Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW HARGA DAN SPESIFIKASI GITAR YAMAHA C-315

REVIEW HARGA DAN SPESIFIKASI GITAR YAMAHA C-315
Review Gitar Yamaha C-315

Review Gitar Nilon Yamaha C-315 Siapa yang tak kenal produsen gitar yang satu ini? Rasa-rasanya tidak mungkin. Yamaha dalam produksi alat musiknya sudah sangat mendunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sedari dulu gitar Yamaha dikenal punya kualitas yang mumpuni dalam menciptakan alat-alat musik. Bahkan tak jarang di kaum orang awam tentang musik, kalau ada alat musik yang bagus seperti gitar, dengan polosnya mereka akan mengeluarkan pertanyaan klasik yang amat diplomatis: "Apa mereknya? Yamaha, ya?"

Nah, gitar yang kali ini akan kita review adalah gitar nylon Yamaha  C-315. Gitar ini adalah gitar low end asli keluaran Yamaha Yang juga diproduksi secara masal di indonesia. Gitar ini memiliki harga yang sangat terjangkau, mengingat pasar yang dituju memang cenderung kalangan menengah ke bawah.

Jangan salah sangka, meski dipatok dengan harga murah, kualitas gitar ini tidak bisa dikatakan buruk. Dengan diluncurkannya pada rate harga yang rendah, Yamaha C-315 mampu bersaing dengan para pesaingnya, bahkan termasuk yang terrbaik di kelasnya.

Gitar yamaha C-315 sendiri masuk dalam kategori gitar asli pabrikan Yamaha dengan budget termurah. Sobat bisa mendapatkannya di rentang harga satu juta sampai dengan satu setengah juta. Gitar ini bisa sobat beli baik di toko fisiknya langsung maupun di toko online di semua jaringan penjual alat musik yang terpercaya. Mengingat produksi dari gitar klasik yang satu ini memang masif sekali.  

Spesifikasi Gitar Yamaha C-315

Gitar yamaha C-315 dikonstruksikan dengan kombinasi kayu yang berkualitas sehingga cocok untuk bahan gitar klasik. Dikonstruksikan dengan material spruce pada sisi depan dan agathis pada sisi belakang. Dengan perpaduan dua material inti tersebut, gitar ini mampu tone lembut yang  berkarakter. Pada bagian top dan fingerboard, gitar Yamaha C-315 memakai kayu nato dengan jumlah fret sebanyak sembilan belas. Jumlah yang sangat ideal untuk ukuran sebua gitar klasik yang minimalis.

Keawetan

Gitar Yamaha C-315 dirancang dengan menggunakan kayu-kayu berkualitas baik seperti yang telah penulis paparkan di atas. Kayu-kayu itu memang khusus dan paling lazim digunakan untuk alat-alat musik berdawai seperti gitar. Selain itu, material kayu yang dipergunakan ini juga cukup kokoh sehingga menjamin perlu ketahanan atau lebih tepatnya keawetan dari gitar ini.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah seperti tabung rusak, neck bengkok, atau malah lecet-lecet dan dent yang bisa saja terdapat di seluruh bodi gitar apabila perawatan yang sobat lakukan tidak maksimal. Tapi sobat jangan khawatir, hal-hal seperti itu sangatlah wajar bahkan untuk ukuran gitar mahal yang harganya sampai berpuluh-puluh juta dengan material full solid. 

Untuk lebih lengkapnya, sobat bisa baca artikel ZAB yang berjudul: Cara Merawat Gitar dengan Baik dan Benar.

Tone yang Dihasilkan

Dengan harga yang sangat terjangkau, suara yang dihasilkan gitar Yamaha C-315 ini juga sudah cukup baik serta berkarakter, bahkan lebih dari gitar sekelasnya. Tone yang dihasilkan gitar ini dari keenam senar nilonnya cenderung bass dan warm. 

Dengan didukung material kayu berkualitas yang digunakan pada bodi dan fretboard-nya membuat suara yang dihasilkan gitar Yamaha C-315 lebih berkarakter. Untuk bermain fingerstyle pun  genjrang-genjreng ria setiap hari, gitar ini juga sangat layak.

Jika sobat ingin belajar fingerstyle, mungkin bisa lihat di sini: Cara Mudah Belajar Gitar Klasik Fingerstyle Untuk Pemula

Harga dan Pertimbangan

Harga yang ditawarakan sangat terjangkau untuk ukuran gitar original pabrikan. Apalagi dengan label nama besar Yamaha di sana. Yamaha  C-315 hanya dipatok dengan harga Rp.100.000-1.500.000. Bahkan bila sobat sedang beruntung, gitar ini bisa juga didapatkan dengan kisaran harga kurang dari sejuta. 

Dengan harga semurah itu, sobat sudah bisa mendapatkan satu unit gitar klasik Yamaha C-315 yang berkarakter, berkualitas, dan yang pastinya gris dari pabrik. Banyak kelebihan yang akan sobat peroleh ketika membeli gitar Yamaha C-315 ini. 

Sebut saja untuk bermain fingerstyle, memainkan fingerpicking ataupun untuk bermain rhytem pada gitar ini sakan terasa nyaman, baik untuk gitaris pemula maupun yang sudah mahir sekalipun.

Nah, demikian sekilas review gitar Yamaha C-315. Bila sobat ingin dibuatkan review gitar Yamaha klasik terbaik yang lain bisa dituliskan di kolom komentar.

Baca juga: Review Gitar Klasik Cortt AC-10

Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "REVIEW HARGA DAN SPESIFIKASI GITAR YAMAHA C-315"