Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 APLIKASI TUNER GITAR TERBAIK, TERMUDAH, DAN TERAKURAT

APLIKASI TUNER GITAR TERBAIK DAN TERAKURAT

Halo. Apa kabar sobat setia pembaca ZAB? Kali ini kita akan membahas sebuah topik yang sangat menarik berkaitan dengan alat musik gitar. Ya, kita akan membahas mengenai deretan aplikasi tuner gitar terbaik sampai detik ini.

Langsung saja, berikut ini adalah kelima aplikasi tuner gitar yang mudah, praktis, serta akurat.

1. Da Tuner

Aplikasi penyetem gitar pertama adalah Da Tuner. Dengan mendownloadnya melalui playstore bagi sobat pengguna smartphone platform android, sobat sudah bisa menjalankannya secara praktis dan gampang.

Untuk cara penyetemannya, sobat tinggal menjalankan aplikasi Da Tuner yang sudah terinstal di android sobat, lalu sambil memegang gitar, dekatkan smartphone sobat ke gitar dan bunyikan keenam senar sampai bunyinya cocok.

Bila nadanya sudah cocok akan terlihat di layar smartphone sobat, nadanya menjadi berwarna hijau. Dan gitar pun sudah siap untuk dimainkan.

Baca juga: Cara Termudah Stem Gitar (Manual)

2. Guitar Tuna

Berikutnya ada aplikasi penyetem gitar yang juga bisa sobat dapatkan secara gratis di playstore, yaitu Guitar Tuna. Aplikasi tuner gitar yang satu ini cukup menarik dan memberikan kesan yang agak berbeda kepada penggunanya.

Di sana kita tidak hanya akan menemukan program tuner gitar. Kita juga akan melihat bahwa ada menu games, atau permainan tentang gitar yang tentunya akan mempermudah proses pembelajaran gitar sobat.

Cara penggunaannya juga hampir sama dengan aplikasi tuner gitar sebelumnya. Bunyikan senar gitar satu per satu. Tetapi, sebelumnya pilih dulu senar gitar keberapa yang akan distem, lalu klik di layar smartphone sobat.

3. Tuner gStrings Free

Berikutnya ada aplikasi tuner yang juga sangat menarik dan salah satu favorit dari penulis juga, yaitu Tuner gStrings Free. Melihat nama belakang aplikasinya saja, tentu kita bisa langsung tahu bahwa aplikasi ini tidak berbayar, alias gratis.

Menariknya lagi, kita bisa mendownload aplikasi ini dengan ukuran filenya yang relatif kecil, tak lebih dari 1MB.

Eits, jangan salah. Ukuran file boleh kecil, tapi fitur dan manfaat tak sekecil ukuran filenya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita tak hanya akan bisa menyetem gitar. Kita bisa menyetem berbagai macam alat musik lainnya, semisal biola, selo, bass, dan juga piano.

Aplikasi ini sudah bisa dijalankan dengan baik dan lancar, meski  sistem operasi android smartphone sobat terbilang masih berada dibawah rata-rata. Ya, asalkan Os Android sobat sudah 1.5 ke atas aplikasi ini bisa sobat jalankan.

4. Chromatic Guitar Tuner

Selanjutnya ada sebuah aplikasi tuner gitar untuk Android yang dikembangkan oleh Gismart. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini mudah untuk digunakan oleh siapa saja, bahkan untuk orang awam sekalipun yang baru belajar gitar.

Selain bisa digunakan untuk menyetem gitar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyetem alat musik lain seperti bass, biola, dan ukulele. Mereka juga telah menyediakan garputala yang dapat difungsikan sebagai tuner tambahan.

Rating pengguna dari aplikasi ini juga sangat baik. Banyak review dan komentar-komentar positif yang dilontarkan oleh jutaan pengunduhnya dari berbagai negara.

5. A4tune Guitar and Violin Tuner
 
Yang terakhir ada aplikasi tuner gitar favorit dari penulis. Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling sering penulis gunakan untuk menyetem gitar dan biola yang penulis miliki. Selain karena tampilannya yang simpel dan responsif, A4tune tuner juga mempunyai hasil steman yang sangat akurat.

Awalnya penulis menemukan aplikasi ini ketika penulis sedang berselancar di playstore guna menemukan aplikasi tuner biola yang bagus. Tanpa sengaja penulis menemukan aplikasi ini, dan tertarik dengan tampilan, rating, serta review positif dari para penggunannya.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini di smartphone sendiri, penulis langsung jatuh cinta dengan aplikasi ini dan sampai saat ini belum pernah berganti ke aplikasi yang lain. Mungkin inilah aplikasi tuner gitar dan biola terbaik versi penulis sendiri.

Nah, itulah kelima aplikasi tuner gitar terbaik versi penulis. Jika ada tambahan review aplikasi ini maupun tambahan list aplikasi yang lain bisa langsung sobat tuliskan di kolom komentar yang sudah tersedia.

Posting Komentar untuk "5 APLIKASI TUNER GITAR TERBAIK, TERMUDAH, DAN TERAKURAT"