Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS AMPUH MERAWAT GITAR AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

TIPS AMPUH MERAWAT GITAR AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Pernahkah Kamu bertanya-tanya bagaimana cara merawat gitar? jawabannya ada di sini. Untuk menjaga gitar supaya tetap awet dan tahan lama, merawat gitar menjadi hal yang tak boleh Kamu lewatkan. Berikut ini beberapa tips merawat gitar, supaya gitar Kamu tetap awet dan tahan lama.

Tips pertama (meletakkan gitar)

Hal yang satu ini kelihatannya sepele, namun seringkali kita abaikan. Meletakkan gitar yang cenderung asal-asalan dan pada tempat yang salah bisa meningkatkan resiko kerusakan pada gitar. Misalnya saja kebiasaan kita meletakkan gitar di atas meja, kasur, atau pun menyandarkannya pada bidang datar seperti tembok dengan permukaan licin dapat membuat gitar kita rawan mengalami kerusakan.

Gitar yang diletakkan asal-asalan seperti itu akan meningkatkan resiko gitar jatuh, dan ujung-ujungnya gitar mengalami gangguan. Selain itu, gitar juga akan cepat kotor karena mudah terkena debu. Sebaiknya Kamu meletakkan gitar pada stand gitar, jika Kamu sering memainkannya.

Jika Kamu jarang memainkannya atau bermaksud untuk meninggalkannya cukup lama, letakkanlah gitar pada softcase / hardcase gitar yang banyak dijual di pasaran.

Tips kedua (membersihkan gitar)

Tips yang berikutnya adalah, rutinlah membersihkan gitar yang Kamu miliki. Baik senar maupun bodi gitar harus secara rutin dibersihkan, agar selalu bersih dan terbebas dari debu dan kotoran. Senar gitar yang terkena debu dan kotoran-kotoran seperti yang berasal dari bekas keringat bisa memicu timbulnya karat pada senar.

Untuk membersihkan senar gitar, kini sudah banyak produk-produk yang bisa Kamu gunakan untuk memudahkannya. Sebut saja wd40 string cleaner, ada juga GHS Fast Fret, dan masih banyak lagi. Sementara itu, untuk membersihkan bodi gitar Kamu bisa memakai beberapa produk seperti Ernie Ball Guitar Polish.

Namun yang terpenting Kamu harus rajin membersihkan gitar yang Kamu miliki. Usahakan setiap selesai memakainya jangan lupa dibersihkan, paling tidak dilap seadanya.

Tips ketiga (mengendurkan senar)

Tips terpenting yang terakhir adalah mengendurkan senar gitar setiap selesai dipakai, atau saat Kamu bermaksud tidak memainkannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin bagi sebagian orang anggapan ini kurang benar, karena umumnya cara seperti ini hanya diterapkan pada gitar yang terbuat dari bahan solid saja (full kayu).

Namun walau bagaimanapun, hal ini tak ada salahnya Kamu lakukan, terutama saat Kamu berniat untuk meninggalkan gitar Kamu / tidak memainkannya dalam waktu yang cukup lama.  

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "TIPS AMPUH MERAWAT GITAR AGAR AWET DAN TAHAN LAMA"