Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN DALAM MEMBELI BIOLA AGAR TAK KECEWA

HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI BIOLA
source:everystockphoto.com
Bagi sobat yang ingin belajar biola, wajib hukumnya membeli biola untuk sarana belajar di rumah dengan lebih leluasa.Nah, dalam membeli biola, ada beberapa hal penting yang musti sobat perhatikan dengan baik, agar nantinya tak kecewa setelah merogoh kocek untuk mendapatkan biola yang diidam-idamkan.

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus sobat perhatikan bila ingin membeli biola, baik baru maupun bekas:

1. Harga

Hal paling awal yang musti sobat perhatikan betul-betul, yakni soal harga. Harga sangat menentukan kualitas dari biola yang akan sobat dapatkan. Hal ini juga berkaitan erat dengan budget atrau anggaran yang telah sobat persiapkan untuk membeli biola.

Sebagai seorang pemula yang masih sangat awal dalam belajar biola, ada baiknya sobat membeli biola dengan harga yang murah lebih dahulu. Kalau nanti sobat sudah cukup mahir, bisalah membeli biola bermerek yang cukup "berharga" untuk menunjang kemajuan skill sobat.

Baca: Posisi Dasar dalam Bermain Biola

Umumnya biola-biola dengan kualitas yang sudah cukup bagi penulis buat kalangan pemula yang baru belajar berkisar antara 500.000-5.000.000.

Mungkin sebagaian dari sobat ada yang masih bingung dan bertanya-tanya. "Loh Gan, harga biola untuk pemula kok sampai jutaan?" Katanya murah?" Hehe, harga tersebut masih sangatlah wajar untuk kalangan pemula sob. . Bagi musisi-musisi kelas atas, rata-rata harga segitu hanya seharga dengan bow (busur) biola mereka saja, atau malah masih kurang.

Baca: Nama-Nama Bagian Bow pada Biola yang Wajib Kamu Tahu

Tak dapat dipungkiri, kebanyakan musisi-musisi klasik pemain biola memiliki biola dengan harga mencapai puluhan juta. Jadi, ya jangan heran, kalau harga segitu masih sangat wajar untuk digolongkan sebagai biola low end sampai mid end.

2. Kondisi

Berikutnya yang musti sobat perhatikan lagi, yakni kondisi dari biola yang akan sobat beli, baik biola baru maupun bekas. Berikut ini part-part biola yang harus sobat cek dengan jeli sebelum memutuskan untuk membeli biola incaran sobat.

Body
Cek dengan teliti pada bagian body biola, apakah terdapat lecet atau bahkan boncel di setiap sudut body biola. Pastikan juga tak ada sedikitpun retakan. Kalau perlu, bila sobat membeli biola baru, pastikan tak ada lecet sedikitpun pada seluruh part biola, tak terkecuali pada body-nya.

Bassbar dan soundpost
Pada bagian ini juga wajib sobat cek dengan betul, kalau bisa ajak orang yang berpengalaman untuk mengeceknya dengan teliti karena umumnya pada bagian ini sulit untuk menentukan kualitas yang bagus itu yang seperti apa, kalau bukan orang yang benar-benar paham biola.

Untuk mengeceknya sendiri bisa dilihat dari lubang f-holes ke dalam rongga body biola. Peran soundpost sangat penting dalam meningkatkan peforma suara biola, karena fungsi dari bagian tersebut yakni sebagai penghantar getaran suara dari bridge ke dalam ruang resonansi biola.

Bridge
Cek dengan teliti pada bridge biola yang akan sobat beli. Amatilah kepresisian bridge. Pastikan letaknya tepat berada di tengah-tengah kedua lubang f-holes.

Pastikan juga ujung/puncak bridge melengkung, agar memudahkan senar saat digesek dengan bow karena tinggi antar senar yang berbeda sehingga meminimalisir terjadinya benturan saat senar digesek.

Fingerboard dan neck
Untuk mengeceknya, sobat bisa mengamati dengan jeli apakah fingerboard terlalu dekat atau malah bersentuhan dengan senar. Bila sebaliknya, yakni jarak terlihat cukup presisi, artinya jarak fingerboard dengan senar tak terlalu jauh maupun dekat maka fingerboard bisa dikatakan lolos seleksi.

Material yang digunakan
Di luar pentingnya memperhatikan kondisi part-part biola di atas, sobat juga harus memperhatikan kualitas bahan yang dipergunakan untuk membuat biola secara keseluruhan.

Meksi di atas kertas bagus atau tidaknya material yang digunakan untuk membuat biola berkaitan erat dengan harga, yang pasti semakin tua kayu yang digunakan akan lebih berkualitas.

Baca: 13 Nama Bagian Biola yang Wajib Kamu Tahu

3. Kualitas Suara

Sebelum memutuskan untuk membawa pulang biola incaran sobat, pastikan sobat tak lupa mengecek suara dari biola yang akan sobat beli. Pastikan tak ada nada yang fals atau "meleset" di setiap fingerboardnya. Sebisa mungkin pilihlah biola yang suaranya tidak cempreng. Entah suara yang dihasilkan nyaring, keras, lembut, dan lain-lain itu menyesuaikan dengan selera masing-masing.

4. Ukuran

Ukuran biola juga tak kalah penting untuk diperhatikan dengan betul. Biasanya, ukuran yang ideal untuk seorang remaja atau dewasa, yakni ukuran 4/4. Sementara untuk ukuran anak-anak bisa yang ukuran sedikit di bawahnya, yakni 3/4, 2/4, maupun 1/4 sampai ukuran yang paling kecil, yakni 1/32.

Baca: Teknik Rahasia Melenturkan Jari Ketika Bermain Biola

5. Finishing

Finishing pada biola memang tak ada aturan pasti dalam memilihnya, semua tergantung selera masing-masing. Mau yang diberi warna beragagam/warna-warni, atau yang hanya difinish dengan pernis atau pelitur natural juga tak masalah. Yang pasti, mau mengkilap atau tidaknya finishingnya, pastikan bahwa tak ada lecet bila itu biola baru. Sayang bukan kalau barang baru lecet?

6. Kredibilitas Penjual

Terakhir, sobat harus memperhitungkan kredibilitas dari setiap penjual biola, baik di toko-toko maupun retail, baik fisik maupun online, pastikan bahwa penjualnya benar-benar terpercaya. Jangan sampai alih-alih ingin mendapatkan biola yang bagus malah sobat menjadi korban penipuan.

Nah, demikianlah ulasan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membeli biola baik baru maupun bekas. Semoga sobat lebih jeli dan berhati-hati, agar sobat mendapatkan biola berkualitas sesuai dengan keinginan sobat.

Posting Komentar untuk "6 HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN DALAM MEMBELI BIOLA AGAR TAK KECEWA"