Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 LANGKAH BELAJAR PETIKAN FINGERSTYLE

Dalam permainan fingerstyle mewajibkan seorang gitaris memetik senar gitar satu per satu, agar nada yang dihasilkan lebih variatif. Namun hal ini tidak selalu mudah bagi setiap pemain gitar, terutama bagi seorang pemula. Berikut ini tuntunan cara memetik senar gitar yang baik dan benar, agar bisa memainkan fingerstyle dengan lancar.

1. Penempatan Jari (fingering dan fingerpicking)

Hal ini sangat penting diperhatikan, penempatan jari yang salah akan membuat jari-jari kita terasa kaku, sehingga sulit untuk memetik maupun menekan senar gitar. Untuk penempatan jari tangan kanan, aturannya sebagai berikut:
  • Jempol untuk memetik senar nomor 4, 5, 6 (senar bass)
  • Jari telunjuk untuk memetik senar nomor 3
  • Jari tengah untuk memetik senar nomor 2
  • Jari manis untuk memetik senar nomor 1  

Nb: Terkadang jari telunjuk juga digunakan untuk memetik senar nomor 4 pada kondisi tertentu.

Selain itu untuk jari tangan kanan penamaannya meliputi: p (jempol), i (jari telunjuk), m (jari tengah), a (jari manis, dan ch (jari kelingking).

Nb: Penggunaan jari kelingking untuk memetik senar gitar amat jarang. Jari kelingking umumnya hanya digunakan sebagai sandaran atau pengatur posisi jari lainnya saja.

Sementara itu, jari tangan kiri yang digunakan untuk menekan senar hanya 4 jari, dan umumnya dalam tab gitar yang lengkap disimbolkan dengan: 1 (jari telunjuk), 2 (jari tengah), 3 (jari manis), 4 (jari kelingking).  Sebagai catatan, satu jari menguasai satu fret atau kolom.

2. Teknik Memetik Senar

Ada 2 teknik dasar memetik senar:

Free Stroke, yaitu teknik memetik senar dengan menekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, dan setelah selesai memetik, jari telunjuk tidak bersandar (free) pada senar kedua.

Rest Stroke, yaitu teknik memetik senar dengan menekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, dan setelah selesai memetik jari telunjuk bersandar (rest) pada senar kedua atau senar yang berada di atasnya.

3. Memetik Gitar dengan Ujung Jari/ Kuku

Biasakanlah untuk memetik senar dengan ujung jari atau kuku, agar suara yang dihasilkan maksimal. Bagi seorang pemula akan terasa menyakitkan, karena gesekan senar dengan ujung jari. Tetapi jika sudah terbiasa jari-jari kita tidak akan terasa sakit lagi. 

4. Latihan Fingering 

Setelah di awal sudah dibahas penempatan jari (fingering dan fingerpicking), kini saatnya untuk mempraktekannya. Sesuaikan petikan jari tangan kanan dengan fingering jari tangan kirimu. Untuk langkah awal mainkan suatu chord dengan cara petikan.

Variasikan petikan (fingerpicking) tangan kananmu. Misalnya 1, 2, 3, 5, 2, 1, atau 1, 3, 5, 4, 1, 2, dan masih banyak lagi. Untuk contoh notasi tangan kanan dan tangan kiri dalam dalam belajar fingering maupun fingerpicking akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 3 Langkah Utama Memperkaya Aransemen Musik

6 komentar untuk "4 LANGKAH BELAJAR PETIKAN FINGERSTYLE"

  1. makasih gan ilmunya sangat membantu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga bisa semakin meningkat skill permainan gitar kamu sob. . .

      Hapus
  2. makasih bang, cara ngeslap gitar gmna bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan dulu jari-jari kita sudah lentur, lemas, jangan kaku. Lalu ayunkan pada senar ke berapa dan di fret ke berapa yang dituju sambil tarik atau pantulkan pukulan jari kita tadi.

      Hapus
  3. Bang mau nnya, klo msalnya jri kiri kita di kunci C,Am, Dst yg hrus di petik snar keberapa aj bang tolong di jelasin msh bngung soalny:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipetik yg nadanya masuk ke dalam root chord itu sendiri. Misal C itu 1,3,5, artinya bisa dibunyikan nada c e dan g untuk lebih mudahnya. Mungkin bisa baca artikel saya yang lain terkait nada pembentuk chord dan scale. Salam

      Hapus