Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGEN BISA BERMAIN PIANO? SEGERA LAKUKAN 8 LANGKAH SEDERHANA INI

PENGEN BISA BERMAIN PIANO ? SEGERA LAKUKAN 8 LANGKAH SEDERHANA INI

Piano adalah alat musik yang unik, menarik dan juga menyenangkan untuk dimainkan. Kamu mungkin berpikir bahwa tidak mungkin untuk bisa bermain piano dengan baik tanpa bertahun-tahun mengikuti les musik yang mahal. 

Hal itu belum tentu terjadi. Dengan sedikit pengetahuan tentang not, chord dan banyaknya latihan, Kamu akan bisa bermain bemain piano secara otodidak. 

1.Cari piano atau keyboard untuk dimainkan 

Jika Kamu tidak memilikinya di rumah, mungkin Kamu bisa meminjamnya dari teman atau sanak saudara. Keunggulan dari belajar bermain piano adalah nada yang dihasilkan itu pure alias asli, karena dihasilkan oleh string. 

Dalam piano terdapat sebanyak 88 tuts / tombol. Sedangkan pada Keyboard tidak memiliki salah satu dari fitur tersebut. Perlu diketahui ketika Kamu akan membuat suatu pilihan.

  • Piano jauh lebih mahal daripada keyboard, tetapi bisa disewa di beberapa toko piano.
  • Tune piano itu vintage dan khas, sehingga Kamu dapat melatih telinga Kamu untuk mendengar not-not dengan benar. Piano tua / klasik biasanya tune nadanya tidak cocok terutama jika tidak dimainkan secara teratur.
  • Bila piano Kamu belum berumur, mungkin Kamu bisa menyetelnya kembali secara profesional sebelum melangkah lebih jauh.
  • Jika Kamu tidak dapat memiliki piano, keyboard merupakan alternatif yang bisa Kamu pilih. Keyboard harganya relatif lebih terjangkau, tidak pernah keluar dari tune dan memiliki nada / suara yang variatif.
  • Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dapat meningkatkan kemampuan bermusik Kamu. Belum lagi, keyboard jauh lebih mudah untuk dimainkan dan juga tidak memakan banyak ruang untuk menyimpannya.
  • Keyboard adalah alat musik yang hebat bagi seorang pemula. Kamu bisa mulai belajar keyboard, baru kemudian “meng-upgradenya” ke piano. 
  • Dapatkan pelajaran musik khususnya piano / keyboard. Carilah buku-buku referensi tambahan untuk membantu Kamu mempelajari lagu-lagu lebih cepat. Lebih bagusnya lagi, Kamu beli yang sepaket termasuk buku-buku dan video sehingga bisa membantu Kamu dalam belajar notasi musik.

2. Duduk menghadapi piano atau keyboard dan membiasakan diri dengan itu

Mainkan! dan cermati nada tengah (setengah piano), nada dasar (tanpa tombol hitam), nada kres (tombol hitam kanan), nada bass (suara rendah) dan nada tinggi (suara tinggi). Dengarkan baik-baik karakteristik masing-masing, dan rasakan bagaimana perbedaan yang satu dengan yang lain. Terus berlatih sampai Kamu dapat memahami perbedaan antara mereka.

3. Pelajari nada dasar

Kamu wajib mempelajari nada dasar jika Kamu ingin bisa membedakan nada-nada yang Kamu dengar. Beberapa orang melakukan ini dengan mempelajari chord utama dan kemudian menuliskan nomor-nomor pada tuts piano / keyboard.

Misalnya, 1 adalah C; 2 adalah D; 3 adalah E; 4 adalah F; 5 adalah G; 6 adalah A; 7 adalah B; 8 adalah C. Perhatikan bagaimana angka 1 dan 8 mewakili kedua notasi C, namun C mewakili angka yang lebih rendah atau lebih tinggi. Angka 1 mewakili C tengah.

Setelah Kamu tahu bagaimana melakukannya, Kamu dapat memperhatikan contoh lagu dengan not angka, bukan huruf. Misalnya, Memed punya anjing kecil dengan kunci E - D - C - D - E - E - E. ini akan dinotasikan menjadi 3 - 2 - 1 - 2 - 3 - 3 - 3.
Jika Kamu tidak memiliki pengetahuan musik sama sekali, Kamu dapat mencarinya dengan cara mengetahui trial nadanya.

4. Pelajari chord

Lagu sebagian besar terdiri atas variasi chord. Kamu akan mendengarnya di berbagai macam chord yang berbeda, tetapi chord / akord itu terdiri dari not-not yang sama. Memahami not dalam chord sangat penting ketika Kamu mencari tahu chord sebuah lagu dengan feeling / pendengaran.

Jadi, Kamu harus belajar bagaimana memainkan chord dasar dan mencari tahu di mana letaknnya pada piano. Bermain chord berfungsi untuk membiasakan diri dengan nada-nadanya, sehingga Kamu dapat mengenalinya dengan mudah. 

Bahkan jika Kamu tidak tahu nama chordnya, Kamu harus tahu seperti apa karakteristik suaranya. Kamu juga harus bisa mengenali mana yang chord nada bass atau nada tinggi, dan Kamu harus tahu di mana letaknya. 

Misalnya, C, E, G adalah chord sederhana yang harus Kamu pelajari untuk mengenal chord C pada mayor pertama. Namun, chord itu juga dapat dimainkan pada versi rendah dan yang lebih tinggi juga.

5. Belajar Notasi

Hampir semua lagu terdiri dari notasi musik. Chord juga sering diulang untuk membuat irama lagu menjadi stabil. Jika Kamu dapat mengidentifikasi not-not yang Kamu dengar, akan lebih mudah untuk bisa memainkan lagu yang Kamu dengar.

Kamu akan bisa mempelajari bagaimana proses pembentukan akord. Hal ini juga membantu Kamu untuk memahami bagaimana pembentukan melodi dan baseline. Hal tersebut akan memudahkan Kamu dalam menciptakan aransemen sendiri.

6. Menghafal Karakteristik Nada

Menghafalkan nada membantu Kamu untuk dapat mengaransemen ulang lagu. Kemudian, Kamu akan mampu menerapkannya pada permainan piano Kamu. Dengan kata lain, karakteristik suara yang dihasilkan harus bisa Kamu tangkap / cerna dengan baik. 

Duduklah, bunyikan setiap tombol piano dan ulangi terus hingga beberapa kali. Setelah Kamu mengetahui chord dan not-not apa yang dimainkan, Kamu harus bisa merekamnya dengan telinga. Dan yang perlu diingat, feeling Kamu harus jeli.  

7. Meninjau penempatan jari

Untuk “benar-benar” bisa bermain piano dengan baik, Kamu perlu tahu penempatan / fingering jari yang tepat untuk memainkan chord. Hal terbaik yang dapat Kamu lakukan ialah mempelajarinya dari buku-buku belajar piano untuk pemula, agar Kamu mendapatkan pemahaman dasar tentang penempatan jari pada piano / keyboard. 

Biasanya, jari-jari diberi nomor. Misalnya, ibu jari adalah satu dan kelingking adalah lima. Buku-buku itu akan mengajarkan bagaimana cara memainkan not dengan teknik penjarian yang tepat.

8. Praktek

Langkah terkahir yang bisa Kamu lakukan adalah praktek mendengarkan lagu. Dengarkan lagu baik-baik dan cobalah mainkan chord-chordnya dan buktikan apakah Kamu bisa mengiringi lagu dengan piano / keyboard. Atau, pilihlah lagu yang Kamu suka dan gunakan teknik yang telah Kamu pelajari sebelumnya, yaitu bermain dengan feeling.

Untuk menjadi seorang pemain piano yang baik membutuhkan banyak latihan. Setidaknya Kamu harus latihan tiga kali seminggu. Ingat, “Bisa itu karena biasa”

Semoga bermanfaat.




6 komentar untuk "PENGEN BISA BERMAIN PIANO? SEGERA LAKUKAN 8 LANGKAH SEDERHANA INI"

  1. Wah yah beli Mas. Kalau nggak ya bisa pinjem teman atau saudara yang punya, hehe. Terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  2. Saya kuliah, mengambil musik, tapi saya mengambil vokal, dan itu juga harus bisa piano, saya bermain dasar" nya musik klasik..
    Sejak smp, saya main keyboar, tapi saya hanya bisa bermain menggunakan chord saja, sedih😭 berlatih memang penting, dab feeling juga😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja, selama kita punya kemauan kuat dan pantang menyerah dalam berlatih lama kelamaan pasti juga bisa kok.

      Hapus
  3. jadi harus rajin belajar notasi juga nih

    BalasHapus