Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 HAL YANG HARUS KAMU PELAJARI SELAIN CHORD DASAR KETIKA BARU BELAJAR GITAR


6 HAL YANG HARUS KAMU PELAJARI SELAIN CHORD DASAR KETIKA BARU BELAJAR GITAR

Dalam belajar gitar ada hal-hal penting yang harus kamu pelajari, khususnya bagi yang masih pemula. Hal-hal apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Tangga Nada Dasar

Pertama yaitu tangga nada dasar. Tangga nada dasar yaitu tangga nada yang di dalamnya tidak terdapat nada kres maupun mol sehingga akan memudahkan kita dalam belajar tangga nada. Nada dasarnya yaitu C, karena di tangga nada C kita tidak akan menemui nada-nada kres maupun mol. Jarak atau interval nadanya yaitu 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

 2. Teknik Strumming

Yang berikutnya adalah teknik strumming atau “genjrengan.” Kamu bisa belajar mulai dari teknik upstroke maupun downstroke. Dan untuk langkah selanjutnya gabungkan kedua teknik strumming tersebut (up-down stroke). Walau belajar strumming ini terlihat mudah dan sepele namun belum tentu seorang gitaris pemula bisa membuat variasi genjrengan yang lancar dan enak didengar.

3. Teknik Petikan

Setelah belajar cara menggenjreng yang benar Kamu juga wajib mempelajari cara memetik senar (fingerpicking). Untuk lebih jelasnya coba baca postingan sebelumnya yang berjudul 4 Langkah Mudah Belajar Petikan Fingerstyle

Setidaknya Kamu harus melatih ke-empat jarimu untuk memetik senar satu per satu maupun bebarengan dengan lancar. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai menaikkan tempo petikan kalau petikan Kamu belum terdengar bersih.

4. Fingering

Fingering yaitu penempatan posisi jari. Penempatan posisi jari terbagi menjadi dua yaitu fingering tangan kanan (fingerpicking) dan fingering tangan kiri. Fingering disini yang kita bahas adalah penempatatan posisi jari tangan kiri kita ketika menekan senar.

Poin pentingnya yaitu setiap jari Kamu harus menguasai satu fret (kolom) pada gitar. Sebagai latihan, Kamu bisa memetik senar satu sambil menekannya dari fret satu sampai fret empat dengan ke-empat jari tangan kirimu.

Setelah itu, lanjutkan ke senar dua sampai ke senar enam dan ulangi terus sampai benar-benar lancar. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai pemanasan setiap mulai bermain gitar agar jari-jari Kamu tak terasa  kaku.

5. Family Chord

Selain belajar chord dasar kamu juga wajib mempelajari family chord. Family chord atau grup chord adalah rumus yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita ketika mencari chord apa saja yang dimainkan dalam sebuah lagu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan sebelumnya yang berjudul Rumus Praktis Menebak Chord Sebuah Lagu

6. Membaca Tablature

Yang terakhir Kamu bisa mempelajari cara membaca tab gitar. Hal ini sangatlah penting bagi Kamu yang ingin "benar-benar" bisa bermain gitar. Jika kamu mengikuti sekolah musik, pasti pelajaran ini tak luput disisipkan di awal-awal peetemuan.

Dengan bisa membaca tablature, maka Kamu akan mudah memahami pelajaran-pelajaran yang diberikan. Tab disini juga difungsikan untuk menuliskan chord maupun notasi dengan singkat agar mudah dimengerti oleh semua orang.

Dengan adanya tab, seorang gitaris yang ingin membagikan hasil kreasi atau aransemennya tak perlu repot-repot menjelaskan satu per satu cara memainkannya. Cukup dengan menuliskannya ke dalam sebuah tablature gitar agar bisa dipelajari oleh semua orang.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 HAL YANG HARUS KAMU PELAJARI SELAIN CHORD DASAR KETIKA BARU BELAJAR GITAR"