Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 PELAJARAN DASAR YANG PASTI KAMU PELAJARI KETIKA BARU MENGIKUTI LES GITAR

5 PELAJARAN DASAR YANG PASTI KAMU PELAJARI KETIKA BARU MENGIKUTI LES GITAR

Untuk bisa bermain gitar, terkadang tak sedikit dari kita yang mengikuti les musik / les gitar. Hal tersebut sangatlah tepat. Dengan mengikuti les, kita akan mendapatkan pelajaran yang tepat dan sesuai dengan urutan pembelajaran yang sesuai dan efisien. 

Di samping itu, hadirnya seorang guru yang akan membimbing kita pasti akan sangat membantu, ketimbang kita belajar secara otodidak.

Nah, untuk mengungkap rasa penasaran Kamu tentang apa saja sih yang akan dipelajari ketika baru mengikuti les gitar? Berikut ini akan saya bahas (Ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri).

Pelajaran pertama

Pada pelajaran pertama, Kamu akan disuguhkan pengertian serta pemahaman mengenai tangga nada dasar. Tangga nada yang akan diberikan adalah tangga nada diatonis mayor, khususnya tangga nada C. Mengapa demikian? Mengapa tidak tangga nada D, E, atau yang lainnya?

Tangga nada C dipilih karena merupakan tangga nada yang paling dasar dan mudah dimengerti oleh semua orang awam sekalipun. Loh kok bisa? Ya iyalah, di dalam tangga nada C Kamu tidak akan menemui nada-nada / chord mol maupun kres.

Dengan demikian, Kamu tidak akan dipusingkan dengan bentuk chord-chord kres. Di samping itu, perpindahan atau penempatan jari Kamu akan lebih tertata dan mudah.

Pelajaran Kedua

Pada hari pertama saat Kamu masuk mengikuti les gitar, Kamu juga akan mempelajari chord dasar, sama seperti saat belajar gitar secara otodidak. Kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai bentuk-bentuk chord dasar sesuai dengan penjabaran nada-nada yang terdapat pada tangga nada dasar yang telah Kamu pelajari tadi.

Gurumu akan menyuruh Kamu untuk mempraktekan bentuk chord yang baru saja ia ajarkan. Dan Kamu akan diminta untuk menstrumming dengan beberapa ketukan lambat, sembari Kamu akan berganti / berpindah ke bentuk chord yang lainnya.

Walau kedengarannya mudah, bagi Kamu yang masih sangat pemula tetap akan merasa kesulitan. Jari-jari yang masih kaku akan menjadi kendala utamamu. Tak jarang guru akan membenarkan posisi jari kita yang masih “belepotan” ketika menekan senar (membentuk chord).

Pelajaran Ketiga

Selanjutnya Kamu akan diajarkan cara strumming yang baik dan benar. Ketika Kamu belajar bentuk-bentuk chord dasar otomatis Kamu juga telah belajar strumming (menggenjreng) gitar, tetapi mungkin masih tidak begitu bagus.

Pada pelajaran ketiga ini, Kamu akan diberi teknik maupun trik strumming yang baik dan benar. Misalnya teknik strumming up stroke (ke atas), down stroke (ke bawah), maupun up-down stroke (ke atas dan bawah).

Gurumu akan menunjukkan caranya, dan Kamu akan diminta menirukannya. Di samping itu, gurumu akan meminta Kamu melakukan strumming yang sesuai dengan ketukan atau tempo yang telah ditentukan. Misalnya satu ketukan, dua ketukan, atau yang lainnya. 

Pelajaran keempat

Pada pelajaran keempat Kamu akan diajarkan cara membaca tablature gitar. Ini adalah pelajaran pokok terakhir yang akan Kamu peroleh pada pertemuan pertama.

Kamu akan disajikan bentuk-bentuk tablature dasar, dan Kamu akan diajarkan cara membacanya. Biasanya gurumu akan menuliskan not-not maupun chord ke dalam tablature.

Pelajaran kelima

Pada pelajaran kelima ini saya anggap sebagai pelajaran bonus. Pada pelajaran terkahir ini Kamu akan diberikan pelajaran berupa salah satu atau beberapa teknik tablature. Apa itu teknik tablature? Teknik tablature yaitu teknik-teknik memainkan gitar yang biasanya sering disimbolkan pada tablature.

Teknik-teknik tersebut di antaranya: deep note / palm muting, hammer on, pull off, slide, harmonic, dll. Saya sendiri diberikan satu teknik tablature yang paling sederhana oleh guru saya dulu, yaitu teknik deep note. Apa itu teknik deep note? Teknik deep note pada dasarnya yaitu suatu teknik membunyikan senar (memetik atau menggenjreng) dengan mematikan nada yang ditekan / dibunyikan.

Cara melakukan teknik tersebut yaitu, Kamu tempelkan jari tangan kirimu pada senar yang ingin Kamu bunyikan. Bisa satu senar, dua senar, ataupun beberapa senar sekaligus / membentuk sebuah chord. Ingat! Hanya ditempelkan, bukan ditekan.

Nah, itulah kelima pelajaran dasar yang sekiranya akan Kamu dapatkan ketika baru mengikuti les gitar. Sudah terjawab bukan rasa penasaran Kamu? Jika masih bingung, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom komentar yang sudah tersedia.

Semoga bermanfaat.

6 komentar untuk "5 PELAJARAN DASAR YANG PASTI KAMU PELAJARI KETIKA BARU MENGIKUTI LES GITAR"

  1. Mantap gan :D ane juga lagi belajar itu :D

    BalasHapus
  2. tapi kalao pengen todidak gmna gan? share dong ilmunya tentang gitar terutama leting guitar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Leting guitar? Saya malah baru denger Mas, hehe maklum saya masih pemula. Kalau cara belajar gitar secara otodidak sudah banyak tuh artikel yang saya pos di blog hehe selamat mencoba.

      Hapus
  3. wah saya ga pernah ini, krna saya belajar gitar otodidak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau otodidak mah belum tentu dapet Mas. Karena cara belajarnya kan gak urut biasanya.

      Hapus