Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR PETIKAN GITAR MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMULA

CARA BELAJAR PETIKAN GITAR MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMULA
Cara Belajar Peikan Gitar Mudah&Cepat

Cara Belajar Petikan Gitar Mudah dan Cepat Untuk Pemula - Belajar petikan gitar bisa dibilang gampang-gampang susah. Bahkan tak jarang yang sudah bisa bermain gitar ryhtem atau genjrengan dan mahir memainkan chord balok, tapi belum bisa bermain gitar petikan dengan baik dan benar. Untuk itu di artikel kali ini akan saya kupas tuntas teknik petikan gitar yang benar. 

Cara belajar petikan gitar yang paling mudah bagi seorang pemula adalah dengan cara seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini...

Langkah Pertama Belajar Petikan Gitar yang Benar

Langkah-langkah yang pertama ambil gitar kalian, boleh gitar akustik boleh gitar nylon klasik. Nah, selanjutnya posisikan gitar kalian senyaman mungkin. Biasanya saya ketika latihan menggunakan gaya atau posisi duduk dengan santai dan rileks. 

Setelah itu, renggangkan jari-jari tangan kanan kalian, buat serileks mungkin. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut ini....

  1. petik senar gitar mulai dari senar nomor 1 atau senar melodi atau senar yang paling bawah dengan menggunakan jari manis.
  2. Senar nomor 2 dipetik dengan menggunakan jari tengah. 
  3. Senar nomor 3 dipetik dengan menggunakan jari telunjuk. 
  4. Kemudian senar bass atau senar nomor 4, 5, dan 6 dipetik dengan menggunakan ibu jari alias jempol. 
  5. Dalam beberapa kondisi, senar bass yang nomor 4 bisa dipetik dengan menggunakan jempol atau jari telunjuk menyesuaikan dengan pola petikan yang kita mainkan.

Cara Melatih Petikan Gitar Bagi Pemula

Bagaimana cara melatih petikan gitarnya untuk pemula?

Pada tahap awal, fokus saja pada jari-jari tangan kanan kalian, yaitu ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Untuk jari kelingking tidak digunakan memetik senar, hanya berfungsi sebagai penyeimbang ataupun di istirahatkan saja. 

Fokus pada empat jari tadi yang kita gunakan untuk memetik senar gitar satu-per-satu sesuai dengan aturan penggunaannya seperti yang telah disebutkan di atas. 

Adapun untuk melatihnya pertama kali, kalian bisa menggunakan metronom atau dengan backing track untuk menyesuaikan temponya agar tidak lari-larian dan tidak fals. 

Bagaimana pola petikan yang digunakan dalam proses berlatih seorang pemula ketika baru belajar gitar khususnya belajar teknik petikan di gitar?

Pola Petikan Gitar Untuk Latihan Pemula

Untuk berlaih pola petikan gitarnya, kalian bisa menggunakan pola yang sederhana saja, bisa dengan pola petikan berurutan dulu yang paling mudah, yaitu senar 1, 2, 3, 4 dipetik secara berurutan.

Petik 1 2 3 4 --> 4 3 2 1, ulang terus sampai benar benar lancar. Nah, setelah itu kalian bisa mengacak-ngacak pola petikannya, misalnya 1 3 2 4 --> 4 1 3 2, atau 1 4 2 3 --> 3 4 1 2, dan lain sebagainya. 

Ingat, fokus pada jari tangan kanan kalian dulu. Kalian memetiknya tanpa tangan kiri menekan di fret atau kolom manapun, alias kalian memetik senar gitar loss tanpa membentuk chord atau tanpa menekan di senar mana pun. Jadi ingat, fokus di tangan kanan kalian dulu. 

Baca Juga: 6 Hal Yang Harus Kamu Pelajari Selain Chord Dasar Saat Baru Belajar Gitar

Bentuk Chord Untuk Berlatih Petikan Gitar

Setelah kalian menguasai pola-pola dasar tadi, kalian boleh mulai dengan dibarengi tangan kiri menekan di fret ataupun membentuk sebuah chord. Bentuk chord yang simpel saja, yang sudah kalian kuasai, cukup satu chord saja dulu. 

Ambil contoh chord Em (minor), itu adalah chord paling sederhana, cuma menggunakan dua jari tangan kiri yang ditekan di senar nomor 5 fret 2 dan senar nomor 4 fret 2 . Nah, kalian gunakan pola petikan tadi yang 1, 2, 3, 4 --> 4, 3, 2, 1. 

Kalian pakai itu untuk melatih petikannnya di awal-awal, sebelum nanti tahap selanjutnya tentu kalian bisa berpindah-pindah chord beserta dengan pola petikan yang diulang-ulang.

Ingat, jangan pindah-pindah pola petikan dulu. Gunakan satu atau dua pola petikan yang paling sederhana seperti tadi dulu sampai kalian benar-benar lancar dan tidak kagok ketika berpindah-pindah chord.

Itu adalah cara yang paling sederhana yang bisa kalian praktekkan jika ingin berlatih petikan gitar bagi seorang pemula. Kuncinya adalah fokus di tangan kanan kalian dulu. Tahu penjariannya, tahu posisi jari mana saja yang digunakan memetik senar nomor berapa sesuai aturan yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Nanti seiring berjalannya waktu, dari tangan kiri kalian juga digunakan ketika memetik senar gitar bebarengan dengan jari tangan kiri yang berpindah-pindah chord. Dan ingat, yang terpenting petikan kalian tidak meleset dulu. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Belajar Petikan Gitar

Ingat, ketika kalian memetik senar gitar, pastikan suaranya bersih tidak ada yang meleset. Misalnya ketika senar nomor 1 dipetik dengan jari manis, ya jangan sampai kalian ketika memetik senar nomor satu tadi, senar nomor 2, senar nomor 3 atau senar yang lainnya ikut dibunyikan. Biasanya ketika baru belajar hal ini sering terjadi, senar yang kesenggol / ikut terpetik.

Jika petikan kalian masih belum akurat tentu akan sangat repot. Artinya kalian tekniknya masih salah dan belum akurat. Latih saja terus-menerus, nanti lama-lama jika sudah terbiasa kalian akan bisa dengan lancar. 

Jika sudah terlatih, bahkan dengan pola petikan acak yang susah dan rumit pun, kalian akan bisa dengan cepat, mudah, dan tentunya akurat. Sekalipun dibarengi dengan tangan kiri yang memetik atau membentuk chord apa pun itu.

Cara Melenturkan Jari Untuk Bermain Gitar

Pesan Penutup 

Kunci berlatih petikan gitar yang benar buat pemula kurang lebih ya seperti itu. Satu pesan dariku lagi, temponya harus sesuai, jangan berlari-larian temponya karena itu akan sangat terasa.

Untuk cara melatihnya seperti tadi yang sudah disebutkan, bisa menggunakan metronom, bisa dengan backing track atau minta teman kalian membuat iringan berpindah-pindah chord. 

Yang terpenting fokus lancarkan dulu petikan keempat jari tangan kanan kalian dulu, karena biasanya itu yang paling susah bahkan bagi yang sudah lama belajar pun yang sudah lancar berpindah-pindah chord-nya, tapi bermain petikan dengan empat jari masih belum bisa. 

Semua terjadi karena mereka tidak biasa berlatih petikan yang benar dengan menggunakan 4 jari tangan kanan yang sesuai pemosisian dan porsinya masing-masing. 

Teknik petikan gitar semacam ini akan sangat berguna di banyak kondisi untuk memainkan banyak lagu. Jika kalian sudah lancar memetik senar gitar dengan keempat jari tangan kanan, kalian akan lebih pede dalam bermain gitar. 

Itu saja tips dan trik dan tutorial cara belajar petikan gitar mudah dan cepat untuk pemula yang dapat saya bagikan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian yang baru belajar gitar, khususnya yang ingin bisa bermain petikan gitar dengan benar. 

Baca Juga: Cara Belajar Petikan Fingerstyle 

Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR PETIKAN GITAR MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMULA"