Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT GITAR NYARING DENGAN MINYAK KAYU PUTIH

CARA MEMBUAT  GITAR NYARING DENGAN MINYAK KAYU PUTIH
Cara Membuat Gitar Nyaring Pakai Minyak Kayu Putih

Cara membuat gitar jadi nyaring dengan menggunakan minyak kayu putih - Gitar akustik yang terbuat dari bahan kayu umumnya memiliki suara yang "garing" jika kualitas dari bahan atau material kayu yang digunakan bagus. 

Bagi kalian yang punya gitar dengan spesifikasi biasa-biasa saja, ada cara ampuh yang bisa kalian lakukan agar suara gitar kalian menjadi merdu dan nyaring.

Berikut ini adalah caranya membuat suara gitar jadi nyaring dengan memakai minyak kayu putih.

  • Langkah yang pertama silakan kalian siapkan minyak kayu putih. Kalian bisa membelinya di apotek atau di warung terdekat. Gunakan yang ukuran kecil saja, karena kita hanya membutuhkannya sedikit saja, tidak usah banyak-banyak.
  • Kalian juga bisa menggunakan media kapas atau tisu untuk menuangkan minyak kayu putih ke kapas atau tisu tadi. Oles-oleskan ke bagian bodi gitar. Pertama-tama oles di bagian top body atau bagian atas bodi gitar. Hal ini berguna sekaligus untuk membersihkan bodi gitar dari kotoran-kotoran dan debu yang menempel.
  • Jika ingin lebih maksimal, kalian bisa melepas semua senarnya terlebih dahulu, lalu kalian oleskan minyak kayu putihnya juga ke bagian freboardnya secara menyeluruh. 
  • Selanjutnya, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam soundhoule atau ke dalam bodi gitar kalian. Dengan begitu, selain bisa membuat suara gitar kalian jadi tambah nyaring, sekaligus untuk membersihkan seluruh bodi gitar dari mulai headstock, fretboard, hingga ke saddle dan seluruh bagian bodi gitar kalian. 
  • Nah, berikutnya kalian bisa mendiamkan gitar kalian kurang lebih semalaman. Sebagai catatan, senar gitar jangan dipasang dulu. Atau kalau ingin tetap memasang senarnya, senar dikendorin saja jangan di-stem atau dikencangkan dulu. Setelah kurang lebih semalaman lamanya, baru kalian bisa pasang atau kencangkan senarnya lagi dan kalian tuning ulang gitarnya. 
  • Setelah semua beres, kalian bisa langsung mengetes suara gitar kalian dan rasakan gitar kalian suaranya akan terasa lebih merdu dari sebelumnya. 

Baca Juga: Cara Terbaik Membersihkan Fretboard Gitar

Tips dan trik ini adalah metode klasik yang ternyata bukan hanya mitos. Trik sederhana ini sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang dan berhasil membuat suara gitar mereka jadi lebih merdu. 

Trik ini juga bisa digunakan untuk semua jenis gitar akustik, termasuk gitar akustik-elektrik maupun gitar klasik nilon. Tentu, tetap saja material kayu yang digunakan dari gitar yang kita miliki akan sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan. 

Namun demikian, cobalah trik sederhana ini mudah-mudahan bisa membantu agar suara gitar kalian menjadi nyaring.

Baca Juga: Cara Terbaik Membersihkan Senar Gitar


Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT GITAR NYARING DENGAN MINYAK KAYU PUTIH"