Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 HAL YANG HARUS KAMU TAHU SEBELUM MENJADI PENYANYI KAFE

Penyanyi Kafe, Hal yang Harus Diperhatikan, Profesi Penyanyi Kafe
source: pixabay.com


























5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Menjadi Penyanyi Kafe - Berkiprah di dalam dunia musik memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, karena kerasnya persaingan dalam industri musik membuat dunia kerja di bidang ini semakin ketat. 

Walupun menimbulkan dampak yang cukup positif, yakni semakin terbuka luasnya lapangan kerjanya, namun hal itu juga diimbangi dengan banyaknya para pesaing yang sama-sama mengejar kiprah di dunia musik.

Oleh sebab itu, setiap orang yang terjun di dunia kerja dituntut untuk memiliki kreatifitas tinggi agar tak tenggelam oleh panasnya persaingan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan yang layak.

Nah, untuk itu, sobat semua harus memiliki siasat yang jitu untuk dapat menemukan pekerjaan yang tepat dan menghasilkan. Nah, salah satu pekerjaan di bidang musik yang cukup menjanjikan yang akan kita bahas kali ini adalah profesi sebagai seorang penyanyi kafe.

Ya, penyanyi kafe. Penyanyi kafe sendiri suatu perkerjaan menjanjikan yang bisa digeluti oleh semua orang dari berbagai kalangan tanpa memperdulikan gender. 

Baik laki-laki maupun perempuan bisa menjadi seorang penyanyi kafe profesional asalkan memiliki bekal kemampuan olah vokal dan pengetahuan seputar musik yang cukup luas, baik musik dalam negeri maupun luar negeri dari beberapa genre.

Nah, bagi sobat yang ingin menjadi penyanyi kafe, berikut ini ada hal-hal yang harus sobat lakukan dan pahami dengan seksama.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Penyanyi Kafe


1. Mempertimbangkan Waktu Luang


Hal pertama yang wajib sobat ketahui adalah mengenai waktu luang yang sobat miliki. Hal ini bersangkutan dengan jam kerja mengisi atau menyanyi di sebuah kafe yang akan sobat jadikan tempat bekerja.

Planning soal waktu senggang yang sobat miliki sangatlah berpengaruh terhadap karir sobat sebagai penyanyi kafe di kemudian hari. Jangan sampai nantinya mengganggu aktivitas kita yang lain, karena pekerjaan ini bisa dibilang sifatnya masih sebagai pekerjaan sampingan karena waktunya yang relatif lebih singkat.

Namun lain cerita apabila kita sudah menjadi penyanyi kafe yang sukses. Tentunya kita bisa mengambil lebih banyak job lagi apabila ada yang menawari kita dan kita pun merasa cocok.

Dengan memperhatikan baik-baik kapan kita memiliki waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil pekerjaan sampingan akan menunjukkan sisi keprofesionalitasan sekaligus keseriusan kita dalam bekerja kedepannya agar kelak tidak ada pihak yang merasa kecewa atau dirugikan.

2. Melamar Kerja Sebagai Penyanyi Kafe


Aksi berikutnya yang harus sobat lakukan adalah mulai melamar menjadi penyanyi kafe. Apabila sobat kesulitan mencari informasi mengenai lowongan-lowongan pekerjaan sebagai penyanyi kafe, sobat bisa berinisiatif mendatangi langsung kafe-kafe yang dirasa cukup potensial untuk dijadikan tempat kerja menjadi seorang penyanyi kafe.

Syaratnya, kita harus langsung mendatangi pemilik kafenya dan dengan jujur utarakan saja apa yang menjadi maksud dan tujuan kita dari awal, yakni ingin melamar menjadi penyanyi kafe. Barangkali sang pemilik tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

3. Mulai Tes Kemampuan


Biasanya, setelah kita melamar menjadi penyanyi kafe di kafe-kafe dimanapun itu tempatnya, kita akan langsung mendapatkan beberapa tes untuk menyeleksi apakah kita layak untuk bekerja di sana atau tidak. Tesnya sendiri bisa beragam macamnya, tergantung dari pihak kafenya sendiri, bisa berbeda-beda dari satu kafe dengan kafe yang lainnya.

Untuk gambaran kecil saja, umumnya tes-tes yang biasa dilakukan berupa tes vokal, wawancara, kepribadian, bahkan tak jarang pula tes kemampuan membawakan acara atau menjadi MC yang juga dilakukan untuk memperluas kemampuan dan keluwesan kita sebagai penyanyi kafe.

4. Tentukan Langkah Kedepannya


Maksudnya adalah, apakah kita akan berkarir sendiri atau dengan grup. Menjadi penyanyi kafe juga bisa secara beregu apabila memang dibutuhkan. Artinya yaitu kita akan menjadi penyanyi kafe bersama dengan grup musik yang telah kita miliki (bila punya). 

Namun jangan khawatir, bila sobat tidak memiliki group band, sobat juga bisa kok menjadi penyanyi kafe solois ataupun bergabung dengan grup musik lain yang sudah ada atau yang barangkali sudah dimiliki kafe tempat kita akan melamar kerja. 

5. Pahami Konsekuensi Menjadi Penyanyi Kafe


Setiap pekerjaan memiliki konsekuensinya masing-masing. Tak pelak pekerjaan menjadi penyanyi kafe. Ketika menjadi penyanyi kafe, kita harus paham betul bahwa terkadang pekerjaan ini bisa menjadi sangat sulit. 

Kondisi ketika ada seseorang atau beberapa pengunjung di kafe yang me-request sebuah lagu yang sulit untuk dinyanyikan dan kita belum tahu sama sekali lagunya akan cukup membuat pikiran kita tak tenang. 

Maka dari itu, pengetahuan musik kita memang harus lebih diperluas lagi. Terutama mengenai musik-musik atau lagu-lagu apa saja yang biasanya diminati atau sering dibawakan di kafe-kafe.

Selain hal tersebut. Sobat juga tidak boleh terlalu berharap banyak dan muluk-muluk soal gaji yang akan didapat. Gaji seorang penyanyi kafe itu relatif kecil karena sifat pekerjaannya sejatinya adalah pekerjaan sampingan yang tak begitu memakan waktu dan menguras tenaga seperti para pekerja-pekerja kasar.

Gaji penyanyi kafe juga ditentukan dari besar atau kecilnya kafe yang menjadi tempat sobat bekerja. Besar kecil di sini bukan hanya soal luas atau megah bengunannya, melainkan nama besar kafe yang sobat singgahi untuk mencari rupiah. 

Apabila kafe yang menjadi tempat bekerja kita adalah kefe yang sudah sangat terkenal dimana-mana, pastinya gaji yang kita peroleh akan memuaskan. Namun bila tidak demikian, mungkin saja gaji yang kita peroleh akan terasa kurang sepadan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus sobat ketahui sebelum memutuskan untuk menjadi penyanyi kafe. Pada prinsipnya, setiap pekerjaan memang tidak ada yang mudah dan instan. Jadi, apabila sobat sudah berkeinginan keras untuk menjadi penyanyi kafe, jangan takut dan jangan menyerah terhadap setiap rintangan yang akan sobat hadapi.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Keuntungan Menjadi Penyanyi Kafe


6 komentar untuk "5 HAL YANG HARUS KAMU TAHU SEBELUM MENJADI PENYANYI KAFE"

  1. Perlu bawa CV juga ga sih kalo melamar secara langsung ke cafe nya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengalaman saya, enggak. tp wajib ktp.

      Hapus
    2. Boleh bertanya,,?utk saat ini lokasi cafe mna yg msh butuh utk singer ya?sya lg coba mencari info kerja sbgi singer cafe...trmksh smg dpt dibls..

      Hapus
  2. Perlu bawa CV juga ga sih kalo melamar secara langsung ke cafe nya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa aja, siapa tahu dibutuhkan

      Hapus
    2. Yups, terkadang juga ditanyakan. Apalagi kalau sudah besar kafenya.

      Hapus