Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 TEKNIK PALING UMUM MENCARI CHORD GITAR

3 TEKNIK PALING UMUM MENCARI CHORD GITAR
Teknik Mencari Chord Gitar 

Dalam bermain gitar tentu tak terlepas dari yang namanya chord. Chord gitar merupakan suatu materi pokok dari dasar sampai tingkatan tersulit yang bisa untuk terus diulik.

Untuk bisa memainkan chord tentu kita harus mengenal bagaimana bentuk serta cara memainkannya dengan benar. Kita bisa mencari referensi di internet dan buku-buku musik, atau mungkin bertanya pada orang yang lebih paham.

Setelah kita mengetahui bagaimana itu bentuk-bentuk chord dan mulai bisa menerapkannya pada permainan kita tentu skala prioritas kebutuhan kita akan semakin meningkat. Mana mungkin kita hanya mau bermain yang istilahnya hanya "gitu-gitu saja".

Jika sudah mengenal yang namanya chord, kita akan terpacu untuk mengulik bagaimana chord itu bisa terbentuk dan nah, ini yang paling utama. . . yaitu bagaimana memainkan chord dalam sebuah lagu. 

Selanjutnya kita juga akan memilih apa saja chord yang paling tepat yang harus digunakan untuk mengiringi suatu lagu yang kita sukai agar terdengar indah.

Ketika masih baru belajar gitar, yang ada dipikiran kita mungkin hanya sebatas mencari chord itu pada internet dan buku-buku chord gitar yang banyak dijual di pasaran. 

Akan tetapi, akankah kita terus seperti ini? Selalu mengandalkan hasil cipta karya orang lain, apakah itu "benar-benar" baik?

Sebagai jalan keluar untuk bergerak maju dan meningkatkan kemampuan kita dalam bermain gitar, kita wajib bisa mencari chord gitar sendiri. 

Entah awalnya yang masih belepotan dan masih banyak yang kurang pas, kita harus selalu mengupayakan untuk mencarinya sendiri.  Hal tersebut akan memacu otak kita untuk terus bekerja menajamkan feeling yang kita miliki.

Maka dari itu, mulai sekarang juga jadilah seorang gitaris yang mandiri, tidak manja, dan menjadi seseorang yang kreatif guna menghiasi gemerlap gumpita belantara musik dunia ini.

Teknik mencari chord gitar

Untuk bisa mencari chord gitar sendiri, kita harus mengetahui beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mencari chord yang paling tepat. 

Nah, cara mencari chord yang paling umum digunakan oleh para gitaris baik yang kelas pro maupun pemula itu sendiri ada tiga macam, yang akan penulis jelaskan pada artikel ini.

1. Mencari Melodi 

Teknik mencari chord gitar yang pertama adalah teknik mencari melodi. Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mencari melodi lagunya terlebih dahulu. Kita bisa mencarinya dengan memainkan sol mi sasi nya (tangga nada) terlebih dahulu.

Unuk mengetahui soal tangga nada bisa kamu baca di artikel Rumus Pembentukan Akor / Chord Gitar

Kita bisa mulai memainkann not-not tersebut secara acak hingga kita bisa menemukan not atau nada awal yang sekiranya paling tepat. 

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga, tentunya kita juga harus sudah bisa menguasai konsep dasar tangga nada dengan baik.

Setelah menemukan sebuah not awal yang paling tepat, kita bisa menentukan terletak pada nada dasar apa lagu yang akan kita mainkan.

Pada umumnya, untuk lagu-lagu pop terutama lagu pop Indonesia nada / not awal tersebutlah yang sekaligus menjadi nada dasarnya, tetapi tak menutup kemungkinan diluar ketentuan tersebut. 

Setelah berhasil menemukan nada dasarnya,  Kita bisa berlanjut menentukan family chordnya.


Jika sudah begitu, tinggal rangkai keseluruhan not yang telah berhasil kita temukan, dan kita bisa mencoba mengiringi lagu yang kita inginkan secara utuh. Apabila nantinya kita rasa ada yang kurang tepat kita bisa mengeditnya kembali.

Kunci pada langkah ini yaitu harus benar dalam menentukan nada dasarnya terlebih dahulu. Jika masalah family chord itu bisa dipelajari dan dikaji kembali. Jadi poin pentingnya terletak pada tahap pencarian nada dasarnya.

2. Mencari Bass

Metode ini tentu sangat digemari oleh para gitaris bass. Dalam mencari chord gitar pun bisa dicari dengan cara mencari bassnya terlebih dahulu. 

Suatu kelebihan dari teknik ini yaitu umumnya sangat efektif bagi para pemula yang feeling-nya belum begitu bagus.


Secara alamiah, memang nada bass lebih mudah ditangkap oleh pendengaran kita. Karakter suaranya yang bulat dan "mendengung" cukup akrab di telinga. 

Pada sebuah lagu sendiri, perpindahan chord sangat terasa ketika bass yang dimainkan berubah (berganti nada).

Maka dari itu, metode mencari chord lewat bass ini bisa menjadi alternatif bagi kita yang  yang masih belum peka terhadap nada.

3. Memainkan Chord Gitar Secara Acak 

Jika kamu masih benar-benar pemula dan bingung mencari cara mencari chord yang paling simpel dan gampang mungkin metode terakhir ini bisa kamu jadikan pilihan. 

Yups, bagi seorang pemula, tentu kamu sudah tak asing lagi dengan yang namanya chord. Dengan begitu jalan paling mudah untuk menemukan chord yang tepat adalah dengan memainkan chord secara acak, dengan catatan, mainkan chord 85 %-90% sesuai rumus family chord.

Dengan memainkan chord yang hanya terdiri dari tujuh macam (dasar) pasti apabila kita ulang-ulang lambat laun akan terasa, mana saja chord yang paling tepat untuk digunakan.

Cara Mencari Chord Gitar dengan Feeling

Sebenarnya jika disimpulkan ada rambu-rambu yang bisa membantu kamu untuk menemukan chord yang digunakan dalam sebuah lagu. 

Namun, pastikan kamu sudah membaca artikel sebelumnya di sini yang memabahas soal family chord lengkap dengan tabelnya. 
Patokan mencari chord gitar dengan feeling adalah sebagai berikut: 
  • Pada mayoritas awal lagu pop Indonesia maupun luar negeri umumnya menggunakan nada dasarnya. Contoh: Lagu "Semua Tentang Kita" diawali chord C, berarti nada dasar lagu itu adalah C. Artinya kita pakai family chord C untuk mencari chord-chord berikutnya. 
  • Jika nadanya terdengar naik atau tinggi, maka gunakan chord ketiga. Dalam contoh kasus ini menggunakan family chord C. Berarti yang dipakai adalah chord Em. 
  • Kalau nadanya naik atau meninggi, namun dengan suasana yang lebih bright atau nuansa grande yang memberikan "sentuhan" berbeda, maka chord yang bisa dipakai yaitu chord kelima atau keenam.
  • Kalau nadanya terdengar turun atau rendah, tapi memberikan nuansa yang berbeda, maka chord yang biasa dipakai adalah chord keempat. 
  • Jika nadanya sedikit lebih tinggi dari awal lagu atau nada dasarnya, maka chord yang dapat digunakan adalah chord kedua. 
  • Chord yang dapat dipakai untuk "jembatan" dari bait pertama ke reff atau dari bait-ke-bait, biasanya memakai chord kedua. 
Jika ingin mengetahui lebih lanjut soal rumus bantuan ini bisa kamu baca pada artikel berikut: 6 Langkah Mudah Menebak Chord Lagu

Penutup:

Mencari chord gitar sebenarnya gampang-gampang susah. Banyak metode yang bisa dilakukan untuk mencari chord-chord apa saja yang dimainkan dalam sebuah lagu. Semua metode itu hanya sebagai sarana pembantu untuk mempermudahkan kita dalam mencari chord.

Sejatinya, yang paling memegang peranan penting adalah feeling yang kita miliki. Ya, kalau feelnya belum dapat mau dikata apa lagi. Yang terpenting jangan pernah berhenti berlatih dan berdoa serta tanamkan keyakinan dalam diri kita, bahwa kita pasti bisa!

Semoga bermanfaat.














2 komentar untuk "3 TEKNIK PALING UMUM MENCARI CHORD GITAR"