Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW DAN ULASAN LENGKAP GITAR YAMAHA APX 600


Review dan Ulasan Lengkap Gitar Yamaha APX 600 - Yamaha sejak dulu dikenal dunia sebagai penghasil alat-alat musik yang berkualitas. Kesuksesan Yamaha pada produksi gitar akustik juga terus berlanjut. Salah satu seri gitar akustik yang bisa dibilang melegenda sampai saat ini adalah Yamaha APX. 

Yamaha APX series merupakan gitar akustik yang pertama kali diperkenalkan Yamaha pada tahun 1987. Kemudian di bawa di Indonesia pertama kali pada tahun 2007, yakni seri APX 500 dan CPX 500. Lalu pada tahun 2010, berkat kesuksesan seri pertamanya, munculah Yamaha APX 500 II dan Yamaha CPX 500 II. 

Pada tahun 2012, Yamaha mengeluarkan lagi keluarga APX, yakni Yamaha APX T2, gitar mungil 3/4 yang dibawa dengan konsep gitar mini travel yang penjualannya tak kalah sukses dengan kakaknya, Yamaha APX dan CPX.  Nah, pada akhir kuartal tahun 2017 lalu, gitar Yamaha APX series membawa pembaharuan dengan meluncurkan Yamaha APX dan CPX 600 series

Pada artikel kali ini, penulis akan me-review gitar ganteng yang kece badai dan cocok sekali buat anak-anak muda yang stylish satu ini. Yamaha APX 600. Bagaimana spesifikasinya serta ulasan kelebihan serta kekurangannya. Berikut ini review lengkap Gitar Yamaha APX 600.


Baca: Review Gitar Yamaha APX 500 II


Reiew Gitar Yamaha APX 600


Sebelum membahas lebih lanjut tentang kekuranagan dan kelebihan Yamaha APX 600, silakan sobat bisa membaca referensi spek dari gitar ini yang penuils dapatklan dari sumber terpercaya, langsung dari laman resmi Yamaha Musik. 


Spesifikasi Gitar Yamaha APX 600


  • Tipe Bodi - APX
  • Scale - 634 mm
  • Panjang Bodi - 490 mm
  • Total Length - 1022 mm
  • Lebar Bodi - 384 mm
  • Kedalaman Bodi - 80-90 mm
  • Lebar Nut - 43 mm
  • Action - 10 mm
  • Top Material - Spruce
  • Back Material - Locally Sourced Tonewood
  • Side Material - Locally Sourced Tonewood
  • Neck Material - Locally Sourced Tonewood
  • Fingerboard Material - Rosewood 
  • Radius Fingerboard - R400 mm
  • Bridge Material - Rosewood 
  • Nut Material - Urea
  • Sadel Material - Urea 
  • Bridge Pin - ABS hitam dan titik putih
  • Preamp+Tuner - System 65 + Pickup SRT Piezo + Tuner Die Cast Chrome (TM29T)
  • Binding Bodi - Ivory + Black
  • Inlay Soundhole - ABS + Abalon 
  • Finishing Bodi - Glossy
  • Finishing Neck - Matt 
  • String - Yamaha FS50BT / D'Addario EXP 11 (0,12-0,53)
  • Aksesoris - Kunci L 1X, 2X baterai AA
  • Koneksi - Line Out
  • Pengaturan - Vol/3-band EQ/Tuner/Mid FQ


Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Yamaha APX 600 


Setelah melihat spesisikasi dari Yamaha APX 600, berikut yang bisa penulis rangkum tentang ulasan kelebihan dan kekurangan dari Yamaha APX 600.


Kelebihan Gitar Yamaha APX 600


Playbility yang Nyaman


Gitar APX series sejak dulu memang dikenal sangat nyaman saat dimainkan, bahkan untuk pemula sekalipun. Karena memang ia di-setting jarak ketinggian senar dengan fretboard-nya sangat rendah. 

Kalau sobat pernah memakai gitar APX 500 atau APX 500 II sebelumnya, pasti sudah tahu rasanya bagaimana "empuk"nya gitar ini ketika dipakai. Jari-jari tangan kita tidak terasa sakit saat menekan senar bahkan ketika dimainkan dalam waktu yang relatif lama. 

Kabar baiknya, di APX 600 ini "ciri khas" itu masih terus berlanjut. Malah, kini gitar APX 600 di-setting ketinggian senarnya lebih ceper lagi. Akihiro Tanaka, seorang brand ambasador sekaligus reviewer gitar Yamaha yang sudah belasan tahun berpengalaman di bidangnya juga mengakui tentang "keceperan" dan kenyaman gitar Yamaha APX 600. 

Yamaha secara resmi berani menggaransi kalau jarak senar gitar Yamaha APX 600 sudah di-setting r endah dan paling nyaman untuk dipakai. 


Suara Gitar Garing


Yamaha APX 600 juga memiliki kualitas tone yang maksimal. Karakter suaranya garing dan renyah. Sangat cocok dan enak untuk bermain musik dari bermacam genre. Apalagi bagi sobat yang gemar memainkan gitar dengan teknik strumming alias digenjreng. Gitar Yamaha APX 600 ini akan sangat cocok untuk mengakomodasi permainan gitar sobat. 

Selain itu, karakter suaranya yang terang dan dengan playbility yang empuk,Yamaha APX 600 juga enak sekali untuk dipakai bermain melodi dan petikan.

 

Kualitas Kelistrikan Gitar yang Oke


Dengan membawa konsep pembaharuan dan peningkatan dari premap dan tuner-nya, gitar APX 600 ini makin enak untuk dipakai sambil colok ke ampli. Volume yang lebih keras dengan nada yang lebih stabil akan menjadi perpaduan harmoni yang sangat manis ketika kita sedang bernyanyi sambil bermain gitar. 

Selain itu, kemudahan dan kepraktisan bagi penggunanya juga tak kurang diperhatikan pihak Yamaha. Dengan adanya tuner asli pabrikan Yamaha sendiri akan menambah kemewahan dan experience yang mengasyikkan bagi pemakai gitar ini. 

Tak perlu sobat repot-repot lagi harus putar dryer ke-kiri kanan-kiri-kanan, berkali-kali mencocokkan nadanya dengan feeling kita, hanya dengan menghidupkan tuner-nya dan proses menyetem gitar pun akan lebih cepat, tepat, dan akurat.

 

Desain Gitar yang Cakep


Nah, kalau kelebihan yang satu ini semuanya sudah pada tahu dan mengakui lah ya. Gitar seri APX memang dari dulu terkenal keren abisss! Sehingga dapat membuat yang memakainya tampil lebih ganteng maksimal. Kalau yang memakai seorang wanita pun juga terlihat tak kalah anggun dan elegan. 

Pada seri Yamaha APX 600 sendiri, sampai sekarang juga masih tetap mempertahankan desain khas APX yang sudah melegenda sejak dulu itu. Desain Yamaha APX series, saking gantengnya banyak yang sudah meng-custom atau mereplikanya menjadi  gitar-gitar KW atau custom-an hasil handmade. Dari yang murah meriah sampai yang mahal sekalipun banyak yanh sudah diproduksi.

Pada Yamaha APX 600 sendiri desainnya dibuat semakin manis dengan lubang soundhole yang sedikit melonjong dengan pola ABS dan abalon yang makin manis dan tegas. Apalagi pilihan warnanya semakin variatif. 

Dengan berbagai macam alasan tersebut, gitar ini seratus persen akan menambah ke-kece-an sobat ketika memainkannya. Jangan kaget kalau banyak yang terpesona dengan sobat kalau main gitar dengan menggunakan gitar APX 600 yang satu ini. Sebab, jangankan dimainkan, dibawa saja sudah tampak keren sekali. 


Gitar Bergaransi Resmi


Gitar Yamaha APX 600 juga memiliki garansi resmi selama satu tahun. Untuk alasan tersebut, rasanya garansi pada gitar juga sangat penting. Bagaimana tidak, penulis rasa garansi produk bukan hanya soal menjamin saat suatu saat barang yang kita beli mengalami masalah, kendala, dan kerusakan, melainkan juga menyimbolkan bahwa satu produk itu punya kualitas yang mumpuni juga bisa dilihat dari keberanian produsennya untuk menggaransi resmi produknya. 

Nah, inilah juga yang merupakan kelebihan yang cukup menonjol dari Yamaha sejak dulu, khususnya pada seri APX sendiri yang kita review kali ini. Yamaha sejak dulu selalu menggaransi produk-produknya dan menjaminnya dengan banyak gerai resmi yang menjual gitar APX series yang bisa dijadikan juga sebagai tempat servis gitar kita bila suatu saat mengalamai masalah. 


Kekurangan Gitar Yamaha APX 600


Berbicara soal kekurangan, dengan range harga gitar segini sepertinya sangat minim. Sebab, dikisaran harga dua jutaan, penulis pikir gitar Yamaha APX 600 ini bisa dibilang one pf the best-lah untuk gitar akustik elektrik, bahkan sampai artikel ini dibuat sekalipun pada penghujung tahun 2020. 

Ya, kalau memang harus disebutkan kekurangannya, mmm.....sebenanya kekurangan dari Yamaha APX 600 dini ya cuma satu, yaitu kurang murah. Hehe... Coba saja kalau seharga gitar-gitar custom menengah yang biasa dijual di pasaran. Yang  di atas sejutaan sediktitlah, pasti top markotop. Hehehe Jangan baper ya sobat, sebab ini hanya berandai-andai saja kok penulisnya.

Oh ya, sebenarnya hampir saja terlewat. Sebenarnya kekurangan dari Yamaha APX 600, yaitu suara bass-nya yang kurang keluar. Ya, bagi beberapa kalangan atau gitaris yang sudah berkecimpung lama dalam dunia pergitaran, pasti sudah bukan rahasia umum lagi, kekurangan Yamaha APX series itu apa. 

Sejak dulu, gitar-gitar seri APX sering dibuli dikatakan gitar cempreng lah, bla-bla-bla. Sayangnya, tampaknya trend itu masih berlanjut pada seri APX 600 ini. Meski sudah didesain dengan pola bracing yang baru, yang dikalim dapat meningkatkan kualitas nada yang dihasilkan, tapi memang harus diakui kalau perbedaannya tidak begitu signifikan. Akan tetapi, tetap ketika disejajarkan secara langsung dengan Yamaha APX 500 series, jelas terasa ada peningkatan. Apalagi ketika dicolokkan ke amplifier

Namun demikian, hal tersebut menurut penulis pribadi sangat wajar, sebab direntang harga dua jutaan, kebanyakan gitar-gitar kompetitornya juga hampir dipastikan mempunyai maslaah yang sama. 

Ingat, jangan membanding-bandingkan dengan gitar solid yang harganya dua kali, tiga kali, dan bahkan berkali-kali lipat dari harga gitar ini. Tentunya perbedaan kualitasnya akan terasa cukup "jomplang". Sebab, gitar ini memang sejatinya dirancang untuk kelas menengah dengan perpaduan bahan yang terbaik dan proses pembuatan yang kelas satu, meskipun harus diakui bahwa gitar yang bermaterial bukan solid tetap akan mengalami masalah yang serupa. 

Nah, demikian ulasan lengkap seputar gitar Yamaha APX 600 berserta spesifikasi lengkap dan ulasan kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa menjadi referensi tambahan bagi sobat yang berminat meminang gitar legendaris yang ganteng maksimal ini. 


Baca Juga: Review Gitar Yamaha CPX 500 II


Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "REVIEW DAN ULASAN LENGKAP GITAR YAMAHA APX 600"