Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Trik Super Jitu Menebak Chord Lagu

trik menebak chord gitar, trik ampuh mencari chord

Berbicara soal bermain gitar, tentunya tak terlepas dari sekumpulan chord, yang merupakan gabungan nada yang kita mainkan. Sebagai seorang ditaris, wajib hukumnya untuk tahu dasar-dasar dari perpindahan chord. 

    Bagi gitaris pemula, mereka umumnya kesulitan menebak ke mana chord akan berpindah dalam sebuah lagu. Hal ini sangatlah wajar, karena gitaris pemula umumnya "feeling"-nya belum terbentuk dengan sempurna. Atau malah bisa jadi belum ada. 

    Nah, pada kesempatan ini, penulis akan membagikan trik jitu menebak chord-chord yang dipakai dalam sebuah lagu dengan cepat, mudah dan akurat. 

1. Pahami Family Chord

Ini dia trik ampuh yang pertama dan utama. Untuk bisa menebak perpindahan chord dari sebuah lagu, kita harus tahu dulu apa itu family chord. Pada artikel sebelumnya hal ini sudah pernah saya bahas. Namun, tak ada salahnya akan saya kupas secara lebih singkat dan tepat. 

    Jadi begini, dalam bermain gitar kan, sobat biasanya sudah belajar beberapa posisi chord bukan? Ya, meskipun itu baru sebatas chord dasar, tapi ini akan sangat berguna dalam pembahasan family chord ini. Sebuah ilmu, atau kalau dalam dunia matematika bisa dibilang rumus. Meskipun sebenarnya dalam bermain musik yang bagus itu tak ada rumus pastinya, tapi ini akan sangat membantu sobat semua, khususnya bagi yang masih pemula untuk bisa menemukan dan menebak semua perpindahan chord dari sebuah lagu. 

    Sebelumnya, saya mau bertanya, chord apa yang sudah sobat hapalkan betul letak-letaknya? C, Am, Dm, G, ke C lagi. Hehe, tenang sobat, saya bukan sedang bernyanyi lagunya Kuburan Band yang judulnya lupa-lupa ingat ya sobat. 

    Oke, jadi dalam sebuah nada dasar. Ambil contoh nada dasar C. Nada dasar yang paling basic dan mudah untuk dipelajari bagi seorang pemula dalam bermain gitar. Nah, dalam nda dasar C itu ada chord D,E,F,G,A,Bb, balik ke C lagi. Tenang, diurut saja seperti huruf abjad, habis C ya D, habis D ya E, dan seterusnya. Tapi awas, sobat harus sudah tahu jarak antar nada ya. Misal jarak dari C ke D itu satu nada, D ke E itu satu nada, E ke F itu setengah nada, dan seterusnya. Kalau belum sobat bisa mencarinya di artikel lain yang sudah pernah saya bahas juga di blog ini. 

    Nah, tenang sobat, itu masih dasarnya ya, belum sepenuhnya masuk ke family chordnya. Jadi, kalau dalam rumusan family chord itu, nada pertama mayor, nada kedua minor, nada ketiga minor lagi, nada keempat mayor, nada kelima mayor lagi, nada keenam minor, dan nada ketujuhnya # (baca kres) atau mol. Kita ambil contoh nada dasar C tadi. Itu artinya di dalam nada dasar C, family chordnya yaitu: C, Dm, Em, F, G, Am, Bb, C. 

    Sampai di sini sudah paham, bukan? Bagaimana pengaplikasiannya untuk menemukan chord pada sebuah lagu dan menebak perpindahan chordnya?

    Okee, jadi ketujuh chord yang sudah kita tahu itu tinggal kita otak-atik saja dalam menebak lagu. Biasanya chord-chord itulah yang ada di perputaran chord lagunya. Jadi kita bisa lebih mudah karena mempersempit pilihan chord yang ada, dan tidak khawatir akan terdengar nada fals yang begitu mencolok. Untuk tahap selanjutnya kita bahas di poin yang kedua. 

2. Dengarkan  Chord Pertama yang Dimainkan 

Trik yang kedua ini cukup ampuh untuk menebak daftar chord yang dipakai dalam sebuah lagu. Jadi, mungkin sobat bertanya-tanya untuk apa dan bagaimana cara mengolah daftar chord-chord seperti pada contoh tadi. Jadi, yang saya contohkan tadi kan nada dasar C, bagaimana kalau lagunya tidak di nada dasar tersebut? Misalnya ada di nada dasar D, A, atau B mungkin? Jadi sebenarnya prinsipnya sama saja, ikuti rumus chord saru mayor, dua minor, tiga minor, dan seterusnya tadi yang sudah saya jelaskan di poin pertama. 

    Nah trik kedua ini akan sangat berguna untuk menebak nada dasar dari sebuah lagu. Karena kita akan menggunakan daftar chord yang ada dalam family chord suatu nada dasar, tentunya kita harus tahu nada dasanya bukan. Oke, sampai sini sudah paham? 

    Jadi, pada umunya nada dasar dari sebuah lagu itu bisa kita tebak di chord pertama yang dimainkan. Kebanyakan lagu pop-pop standar baik dalam maupun luar negeri seperti itu rumusnya, chord pertamanya adalah nada dasarnya. Namun perlu diingat sobat, hal ini tidak mutlak, sebab lagu-lagu lain juga banyak yang chord pertama yang dimainkan bukan nada dasarnya. Dan ini sah-sah saja. Tapi setidaknya sobat semua akan mendapatkan sedikit gambaran. Kalaupun bukan chord pertama yang dimainkan itu nada dasarnya, biasanya nada dasarnya tak jauh-jauh dari sana, entah di chord kedua, ketiga atau keempatnya, yang biasa dimainkan dalam intro sebuah lagu, atau bahkan bagian verse awal dari lagunya. 

3. Dengarkan dan Teliti dalam Dalam Satu Baris Lirik Lagunya

Pelan-pelan saja ya sobat, tak usah terburu-buru langsung mencari keseluruhan chord dari lagunya. Kalau perlu dengarkan satu persatu baris lirik lagunya, kemudian pause, dengarkan lagi. Tipsnya pakailah earphome saat mendengarkan dengan seksama lagunya, biar lebih jelas "remahan" nada yang sobat dengarkan. Kemudian koreksi, mainkan lagi, koreksi, begitu seterusnya. 

4. Jangan Takut Salah

Inilah kesalahan paling umum yang sering dilakukan pemula dalam belajar menebak chord  dari sebuah lagu. Ketika mencoba-coba memainkan chord, ketika itu terdenfar fals, atau kurang tepat nadanya, tidak usah malu atau ragu, sekalipun sobat sedang bermain dengan teman-teman sobat di tongkrongan atau bahakan lagi main gitar bareng sama gebetan. Yakin saja, tidak usah ragu, mainkan chord yang menurut pendengaran sobat tepat. Karena kalau kita ragu-ragu justru hapalan seperti rumus-rumus family chord yang kita pelajari tadi bisa buyar bin ambyarr! Maklum sobat, baru belajar harus berani melangkah, jangan pernah takut salah. 

5. Jangan Pernah Menyerah

Hal ini yang sering dilakukan para gitaris pemula dalam belajar bermain gitar. Terlalu mudah menyerah dan putus asa. Ketika sobat sedang belajar mencari chord dari sebuah lagu, jangan gampang berhenti di tengah jalan, menyerah. dan malah ambil jalan pintas, yaitu mencari chord lagunya di google. Sebenarnya bermain lagu dari chord yang ada di google ini sangatlah tidak saya anjurkan sobat. Selain bisa membuat permainan gitar sobat tidak berkembang, kadang kala chord-chord di google itu juga tak sepenuhnya tepat. Belum lagi sobat harus menyesuaikan dengan karakter suara sobat sendiri atau teman dan gebetan sobat yang sedang bernyanyi di hadapan sobat. Kalau salah nada dasar dan timing perpindahan chord ya ambyar juga. 

    Nah, itu dia lima trik jitu menebak chord lagu yang bisa saya bagikan. 

Semoga bermanfaat.  


Posting Komentar untuk "5 Trik Super Jitu Menebak Chord Lagu"