Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL LEBIH DALAM MENGENAI FINGERSTYLE


MENGENAL LEBIH DALAM MENGENAI FINGERSTYLE

Suka bermain gitar? Suka gaya apa sajakah Kamu? Rock? Metal? Pop? Jazz? Dangdutkah? Semua pilihan itu sah-sah saja. Yang terpenting Kamu benar-benar menikmati apapun aliran yang telah Kamu pilih.

Bicara soal bermain gitar, banyak gaya yang kerap dimainkan para gitaris di dunia ini dari mulai yang pemula sampai pro sekalipun. Gaya dalam bermain gitar juga membawa peranan penting tentang musik apa yang akan dimainkan atau diiringi.

Maka dari itu, ada baiknya kalau Kamu mengenal atau paling tidak tahu lah tentang apa saja itu aliran-aliran di gitar. Nah, kali ini penulis akan memberikan pengenalan mengenai gaya bermain gitar yang satu ini, yaitu “gaya jari”.

Sejarah dan Perkembangan

Kebanyakan orang sekarang ini menyebutnya sebagai permainan “fingerstyle”. Dahulu kata fingerstyle itu belum ditemukan, atau masih sangat jarang sekali dipakai. Fingerstyle sendiri merupakan kata bahasa inggris dari nama asli gaya itu sendiri (gaya jari).

Dahulu penulis pun belum begitu familiar dengan kata “fingerstyle”. Dahulu penulis hanya menyebut permainan ini sebagai petikan. Ya, simpel memang. Secara logika gaya jari berarti gaya jari kita dalam memainkan ke-enam dawai alat musik petik ini.

Namun demikian, karena mengikuti arus perkembangan zaman, sekarang ini penulis pun juga menyebut permainan ini sebagai fingerstyle. Pada prinsipnya, orang menyebut apapun itu tak begitu berpengaruh. Toh, yang terpenting adalah nilai atau makna dari permainan itu sendiri.

Prinsip Dasar

Pada permainan fingerstyle mempunyai berbagai prinsip yang mendasari permainannya seperti; penggunaan melodi, bass, chord yang saling disatukan. Ataupun penggunaannya juga ditujukan untuk mengiringi lagu secara “benar-benar” penuh.

Maknanya yaitu pengiringan lagu dengan gaya ini begitu total. Nilai instrumental atau alat musik benar-benar total digunakan. Bahakan tanpa menggunakan syair pun makna dari sebuah lagu bisa dibuka dan diungkapkan secara menyeluruh.

Keunggulan dan Kelemahan

Terlepas dari semua itu, pada permainan fingerstyle juga memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Apa sajakah itu. Simak ulasan berikut.

Kelebihan

Lagu akan terdengar lebih hidup

Dalam fingerstyle, semua nada yang dimainkan sangat kompleks juga variatif dimainkan secara bersamaan. Dari melodi, chord, sampai bassline dipadukan secara utuh sehingga enak didengar. Maka dari itu, musik yang terdengar akan terasa penuh warna dan begitu indah.

Cocok untuk dimainkan secara solo

Fingerstyle juga memiliki makna tersendiri bahwa itu merupakan permainan sendirian atau solo. Pernah mendengar istilah solo fingerstyle? Ya, permainan solo berarti dimainkan sendirian dan menggunakan alat musik tunggal yaitu gitar.

Pada prinsipnya permainan fingerstyle memang permainan gitar yang memainkan berbagai macam bunyi-bunyian yang sangat variatif (kaya nada). Selain bunyi dari gitar seperti melodi, bass, chord, fingerstyle juga memainkan suara-suara dari alat musik lain seperti drum, kendang, simbal, dan masih banyak lagi.

Efek drum bisa kita dapatkan dengan teknik perkusi atau biasa dikenal dalam fingerstyle sebagai teknik drumming. Bahkan Kamu juga dapat mebnambahakan efek-efek tertentu seperti siulan, hentakan kaki atau jentikan jari sekalipun dalam permainaan Kamu agar terdengar lebih variatif.

Bisa membawakan lagu tanpa harus menyanyi
Dalam fingerstyle Kamu juga akan mendapatkan keindahan dari sebuah lagu tanpa harus menyertakan liriknya. Oleh karena itu Kamu tak perlu repot-repot untuk bernyanyi, apalagi (maaf) bagi Kamu yang memiliki suara kurang bagus.

Bermain fingerstyle artinya memainkan musik secara solo atau bisa juga disebut permainan instrumental. Pernah mendengar lagu-lagu instrumental? Atau Kamu tahu lagu instrumental ternama seperti Canon karya Johan Pachebell?

Lagu-lagu tersebut meskipun tak bersyair tetap enak untuk didengar. Apalagi bagi Kamu pencinta musik instrumental. Keindahan dari musik yang menenangkan dan menyejukkan dapat dirasakan hanya lewat untaian nada yang disusun secara indah. Luar biasa bukan?

Ya, inilah keindahan dari permainan fingerstyle. Mulai sekarang pelajarilah, cermati, dengarkan dan rasakan, maka Kamu akan menemukan keindahan yang teramat “istimewa” dari sebuah musik yang terlihat cukup sederhana.

Kekurangan

Selain memiliki banyak kelebihan, fingerstyle bukan tanpa kekurangan. Permainan yang kompleks cenderung membuat para gitaris khusunya yang masih pemula merasa bingung dan kesulitan.

Itu adalah kesulitan yang paling mendasar dan paling umum dialami banyak orang. Di atas sudah sedikit penulis singgung mengenai “kompleksnya” permaianan fingerstyle ini karena bisa memainkan berbagai macam alat musik dalam satu alat musik saja. Ya, hanya dengan menggunakan gitar.

Maka dari itu, untuk bisa menguasai “gaya jari” Kamu harus benar-benar belajar dan berlatih keras. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan berdoa. Dan yang pasti, jangan pernah menyerah.

Good luck.

Semoga bermanfaat.





















Posting Komentar untuk "MENGENAL LEBIH DALAM MENGENAI FINGERSTYLE"