Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTINGNYA MEMINTA PERTIMBANGAN TEMAN DALAM MEMBELI GITAR

MEMINTA PERTIMBANGAN TEMAN KETIKA MEMBELI GITAR

Apa kabar sobat setia pembaca artikel ZAB (Zona Artikel Baru)? Kali ini penulis akan membahas sebuah topik yang cukup sederhana. Meski sederhana, penulis yakin bahwa topik kali ini akan banyak membantu karena bisa menjadi jawaban buat Kamu semua yang berencana untuk membeli gitar baru.

Topik yang akan kita bahas pada kesempatan yang berharga ini masih tak terlepas dari yang namanya membeli gitar baru. Setelah sebelumnya bermacam tips dan trik seputar membeli gitar baru telah penulis bahas sampai ke akar-akarnya.

Kali ini penulis berusaha "memantapkan" lagi hati Kamu semua mengenai hal-hal apa saja yang perlu Kamu perhatikan dan pertimbangkan dalam membeli gitar baru.


Poin-poin penting dalam membeli gitar dan bagaimana ciri / karakteristik gitar yang berkualitas juga telah usai penulis bahas beberapa waktu yang lalu.


Maka dari itu, kali ini penulis tak akan membahas hal-hal tersebut secara mendetail satu per satu. Karena pokok bahasan kita kali ini dapat kita simpulkan hanya dalam sebuah kalimat.

"Seberapa pentingkah meminta pertimbangan teman ketika akan membeli gitar baru?"

Pertanyaan tersebut mungkin masih banyak dilontarkan oleh para gitaris pemula, atau lebih tepatnya "calon gitaris" yang ingin membeli gitar baru yang mungkin saja untuk pertama kalinya karena masih belum berpengalaman sama sekali.

Sedikit cerita dari penulis, dahulu penulis pernah mempunyai pengalaman  yang sama. Agak kurang menyenangkan juga sih sebenarnya. Tapi apa daya, dulu hati penulis ini bener-bener sudah kebelet untuk mempunyai gitar baru. 

Maka dari itu, segala macam cara pun penulis gunakan. Eits, tapi jangan berburuk sangka terlebih dahulu, tetap dengan cara yang positif ya. 

Dulu penulis sangat menyukai permainan gitar seorang fingerstylis muda asal Korea. Ya, siapa lagi kalau bukan Sungha Jung. Sejak pertama kali melihat permainannya penulis langsung jatuh hati. Lalu, entah mengapa tiba-tiba penulis terobsesi untuk memiliki gitar seperti yang digunakan oleh sang maestro gitar, Sungha Jung. 


Setelah itu, penulis langsung bergegas browsing mencari informasi seputar gitar "Lakewood" yang dipakai oleh Sungha Jung.  Seketika itu pun penulis cukup terkejut, betapa tidak? gitar akustik tersebut berharga cukup fantastis mencapai angka ratusan juta. 

Sungguh sesuatu hal yang tidak bisa dibayangkan oleh seorang gitaris pemula seperti penulis ini. Parahnya lagi, denger-denger gitar tersebut juga tidak beredar luas dipasaran, baik di pasar Eropa, pasar asia, apalagi di Indonesia. 

Wah. . wah. . wah. . amat disayangkan juga ya. Tapi mau dikata apa? mungkin dari pihak sananya sendiri enggan memasarkannya secara bebas, karena harga dan kualitasnya yang terbilang sangat eksklusif. 

Setelah mengetahui hal tersebut, penulis tidak langsung berkecil hati dan memendam keinginan untuk mepunyai gitar seperti yang dipakai oleh Sungha Jung. Bagaimana tidak? seketika itu penulis langsung berpikiran untuk mencari "tiruan" dari gitar Lakewood tersebut. Maka dari itu jalan pengcustoman pun penulis tempuh.

Nah, dari sinilah pengalaman pahit penulis dapatkan. Alih-alih mengumpulkan uang sampai sekitar dua juta rupiah untuk membeli gitar bagus yang berkualitas menjadi pupus sudah. Ya, gitar yang penulis dapatkan sangat jauh dari ekspetasi pribadi penulis. Apalagi, "cacatnya" gitar baru yang telah penulis beli tak luput dari "kecacatan".

Oke, sampai distu saja ya sedikit curcol dari penulis, takutnya nanti malah kepanjangan dan sampai besok pun tidak selesai tulisan ini, hehe. Untuk lebih lengkapnya akan penulis buatkan artikel sendiri mengalami pengalaman penulis dalam membeli dan menjual giatar yang mungkin saja dapat menambah referensi Kamu.

Pentingnya Memninta Pertimbangan Teman yang Berpengalaman 

Ketika ingin membeli sesuatu, apapun itu, ada baiknya kita selalu meminta pertimbangan kepada orang tua, keluarga maupun teman-teman dan atau saudara kita, tak terkecuali ketika kita berniat untuk membeli gitar, baik yang baru maupun yang bekas.

Walaupun orang-orang yang kita mintai pertimbangan adalah orang yang masih awam dan tak tahu apa-apa soal gitar itu pun tak masalah. Kita bisa tetap memintai pertimbangan mengenai fisik / tampilan gitarnya.

Sama seperti waktu kita memakai baju, kita tidak bisa menilai seberapa baik penampilan kita, lalu mengklaim bahwa penampilan kita sudah merupakan yang terbaik, maka kita harus meminta pendapat orang lain agar lebih yakin. Betul bukan?

Pada waktu ingin membeli gitar, kita sebetulnya wajib meminta pertimbangan orang lain, khususnya orang yang sudah berpengalaman. Contohnya seorang teman atau kenalan yangh lebih paham soal gitar. Atau lebih bagus lagi kalau kita memiliki guru gitar, jadi kita bisa minta pertimbangannya dan bisa juga sekalian minta rekomendasi darinya..

Manfaat Meminta Pertimbangan Orang yang Berpengalaman

Untuk menghindari tertipu atau ketidakpuasan kita ketika telah membeli gitar baru kita harus tanya-tanya dulu soal spesifikasi dan kualitas dari gitar itu sendiri. Maka dari itu, istilahnya kita harus benar-benar mengerti soal "suluk-buluk" dari gitar yang akan kita beli.

Suatu hal yang bisa kita ambil contoh yaitu kecocokan harga dan spesifikasi dari gitar yang akan kita beli. Kalau kita benar-benar masih pemula dan belum tahu apa-apa soal gitar, tentu hal tersebut akan menjadi kendala bagi kita untuk mendapatkan gitar yang cocok dan layak untuk dimiliki.

Nah, sekarang masalahnya adalah kalau kita membeli gitar tersebut secara online. Bila kita mebeli gitar mealalui situs jual beli online tentu ada plus minusnya. Dan yang pasti, kita tidak bisa melihat barangya secara langsung.

Oleh karena itu, kita harus banyak bertanya kepada owner gitar tersebut sampai sedetail-detailnya agar kita lebih yakin dan tak kecewa bila nantinya barang sudah ada di tangan kita. Dan kembali penulis ingatkan, jangan lupa meminta pertimbangan teman / kenalan yang sudah berpengalaman ya!

Cara yang Baik Meminta Pertimbangan Teman

Dalam meminta pertimbangan kepada orang lain juga ada etikanya, termasuk kepada teman atau sahabat kita sendiri. Kuncinya adalah, buat mereka merasa dihargai. Jangan sok tahu dan tanya hal-hal yang tidak perlu. Langsung to the point saja bahwa kita akan meminta saran, pendapat, ataupun rekomendasi darinya. Dan satu hal lagi, bersikaplah sopan!

Sebagai langkah terbaiknya, kita bisa meminta pendapat mereka tentang gitar-gitar yang bagus dan berkualitas, termasuk kisaran harga normal untuk gitar yang akan kita beli.

Apabila kita tidak yakin dengan pilihan kita, kita bisa meminta rekomendasi dari teman kita merk beserta tipe gitar yang cocok untuk kita miliki. Dengan begitu, hati kita akan terasa lebih "mantap" dan tidak goyah apabila akan segera membeli gitar baru.

Penutup:

Membeli gitar untuk belajar adalah suatu hal yang sanagt positif. Hal tersebut menunjukkan niat dan keseriusan kita dalam belajar gitar. Oleh karena itu, waspadalah! jangan sampai niatan baik kita malah membuat kita merasa dirugikan akibat ketidak tahuan kita soal produk yang akan kita beli.

Kesimpulannya, jangan sungkan atau malu meminta pertimbangan kepada orang yang lebih berpengalaman. Ingat kata pepatah "malu bertanya sesat di jalan". Keep spirit, and good luck brothers! 

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Belajar Gitar Untuk Pemula
















2 komentar untuk "PENTINGNYA MEMINTA PERTIMBANGAN TEMAN DALAM MEMBELI GITAR"

  1. betul tuh gan....takutnya hasilnya jelek tpi mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kita harus lebih selektif dalam memilih gitar yang layak untuk kita miliki.

      Hapus