNING 

Berbeda dengan tuning peg. Tuning peg adalah alat utama yang digunakan untuk menyetem biola. Tuning peg berjumlah 4 sesuai dengan jumlah senar biola. Hampir sama dengan gitar, tuning peg digunakan untuk menyetem senar dengan cara memutarnya.

Dalam pemasangan yang benar, bila diputar ke kanan berarti mengencangkan. Sebaliknya, bila diputar ke kiri berarti mengendurkan.

Sebenarnya perbedaan mendasar dan paling utama adalah dari fungsi mereka sendiri. Fence tuning untuk menyetem dengan kadar yang kecil, sementara tuning peg untuk menyetem dengan kadar yang besar.

Masih bingung? Tenang, akan saya jelaskan kembali. Pada biola, nada itu sangat sensitif. Sedikit putaran saja sudah merubah nada yang dikeluarkan setiap senar. Oleh karena itu, penggunaan fence tuning dianjurkan untuk penyeteman dengan kadar kecil.

Dengan menggunakan fence tuning, Anda bisa menyetem senar pelan-pelan dan bisa dengan lebih mudah dalam menemukan nada-nada yang pas, khususnya seperti nada kres yang lebih sulit Anda cari atau temukan dengan menggunakan tuning peg.

Jumlah fence tuning berbeda-beda, bahkan ada juga biola yang tanpa menggunakan fence tuning. Sekedar saran dari saya, lebih baik Anda jangan membeli biola yang tidak dilengkapi dengan fence tuning. Mrngapa demikian?

Biola yang baik dan berkualitas tentu mempunyai part atau kelengkapan yang lengkap, termasuk aksesoris-aksesorisnya. Adanya fence tuning mengindikasikan bahwa biola itu masih bagus dan baru.

Umumnya fence tuning dipasang satu atau dua buah saja (meskipun sebenarnya ada yang berjumlah banyak hingga empat).

Bagi sebagian orang, penggunaan fence tuning sangat diperlukan dan bisa menambah keindahan biola. Oleh karena itu, tak jarang para pebiola bersedia mengeluarkan kocek yang lebih dalam hanya untuk sekedar memodifikasi atau membeli sendiri fence tuning.

Namun demikian, ada juga yang tak suka menggunakan fence tuning sehingga mereka memilih melepaskan atau hanya memasang satu fence tuning saja.

Sebetulnya memasang satu atau dua atau empat-empatnya sekaligus tak masalah. Jika Anda bisa menyetem dengan hati-hati menggunakan tuning peg pun sudah cukup.

Akan tetapi, bila Anda kurang berhati-hati dan terkesan “kasar” ketika menyetem biola, ada baiknya Anda memanfaatkan fence tuning untuk membantu Anda mempermudah menemukan nada-nada yang sulit Anda temukan dengan menggunakan tuning peg.

Kesimpulannya, semua itu pilihan Anda sendiri. Kalu Anda merasa lebih nyaman dan terbantu, mengapa tidak menggunakannya. Sebaliknya, bila Anda merasa itu tak perlu, tak usah pusing-pusing untuk menggunakannya.

Semoga bermanfaat.



9 komentar untuk "PERBEDAAN FENCE TUNING DAN TUNING PEG PADA BIOLA LENGKAP DENGAN TIPS DAN TRIK MENGGUNAKANNYA"

  1. Hmmm maen gitar aja belum bisa,palagi biola yg lebih sulit :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sama aja bang, cuma cara mainnya yang sedikit berbeda, yaitu digesek.

      Hapus
  2. wah mantap gan tapi sayang ane cuma bisa maen gitar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembangkan lagi aja bang. Banyak loh pebiola hebat yang terlahir dari awal mulanya bisa bermain gitar.

      Hapus
  3. sipppp gan... tpi syang x ane blum pernah nyoba biola jdi nga tau :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kalau mau belajar pasti jyga bisa bang, hehe.

      Hapus
  4. Gan mau tanya saya masih baru didunia biola, kebetulan pas lagi ganti senar tunning peg saya patah dan beli yg baru tuning pegnya , cuma pas dicoba lubang dari tuning peg yg dibiola lebih besar sehingga tuning peg yg baru beli kekecilan senar tidak bisa distem,apakah lubang tuning peg saya tidak standar?merk biola saya Hofner, mohon saranya, Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu beli yang baru gak bawa biolanya dulu ya sob? Umumnya biola yang bagus memiliki ukuran yang sama dengan yang lainhya. Tapi dalam banyak kasus bisa juga berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Tapi apakah ukuran tuning peg yang kamu beli itu sesuai dengan ukuran biola kamu sob? Soalnya pada biola akan ada yang ukuran 3/4, 4/4 dll. Saran saya kalau mau mengganti yang baru cari part yang original dan semerek. Atau kamu bisa membawanya sekaligus minta dipasangin sama penjual / tokonya. Semoga membantu, salam.

      Hapus
  5. saya pemula dalam bermain bila, saya punya 2 biola, yang satu tuningnya ada 4 yang satu cuma ada satu pada senar yang paling kecil (E). Nah pertanyaan saya bagaimana nyetem biola yang tuningnya hanya satu.apakah bisa untuk menyetem ke 4 senar yang ada atau hanya pada senar E saja ? Terima kasih.

    BalasHapus