Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 CARA ALTERNATIF MENYETEM GITAR, DIJAMIN AKURAT!


ALTERNATIF CARA MENYETEM GITAR
source: flickr.com
Berbicara soal gitar tentu kita tak akan lepas dari yang namanya menyetem gitar, karena untuk bisa bermain gitar yang benar dan enak didengar sebagi langkah awalnya ya kita musti menyetem atau mencocokkan suara senar gitar kita terlebih dahulu agar sesuai dengan standar.

Mengenai cara menyetem gitar sendiri ada banyak cara yang bisa kita lakukan, baik secara manual dengan mengandalkan feeling pendengaran kita, maupun dengan jalan menggunakan aplikasi dan alat tuner gitar.

Nah, kali ini penulis tidak akan membahas mengenai cara menyetem gitar yang sudah penulis sebutkan di atas. Kali ini penulis ingin memberikan referensi yang benar-benar fresh buat sobat semua, yaitu memperkenalakan beberapa cara alternatif yang dapat sobat manfaatkan untuk menyetem gitar sobat sendiri-sendiri di rumah.

Berikut akan dibahas lebih lanjut cara-cara tersebut.

1. Menggunakan Garputala

Cara alternatif pertama yaitu dengan menggunakan alat yang bernama garputala. Penggunaan garputala untuk menyetem berbagai macam alat musik sebenarnya sudah tak asing lagi. Selain itu garputala juga kerap dimanfaatkan seseorang untuk meleatih feelingnya dalam menganalisa bunyi setiap nada.

Cara penggunaannya sangat gampang. Bunyikan senar  gitar nomor 1 (yang paling bawah) secara loss tanpa ditekan. Selanjutnya bunyikan garputala bernada E dan samakan suara senar gitar dengan suara garputala yang telah dibunyikan tadi.

Untuk menemukan kesesuaian nadanya, putar beberapa kali tuning peg gitar sobat. Tapi awas! Jangan asal memutar, pelan-pelan saja, jangan sampai tergesa-gesa memutar tuning peg dengan cepat dan keras, bisa-bisa senar gitarnya nati malah putus.

Setelah menemukan kesesuaian nada senar pertama dengan garputala, langkah selanjutnya akan menjadi lebih mudah. Langkah selanjutnya yaitu membunyikan senar nomor dua yang ditekan di fret kelima, lalu samakan bunyinya dengan senar nomor satu yang dibunyikan secara loss.

Setelah itu samakan bunyi senar nomor 3 yang ditekan di fret 4 dengan senar nomor 2 yang dibunyikan secara loss. Lanjut bunyikan senar 4 dan tekan di fret 5 samakan dengan senar 3 yang dibunyikan secara loss.

Lanjut lagi bunyikan senar 5 yang ditekan di fret kelima dan samakan bunyinya dengan senar 4 yang dibunyikan loss. Terakhir, bunyikan senar 6 yang ditekan di fret kelima samakan bunyinya dengan senar 5 yang dibunyikan loss.

2. Menggunakan Piano

Metode yang kedua yaitu menggunakan piano. Penggunaan piano atau keyboard untuk mencocokkan senar gitar memang sudah tak lazim digunakan oleh banyak kalangan. Alat musik piano dinilai memiliki bunyi nada yang pas dan akurat sehingga tak khayal biasa dimanfaatkan untuk menyetem gitar.

Cara mencocokkannya yaitu bunyikan senar 1 secara loss dan samakan bunyinya dengan tuts atau tombol  piano yang bernada E. Untuk senar dua juga demikian, bunyikan senar 2 pada gitar dan samakan dengan bunyi tuts piano yang bernada B.

Sementara untuk senar ketiga dan seterusnya caranya juga sama. Intinya kita harus menyamakan bunyi nada yang dihasilkan gitar kita dnegan bunyi yang dihasilkan oleh piano. Nada-nada senar gitar sesuai standar yaitu E-B-G-D-A-E. Jadi, sobat sudah tahu bukan nada apalagi yang harus disamakan bunyinya dengan piano?

3. Menggunakan Gitar Lain

Cara yang terakhir yaitu menyemakan suara gitar dengan gitar lain yang sudah cocok stemannya. Hal ini kerap dilakaukan oleh para musisi dan gitaris ketika harus tampil berkolaborasi di atas panggung. Poin pentingnya yaitu suara gitar satu dengan gitar lainnya akan terdengar serasi karena telah disamakan nada keduanya.

Meski cara ini murni dengan jalan manual mengandalakan feeling kita, tapi cara ini sangat efektif untuk membuat gitar kita bernada serasi dengan gitar yang lain.

Baca: Cara Paling Ampuh Meningkatkan Feeling dalam Bermain Gitar

Misalnya saja ketika sobat sedang asyik bermain gitar dengan seorang teman, daripada harus repot-repot membuka aplikasi tuner gitar maupun menggunakan tuner gitar fisik lebih baik sobat samakan saja suaranya dengan suara gitar teman sobat.

Selain itu hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk melatih insting sobat dalam menebak bunyi nada. Walaupun gitar teman sobat itu nadanya tidak begitu cocok dengan nada standar gitar yang sesungguhnya. Ya, meleset-meleset sedikit lah. Suara gitar kalian akan tetap enak didengar karena kepaduan nada dari keduanya.

Cara penyetemannya pun sangat sederhana. Suruh teman sobat untuk membunyikan satu-per-satu senar gitarnya dan samakan bunyinya dengan keenam senar gitar sobat. Lakukan secara perlahan dan jeli, jangan sampai ada nada yang meleset.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Cara Termudah Stem Gitar Secara Manual

Posting Komentar untuk "3 CARA ALTERNATIF MENYETEM GITAR, DIJAMIN AKURAT!"