Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING AMPUH DAN EFEKTIF MELENTURKAN JARI UNTUK BERMAIN GITAR


BERLATIH FINGERING

Kasus ini biasanya kerap dialami oleh para gitaris pemula yang baru belajar gitar. Ya, hal ini sangatlah umum dan wajar, tak terkecuali bagi penulis sendiri. Dahulu penulis juga pernah merasakan betapa susahnya jari-jari untuk bergerak atau berpindah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, alias memainkan chord dan not.

Berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan penulis lalui dalam belajar gitar, dan nampaknya masih saja belum ada perubahan yang benar-benar nyata. Jari-jari tetap terasa masih kaku dan canggung dalam memainkan chord. Alih-alih ingin segera belajar chord gantung, malah bermain chord dasar saja belum benar-benar lancar.

Nah, curhat penulis lanjutkan dulu ya:v. Setelah berusaha dan terus berusaha akhirnya penulis punya metode yang tanpa sengaja waktu itu penulis ketahui setelah membuka Youtube. Alih-alih ingin mencari referensi gitar bagus yang pas di kantong, malah penulis menemukan sebuah video yang berisi tentang tutorial melenturkan jari dalam bermain gitar.

Setelah melihat video tersebut penulis langsung terinspirasi, dan seketika itu juga langsung mencobanya. Ternyata ajib, hanya dalam beberapa hari trik itu benar-benar ampuh dan nyata. Luar biasa!

Hehe, maaf beribu maaf mungkin penulis terlalu bertele-tele. Kalau Kamu berpikir penulis ingin membuat Kamu penasaran, itu sangatlah tepat. Yups, tujuan penulis tak lain dan tak bukan adalah untuk membuat Kamu ini semakin penasaran dan tak sabar menunggunya. Santai saja, just kidding brother.

Oke, cukup dulu curcol dan basa-basinya. Kali ini kita langsung masuk ke materi utamanya saja, dan penulis harap Kamu benar-benar serius untuk membaca, memahami, melatih, dan mulai menerapkannya dalam permainan Kamu.

Cara melenturkan jari

Hal pokok dan merupakan kunci utamanya yaitu adalah fingering. Yups, meski terlihat simpel dan sepele akan tetapi hal tersebut mempunyai pengaruh yang amat besar dalam perkembangan Kamu belajar gitar, yang pastinya akan membuat jari-jari Kamu semakin lentur sehingga mudah untuk digerakkan.

Lalu, seperti apa fingering itu?
Fingering yaitu berarti penempatan jari, jadi fingering adalah penempatan jari kita pada fingerboard untuk memainkan semua not yang ada di gitar. Sebagai suatu sarana latihan, tentunya bukan langsung melulu kita memainkan chord. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk langsung memainkan chord kalau jari Kamu belum benar-benar mendapatkan feelnya.

Untuk itu, sebelum bermain gitar penulis “sangat-sangat” menyarankan untuk selalu melakukan pemanasan jari dengan teknik fingering tadi. Seperti apakah teknik fingering yang baik dan benar? Baiklah, mari kita lanjut.

Teknik fingering untuk melenturkan jari

Sebagai sarana latihan melenturkan jari, fingering bisa Kamu lakukan dengan cara memainkan senar satu per satu dari senar satu sampai enam ataupun sebaliknya. Perlu Kamu ketahui juga, pastikan satu jari Kamu harus bisa mengusai satu fret, dari fret satu sampai yang paling ujung.

Pada lagu-lagu tertentu melodi dan bassline nya bisa terletak cukup jauh bahkan bisa melebihi yang penulis sebutkan tadi. Kalau kita hitung, satu jari satu fret berarti kita wajib menguasai empat fret dengan empat jari (jarak empat). Namun pada lagu tertentu bisa mencapai jarak lima atau enam, khususnya bila kita ingin memainkan fingerstyle.

Baca: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Fingerstyle

Cara melakukan fingering

Fingering sebagai pemanasan untuk melenturkan jari bisa diterapkan dengan berbagai cara dan beragam bentuk. Intinya sudah penulis singgung tadi, yaitu menempatkan setiap jari per fret pada gitar. Kamu bisa saja langsung mencobanya secara urut, artinya langsung memainkannya dari senar satu misalnya.

Sebagai gambaran, pencet senar satu pada fret satu dengan menggunakan jari telunjuk, lalu lanjutkan menekan senar satu fret kedua dengan jari tengah, begitu seterusnya sampai keempat jari memencet semua. Setelah itu Kamu bisa langsung berpindah ke senar dua sampai senar keenam dengan cara yang sama.

Nah, pada langkah ini yang benar-benar harus Kamu perhatikan. Ketika memindahkan jari ke senar maupun fret berikutnya, jangan pernah mencoba untuk mengangkat jari Kamu. Teknik yang benar adalah membiarkan jari berpindah dengan cara bergeser secara perlahan dan mengalir begitu saja dengan lentur.

Intinya, jangan langsung mengangkat semua jari dan melepaskan tekanan pada fret sebelumnya begitu saja, cukup satu-satu dan lakukan secara perlahan. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit karena mungkin jari-jari akan bertabrakan atau lebih tepatnya menyenggol satu sama lain (antar senar / fret dengan yang lainnya).

Kamu bisa mulai memvariasikannya dari senar satu sampai enam dan fret satu sampai fret empat. Setelah sudah Kamu pencet semua, Kamu bisa mulai berganti melakukan fingering pada fret lima dan seterusnya.

Disamping itu, perlu Kamu perhatikan juga bahwa ketika memainkannya harus benar benar bersih, artinya tak boleh ada nada yang terdengar mati, fals, ngeprek, noise atau apalah. Jangan beralih ke senar dan atau fret berikutnya jika nada yang Kamu mainkan belum terdengar bersih.

Atau kalau tidak Kamu juga bisa menyelesaikannya dari senar satu dulu hingga fret terakhir di nada yang paling tinggi baru kemudian beralih ke senar berikutnya. Kamu juga bisa memainkannya secara serong dari bawah ke atas maupun sebaliknya.

Contoh not yang dimainkan dalam latihan fingering

1.1 1.2 1.3 1.4                             1.1 2.2 3.3 4.4

2.1 2.2 2.3 2.4, dst naik               2.1 3.2 4.3 5.4, dst naik

6.1 5.2 4.3 3.4                              6.1 5.2 4.3 3.4

5.1 4.2 3.3 2.4, dst menurun        5.1 4.2 3.3 2.4, dst menurun

Nb: 1.1 berarti senar satu kolom pertama, 3.2 berarti senar tiga kolom dua, dst.

Selain not-not diatas Kamu juga bisa mengkreasikannya sendiri guna menemukan titik yang paling tepat yang bisa memacu jari Kamu supaya tidak kaku lagi.

Kesimpulan:

Kini semua teori mengenai teknik melenturkan jari sudah berhasil Kamu kuasai. Saatnya untuk langsung praktek dari sekarang juga. Jadikan suatu rutinitas sebelum memulai belajar gitar. Kamu bisa melakukan fingering setidakknya 5-10 menit setiap kali akan memainkan gitar. Dengan begitu, membentuk karakter jari yang lemas, lentur, dan lincah bukanlah suatu hal yang mustahil lagi.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membuat Aransemen Gitar Tunggal (Fingerstyle)






















3 komentar untuk "CARA PALING AMPUH DAN EFEKTIF MELENTURKAN JARI UNTUK BERMAIN GITAR"

  1. keren nih penulisnyA sangat detail... Makasih😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih banyak sob. Jangan bosan untuk mampir di blog saya ini ya:)

      Hapus
  2. Apakah satu minggu blom bisa lentur tangan untuk memindahkan kunci gitat?

    BalasHapus