Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR SOLO GITAR "FINGERSTYLE" (DASAR)

BELAJAR GITAR FINGERSTYLE DASAR

Halo sobat setia pembaca ZAB, salam gitar mania. Kali ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai cara belajar fingerstyle dimulai dari yang paling awal / dasar. 

Bicara soal fingerstyle sendiri adalah salah satu gaya permainan gitar yang paling menarik. Untuk lebih jelasnya bisa sobat baca di artikel saya sebelumnya yang berjudul: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Fingerstyle.

Untuk mampu mendalami gaya permainan gitar yang sering disebut dengan 'gaya jari' ini kita perlu belajar secara step-by-step. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara belajar fingerstyle dimulai dari langkah yang paling dasar. 

Berikut ini metode termudah yang bisa sobat gunakan untuk memulai belajar fingerstyle.

Langkah pertama

Belajar Fingering

Ya, langkah awal yang sobat bisa lakukan sendiri adalah mulai belajar fingering. Fingering itu sendiri maksudnya adalah penempatan jari kita ketika menekan maupun memetik senar (fingerpicking). Untuk lebih jelasnya bisa sobat baca sendiri di artikel saya sebelumnya yang berjudul: Cara BelajarPetikan Fingerstyle dan juga Belajar Fingering Pada gItar

Langkah Kedua

Mulai mencari materi pembalajaran

Sebagai pemula yang baru belajar fingerstyle, kita perlu muluk-muluk untuk bisa membuat arnsemen solo gitar (fingerstyle) sendiri. Fokus kita adalah bisa memainkan karya orang lain yang telah ada sebelumnya denagn baik, benar, serta lancar. 

Untuk itu, kita bisa mencari materinya di buku-buku gitar khususnya buku gitar yang secara serius membahas mengenai permainan solo gitar. Atau untuk lebih mudah lagi sobat bisa mencari berbagai macam materi di internet secara gratis, mudah, dan praktis. 

Untuk materinya sendiri bisa berupa tablature-tablature gitar yang banyak tersedia di internet seperti pada situs tab gitar ternama Songster.com. Untuk itu, sobat juga harus bisa membaca tablature gitar secara benar dan lancar. Sobat bisa mencari materi pembelajarannya langsung di Google. 

Langkah Ketiga 

Setelah sampai pada tahap ini, sobat wajib untuk sering berlatih secara konsisten untuk memainkan berbagai aransemen fingerstyle lagu apapun yang mudah ataupun yang sobat suka. Beberapa lagu termudah yang dapat penulis rekomendasikan dinataranya adalah Happy Birthday, Hely, atau lagu kebangsan macam Indonesia Pusaka pun bisa sobat jadikan sebagai referensi pembelajaran sobat. 

Untuk langkah yang berikutnya adalah tahap lanjutan berupa cara membaca not balok, belajar tempo yang paling tepat, serta membuat sendiri aransemen gitar tunggal (fingerstyle) secara pribadi lagu apun yang sobat suka. 

Untuk cara membuat aransemen gitar tunggal sendiri sudah pernah penulis berikan materinya yang bisa sobat baca di sini

Penutup:

Untuk bisa menguasai permainan gitar fingerstyle diperlukan ketekunan dan keyakinan yang benar-benar kuat. Maka dari itu, ita harus belajar dengan sungguh-sungguh dan konsisten setiap hari setidaknya 30-60 menit per hari penulis rasa sudah sangat baik bila dilakukan secara konsisten dan berlanjut. 

Terakhir, kunci utama dari keberhasilan kita adalah tekad dan motivasi yang kuat. Jangan lupa pula untuk berdoa pada Yang Maha Kuasa. Keep spirit! You can do it!

Semoga bermanfaat.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Belajar Gitar Secara Otodidak







Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR SOLO GITAR "FINGERSTYLE" (DASAR)"