Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Kelam Lagu Imagine John Lennon

lagu imagine, john lennon, sejarah lagu imagine john lennon
Sejarah Lagu Imagine John Lennon


Sejarah Kelam Lagu Imagine John Lennon - Siapa yang tak tahu lagu fenomenal karya musisi legendaris ternama asal Inggris yang satu ini, John Lennon? Sebuah lagu yang sempat mengguncangkan dunia kala itu, bahkan sampai sekarang tak henti-hentinya diperdebatkan. 

Makna dari lirik lagu Imagine karya John Lennon ini selalu menjadi perbincangan yang tak ada henti-hentinya. Seolah lagu itu masih "hangat", baru saja diciptakan kemarin sore. 

Ya, lagu Imagine karya John Lennon bisa dibilang menajdi salah satu lagu yang abadi sepanjang zaman. Selalu saja ada yang mendengarkannya setiap saat dan tak pernah ada yang lupa akan sebuah mahakarya dari sang musisi legendaris yang bernama lengkap John Winston Lennon


Sejarah Lagu Imagine Karya John Lennon


Untuk mengingatkan kembali memori sobat yang juga merupakan penikmat dari karya-karya maestro musik dunia yang satu ini, Joh Lennon, saya akan mengajak sobat untuk membuka lembaran lama terkait sejarah lagu Imagine karya John Lennon ini. Yang mana banyak fakta-fakta menarik yang mungkin sobat belum ketahui soal lagu ini. 

Untuk yang baru tahu karya-karya John Lennon, khususnya lagu imagine sendiri juga semoga menjadi tahu seperti apa sejarah terciptanya lagu ini agar jangan asal men-judge karya seseorang, apalagi ini merupakan karya kelas dunia yang sudah diakui jutaan, bahkan puluhan juta orang di seluruh penjuru dunia akan kualitas dan keorisinalitasan sebuah persembahan lagu yang luar biasa dari John Lennon. 



Pertama Kali Lagu Imagine John Lennon Dirilis 


Lagu imagine pertama kali dirilis pada tahun 1971. Lagu bergenre musik rock ini mendapat sambutan luar biasa dari dunia kala itu. Baru di awal tahun perilisannya saja, lagu yang diproduseri oleh Phil Spector ini sudah terbit tunggal dan menduduki tangga lagu ke-tiga dalam Billboard, majalah musik ternama di Amerika Serikat dan menduduki peringkat ke-enam di Britania Raya. 

Sebenarnya bukan hanya karena musiknya yang very simple dan easy listening, tipe-tipe musik yang cocok untuk selera mayoritas pecinta musik. Namun karena lirik lagunya yang juga selalu menjadi perdebatan membuat lagu ini cepat naik daun dan seakan tak pernah kehilangan populeritasnya. 

Ada yang bilang lagu ini merupakan curahan harti John Lennon sendiri yang sesungguhnya tentang dirinya yang tak mengenal Tuhan, tak mengenal agama, alias atheis. Hal itu yang membuat lagu ini menjadi bumerang bagi John Lennon sendiri. Sehingga ada saja pihak-pihak yang tidak suka dan membenci karya-karyanya, bahkan membenci kepribadiannya yang paling ekstrimnya malah ingin membunuhnya sebagai pencipta lagu imagine ini. 

Joh Lennon kerap kali dianggap mempropagandakan hal yang berbahaya, yaitu jangan lagi mempercayai agama, jangan percaya Tuhan, seperti yang diyakini oleh para haters John Lennon dengan karyanya yang sangat fenomenal ini, lagu imagine


Fakta Di Balik Lirik Lagu Imagine John Lennon

Lagu imagine karya John Lennon ini sebenarnya memiliki beragam fakta menarik dan terselubung yang sampai saat ini boleh jadi banyak orang yang belum tahu. Misalnya saja seperti hal yang selalu menjadi perdebatan, yaitu pada bagian lirik lagunya. 

Orang selalu bertany-tanya:

Apa sesungguhnya makna dari lagu imagine karya John Lennon? 

Apa maksud dan tujuan dari John Lennon menciptakan lagu yang fenomenal ini? 

Benarkah John Lennon itu atheis dan ingin mengajak orang-orang menjadi atheis?

Beberapa hal itulah yang juga membuat John Lennon menjadi musisi yang "berbahaya", sebab di balik kepopuleritasannya, ada dua sisi yang cukup ekstrim. Di satu sisi banyak orang yang mengagumi dan mencintai karya-karyanya, namun di sisi lain tak sedikit pula yang membencinya karena dianggap menanamkan ajaran sesat pun ideologi terlarang lewat lagu imagine-nya ini.

Lalu sebenarnya apa saja fakta yang ada pada lirik lagu imagine karya John Lennon? Kita akan mengupas tuntas bersama fakta menarik seputar lagu imagine

1. Bukan Lagu Atheis

Lagu imagine karya John Lennon sering dicap sebagai lagu atheis, lagi orang komunis, lagunya orang yang tak punya agama, sesat dan lain sebagainya karena lirik lagunya yang sangat sensitif dengan kata-kata yang memang bila kita tafsirkan "mentah" begitu saja akan terkesan seperti itu. 

Namun demikian, apakah sobat tahu sebenarnya lagu ini bukanlah lagu atheis, bukan pula sepeti tuduhan-tuduhan dari orang-orang yang tak bertangungjawab itu yang dengan mudah men-judge sebuah karya tanpa mendalami dulu makna yang sesungguhnya dari lirik lagu imagine karya John Lennon ini?

Ya, lagu imagine karya John Lennon ini sesungguhnya bukan lagu atheis. Sangat tidak berdasar dan aneh tuduhan-tuduhan itu yang dengan mudah men-judge sebuah karya tanpa ingin tahu dulu fakta yang sebenarnya seperti apa dengan cara benar-benar mempelajari dan mendalami makna dari lagunya secara utuh dan menyeluruh, bukan secara potong-potong. 


2. Lagu Imagine Bukan Ciptaan John Lennon Sendiri

Fakta satu ini memang cukup menarik. Mungkin banyak yang beranggapan kalau lagu imagine ini murni karya John Lennon. Sebenarnya tidak, ada peran orang lain yang tak kalah penting di sana, yaitu sosok Yoko Onno, sang istri John Lennon. 

John Lennon sendiri sebenarnya mengakui akan hal itu, meski belum sempat terpublikasi. Sesungguhnya ia pernah berkata dalam sebuah buku catatan kumpulan foto dan wawancara Lennon. Berikut ini adalah sedikit kutipan pernyataannya di buku yang belum sempat terpublikasi dahulunya itu.

"Imagine tidak mungkin tertulis tanpanya. Saya paham, ia telah membantu menulis di banyak bagian liriknya, tapi saya malah tidak jantan untuk terang-terangan mengakui betapa besar peranannya dalam penciptaan lagu itu. Jadi, yang sebenarnya ladalah, lagu itu ditulis oleh John bersama dengan Yoko, namun saya tampak begitu egois karena tak sadar diri untuk mengakui besarnya kontribusinya.

Lagu itu (imagine) sendiri merupakan ekspresi dari hal-hal yang telah saya pelajari ketika bersama Yoko dan perasaan spesial saya terhadap hubungan di antara kami berdua. Seharusnya pada bagian pencipta lagunya tertuliskan 'Lennon/Ono', sebab sungguh ia telah banyak berkontribusi pada lagu itu."

3. Lagu Imagine Adalah Ungkapan Pernyataan Politik John Lennon

Fakta ini adalah buah dari pernyataan dari co-produser lagu imagine karya John Lennon, Phil Spector, yang kala itu juga turut mendampingi proses pembuatan dari lagu ini pun mengatakan bahwa imagine adalah ungkapan dari statement politik John Lennon.  

Namun demikian, John Lennon juga memberi komentar soal tuduhan bahwa lagunya itu yang dianggap oelh sebagian orang sebagai lagu orang atheis, lagu komunis, dan segala macam tuduhan yang negatif terhadap lagu hasil karyanya yang sangat fenomenal itu. 

“Aku bukan seorang komunis. Aku tidak pula bergabung dengan gerakan apa pun,” paparnya seperti  dilansir dari NME: Magazine.

4. Lagu Imagine John Lennon Adalah Lagu Perdamaian

Hal ini adalah yang tepat sesuai dengan pernyataan John Lennon sendiri sebagai pencipta lagunya, bahwa ia sama sekali tidak berniat menyebarkan ajaran atheis, ataupun komunis, ia hanya ingin mengajak dunia berada apda posisi kedamaian, tanpa ada yang mebeda-bedakan agama, suku ras, dan golongan. 

Oleh karenanya, ia membuat tag lagunya "imagine", yanga artinya "bayangkan", itu berarti kita semua umat manusia diajak membayangkan menuju hal yang positif untuk selalu memperlakukan orang dengan sama, saling menghormati, menghargai dan mengasihi tanpa membeda-bedakan suku, ras, bangsa, agama, dan golongan. 

Pada hakikatnya lagu ini adalah lagu perdamaian sejati agar tak ada lagi perrang di dunia dan permusuhan di muka bumi ini. 

Nah, itu dia tadi pembahasan mengenai sejarah lagu imagine karya John Lennon beserta fakta-fakta menarik seputar lagu imagine John Lennon. 




Semoga bermanfaat. 













Posting Komentar untuk "Sejarah Kelam Lagu Imagine John Lennon"