Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 TIPS MENJADI MUSISI (ANAK BAND) YANG SUKSES

source: pixabay.com/unsplash
Berbicara soal dunia musik, tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya musisi. Musisi adalah salah satu profesi di bidang musik yang paling dicita-citakan oleh banyak orang.

Pekerjaan yang dinilai asyik karena membaur bersama hobi dan juga bergaji tinggi membuat karir sebagai musisi semakin diminati oleh masyarakat.

Namun demikian, untuk bisa menjadi seorang musisi yang bukan sekedar musisi saja cukuplah sulit. Dimana kita ketahui untuk mencari nama bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Musisi yang sukses adalah yang diimpi-impikan.

Akan tetapi, tentu bukan sedikit pula musisi yang mohon maaf tidak sukses atau kurang berhasil dan bahkan terkadang mereka berhenti di tengah jalan karena merasa tidak mampu bersaing dengan banyak pesaingnya.

Nah, berangkat dari hal tersebut, kali ini penulis coba memaparkan sepuluh buah tips yang bisa sobat terapkan bagi sobat yang mempunyai cita-cita menjadi seorang musisisi yang sukses. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Punya tujuan yang jelas

Tips pertama yang sangat penting dan wajib hukumnya adalah sobat harus memiliki tujuan yang jelas. Hal ini berkaitan erat dengan kemana arah band sobat akan dibawa. Apa yang sobat cita-citakan ke depannya terhadap band sobat.

Mau jadi band yang sukses atau sekedar ngeband buat hobi saja. Sobat harus segera menentukan langkah ke depannya sedari awal ketika sudah mulai mendirikan sebuah band.

2. Tekad yang kuat

Selanjutnya setelah sobat menentukan ke mana arah band sobat akan dibawa, saatnya sobat membentuk suatu tekat yang kuat dimana mental pantang menyerah hatuslah selalu sobat tanamkan.

Itu artinya, bahwa sobat harus melakukan segala sesuatunya dengan maksimal, berjuang keras, dan sabar serta pantang menyerah. Jangan mudah menyerah ketika terjadi kegagalan atau suatu masalah menimpa band sobat.

Di sini kerja sama dan komunikasi yang baik antar anggota sangatlah harus dinomor satukan. Jangan pernah berhenti mencoba sebelum berhasil, mungkin itu adalah salah satu kata yang bsisa sobat jadikan sebagai poegangan.

3. Tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan

Tujuan sudah punya, tekad pun juga sudah punya, kini saatnya sobat mulai beraksi. Oleh karenanya, ketika berniat untuk menjadi musisi yang hebat sobat harus tahu betul segala sesuatunya yang harus sobat lakukan agar sobat memiliki persiapan yang lebih matang.

Hal-hal tersebut bisa berupa bagaimana proses latihan yang baik dan sungguh-sungguh dengan banyak mendengarkan lagu, rekaman-rekaman konser musisi lain, dan sebagainya.

Sobat juga harus sering melakukan riset sederhana dengan rajin mencari tahu perkembangan industri musik baik dari balik layar maupun di depan layar termasuk karya-karya yang berpotensi untuk menjadi viral.

4. Serius dalam bermusik

Untuk bisa menjadi musisi yang berhasil, sobat haruslah serius dalam menitih karir yang sobat jalani bersama band sobat. Buang jauh-jauh anggapan bahwa ngeband hanya untuk sekedar hobi atau pengisi waktu luang saja. Tunjukkanlah keprofesionalitasan kalain sebagai band yang layak untuk eksis di dalam industri musik tanah air.

5. Melakukan segala sesuatunya dengan maksimal

Kunci keberhasilan yang amat sangat penting adalah melakukan segala sesuatunya dengan maksimal, jangan hanya setengah-setengah. Sebagai contoh konkritnya, ketika sobat manggung persiapkan segala sesuatunya dengan maksimal.

Kerahkan semua kemampuan yang sobat miliki. Dari segi kostum, aksi panggung, termasuk penjiwaan dan lain sebagainya harus dijalankan secara maksimal. Kuncinya adalah bermain dengan hati.

6. Memilih pemandu karir yang profesional

Pemandu karir atau yang kita sebut sebagai manajer adalah merupakan salah satu penunjang band sobat agar dapat meraih kesuksesan. Dimana kita tahu salah satu peran penting manajer yang penulis singgung yakni bertanggung jawab dalam membantu sebuah band ketika mengambil setiap keputusan penting.

Tentunya, langkah tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan band sobat kelak. Maka dari itu, carilah manajer yang benar-benar berkompeten di bidangnya serta yang benar-benar tulus membantu band kalian. Dan nyatanya, hal itulah yang paling susah (ketulusan).

7. Harus memiliki identitas atau ciri khas dalam bermusik

Untuk menunjang kemajuan band sobat dalam artian band sobat cepat dikenal dan diterima oleh khalayak, maka band sobat harus memiliki ciri khas kuat yang melekat baik.

Belakangan ini tentu sudah banyak muncul band-band baru yang hanya sekedar meramaikan panggung hiburan kita yang bisa disebut hilang-pergi begitu saja. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya ciri khas atau identitas yang kuat yang melekat pada band-band tersebut.

Agar setiap orang yang menyaksikan karya-karya band sobat baik secara langsung maupun tak langsung, band sobat harus mempunyai ciri khas tertentu yang menandakan jelas bahwa itu adalah band sobat. Untuk itu, segeralah bentuk sebuah ciri khas yang sangat ikonik pada band sobat.

8. Perkenalkan band kepada siapapun

Ini adalah poin yang wajib sobat lakukan dengan baik dan maksimal. Untuk mendongkrak kepopuleritasan sebuah band tentu teknik perkenalan atau promosi band yang cerdik harus diterapkan. Banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk memperkenalkan band sobat kepada siapapun.

Mungkin, saat ini yang paling mudah adalah mempromosikannya lewat media internet. Sobat bisa membuat sebuah situs pribadi yang dikelola dengan baik ataupun jaringan-jaringan sosial media sebut saja seperti facebook yang nantinya bisa sobat buat sebuah fanspage yang akan memudahkan khalayak untuk mengenal band sobat.

Hal-hal penting lain yang juga wajib sobat lakukan dalam mempromosikan band sobat adalah sebagai berikut:

- Membuat demo CD/kaset kumpulan lagu-lagu terbaik band sobat
- Buat kumpulan daftar lagu
- Perkenalkan lirik-lirik lagu-lagu band kalian
- Foto-foto artis (foto-foto kalian saat berkarya secara lengkap)
- Buat milis (mailing list) yang berupa nama dan kontak serta informasi kepada para penggemar sebaik-baiknya dan selengkap-lengkapnya
- dan lain sebagainya.

9. Hargai setiap proses yang dilalui

Untuk bisa menjadi musisi yang hebat dan sukses, jangan lupa untuk menghargai setiap proses yang kalian lalui bersama. Dengan jalan menginstropeksi diri, mensyukuri setiap hal yang telah dicapai, dan terus belajar untuk menjadi lebih baik dan berkembang adalah merupakan suatu bentuk gambaran dari menghargai sebuah proses itu sendiri.

Semangat pantang menyerah dan tak gentar dalam bersaing juga harus sobat tunjukan dengan maksimal sebagai bukti bahwa sobat telah menghargai setiap proses yang dilalui.

Nah, demikianlah kesembilan tips sederhana untuk menjadi musisi (anak band) yang sukses dan terkenal. Semoga saja sobat semua mendapatkan pencerahan dari artikel yang telah penulis paparkan ini yang masih jauh dari kata sempurna. Salam sukses, jaya!

Semoga bermanfaat.




4 komentar untuk "9 TIPS MENJADI MUSISI (ANAK BAND) YANG SUKSES"